Beranda Wisata Kuliner

Wisata Kuliner Jogja 40 Restoran & Cafe Terpopuler

Tgl. Update:Kamis, Oktober 25, 2018

Keistimewaan Kota Jogja sebagai salah satu kota wisata budaya di Indonesia menjadikan geliat pariwisata di kota ini tak pernah lesu. Sejalan dengan itu, industri wisata kuliner Jogja pun ikut berkembang.

Di kota ini kini mulai menjamur restoran dan cafe dengan beragam pilihan kuliner. Konsep yang ditawarkan juga unik, kreatif, dan cocok sebagai referensi wisata kuliner Jogja. Lantas, dimana saja restoran-restoran yang istimewa itu. Restoran dan cafe ini bahkan telah diulas lebih dari 1000 orang. Berikut 40 diantaranya.

Back
Berikutnya

Restoran Kuliner Khas Jogja

Menikmati kuliner Jogja tentu kurang lengkap jika tidak berkunjung ke Restoran khas Jogja, berikut beberapa pilihan restoran yang menyajikan Kuliner Khas Jogja.

1. Gudeg Yu Djum Wijilan 167

Dari sekian banyak penjual Gudeg di Jogja, nama Gudeg Yu Djum bisa dikatakan salah satu populer. Berdiri sejak 1950, Gudeg Yu Djum yang beralamat di Jalan Wijilan No.167 ini tak pernah sepi karena tetap mempertahankan cita rasa khasnya.

Beberapa hal yang dianggap membuat Gudeg ini berbeda dari yang lain ialah nangkanya yang benar-benar kering serta rasa gudegnya yang tidak terlalu manis. Kelebihan lain ialah Gudeg Yu Djum bisa tahan sampai 24 jam dan dapat dijadikan oleh-oleh khas jogja.

Buka dari jam 6 pagi sampai 10 malam, restoran Gudeng Yu Djum juga terbilang nyaman. Sentuhan ornamen tradisional menjadikan suasana makan gudeg lebih terasa nikmat.

Gudeg khas jogja Yu Djum Wijilan
Kuliner Jogja – Gudeg Yu Djum Wijilan 167. Foto: Satrio G. Nugraha.

Sudah mengantongi sertifikat Halal dari MUI, satu porsi Gudeg Yu Djum berisi nasi, gudeg, sambal krecek, dan lauk sesuai selera. Pilihan lauknya yaitu telur bebek, tahu, tempe, suwiran ayam kampung, ampela hati, dan jeroan.

Harganya sendiri mulai dari Rp14.000 untuk lauk telur, hingga Rp40.000 untuk Nasi Gudeg Krecek Paha Atas. Selain itu juga tersedia kemasan paket, bisa memilih kemasan besek dengan harga Rp45.000 dan kemasan kendi dengan harga Rp115.000.

2. Rumah Makan Gudeg Pawon

Jika tak ingin antre, jangan makan ke Gudeg Pawon’. Mungkin begitulah istilah yang tepat untuk menggambarkan bagaimana ramainya Rumah Makan yang berada di Jalan Janturan No.36, Umbulharjo, Yogyakarta ini. 

Nama Gudeg Pawon memang sudah terkenal karena sering dijadikan tujuan wisata kuliner jogja, tak hanya bagi warga Jogja tapi juga bagi wisatawan.

Berjualan di rumah nyatanya tak membuat pelanggan mengurungkan niat untuk datang karena yang dicari ialah cita rasa Gudeg nya yang khas.

Menu Gudeg Pawon Jogja
Kuliner Jogja – Gudeg Pawon Jogja. Foto: Fahmi Husein.

Sensasi lain yang mungkin membuat Gudeg Pawon berbeda ialah karena masih menggunakan kayu bakar dan pelanggan langsung masuk ke dapur untuk mengambil makanannya.

Untuk makan, bisa makan ditempat ataupun dibawa pulang. Harga yang ditawarkan untuk satu porsi gudeg ialah mulai dari Rp15.000 – Rp24.000, tergantung pilihan lauk. Gudeg Pawon buka dari jam 21:30 malam hingga habis.

3. Bale Raos Kraton

Mencoba kuliner Jogja ala Sultan Jogja tentu menjadi pengalaman yang menarik. Untuk merasakan sensasi tersebut, Bale Raos Kraton bisa menjadi pilihan.

Restoran yang berada di Jalan Magangan Kulon No.1 Kraton ini, berada di samping Keraton Yogyakarta, bahkan bangunan tersebut adalah tempat menginap prajurit keraton di abad 18.

Buka dari jam 10 pagi sampai 10 malam, ada baiknya melakukan reservasi terlebih dahulu melalui telepon atau website resmi terutama jika datang rombongan.

Disini pengunjung bisa melihat langsung suasana keraton lengkap dengan sambutan dari pelayan dengan pakaian adat dan alunan musik tardisional. 

Kuliner khas Jogja Bale Raos Kraton
Kuliner Jogja – Bale Raos Kraton. Foto: Kenny A.

Karena sajian ala Keraton, maka menu makanan disini tidak bisa ditemui ditempat lain. Beberapa menu utama ialah Semur Piyik, Gudeg Manggar, Bestik Lidah, Bestik Jawa, Bebek Suwar Suwir, Urip Urip Gulung, Bebek Ungkep, Ayam Tauco, Sekul Blawing dll.

Ada juga menu kudapan seperti Pam Brid, Tapak Kucing, Bendul, dan Prawan Kenes. Untuk harga rata-rata masih diangka puluhan ribu rupiah perporsi. 

4. Warung Bu Ageng

Restoran milik seniman Butet Kertaradjasa ini menjadi salah satu tempat kuliner jogja yang populer. Bahkan namanya semakin terkenal lantaran bos Facebook, Mark Zuckerberg, pernah mampir dan makan disini.

Beralamat di Jalan Tirtodupuran No.13, Warung Bu Ageng adalah restoran spesialisasi makanan nusantara terkhusus perpaduan kuliner Kutai dan Jawa.

Menjadi khas karena menyajikan menu khas rumahan yang dibuat oleh Bu Ageng yang tak lain adalah istri Butet Kertaradjasa. Masakan yang biasanya untuk dinikmati oleh keluarga dan tamu, kini bisa dinikmati para penikmat kuliner jogja.

Masakan rumahan Bu Ageng
Kuliner Jogja – Warung Makan Bu Ageng. Foto: Shinta Paruntu.

Menu yang disediakan antara lain Lidah Masak Semur, Sambal Kutai, Ayam Nylekit, Nasi Pecel, Oseng Mercon, Baceman Kambing, Eyem Penggang, Paru Masak Ketumbar, Nasi Ayam Suwir dan lainnya.

Harganya sendiri berkisar Rp25.000 sampai Rp35.000. Selain menunya yang tradisional, resto ini juga memiliki desain Rumah khas Jawa dan diperkuat dengan penambahan perabot antik. 

Back
Berikutnya