Beranda Tiket Wisata

Alun-alun Kota Madiun Wisata Hemat Penuh Pesona Desember 2021

Alun-alun MadiunHarga Tiket: GratisJam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Pangongangan, Jl. Kolonel Marhadi No.12, Nambangan Lor, Manguharjo, Madiun, Jawa Timur, Indonesia, 63121

Alun-alun Kota Madiun merupakan alternatif wisata murah bagi masyarakat Madiun dan wisatawan luar Madiun. Keberadaannya bisa menjadi wahana rekreasi serba ada. Wisatawan dapat melepas penat dengan berjalan santai di sini, bahkan dapat berolahraga. Berbagai kuliner pun tersedia di sekeliling alun-alun.

Tak hanya itu, di malam hari pun kerap kali banyak penjual dengan berbagai dagangannya. Bahkan, di hari-hari tertentu pun sering berlangsung pentas hiburan serta bazaar. Keberadaannya menjadi kebanggan tersendiri bagi masyarakat Madiun. Selain itu, kawasannya tertata serta modern menggambarkan wujud keberhasilan pemerintah dan masyarakat.

Harga Tiket Masuk Alun-alun Kota Madiun

Untuk menikmati objek wisata ini, tidak ada pungutan biaya. Wisatawan hanya perlu membayar tarif parkir sesuai kendaraan. Selain itu, perlu juga membawa uang tunai jika ingin berbelanja atau wisata kuliner.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis

Baca Juga: Destinasi Wisata Terbaik di Madiun

Jam Operasional Alun-alun Kota Madiun

Objek wisata ini terbuka sepanjang hari. Biasanya, di pagi hari adalah waktu kunjung wisatawan yang ingin santai atau berolahraga. Siang hari cukup sepi dari aktivitas wisatawan. Dan sore hingga malam hari adalah waktu paling ramai oleh kunjungan wisatawan.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Mengintip Keindahan Alun-alun Kota Madiun

Pendopo di Alun-alun Madiun
Pendopo di Alun-alun Madiun. Foto: Gmap/Budi Javaplus

Ketika berkunjung ke suatu kota, sempatkanlah untuk mampir ke alun-alunnya. Biasanya, alun-alun menjadi tempat berkumpulnya masyarakat, baik zaman dulu hingga sekarang. Tak heran jika sekeliling alun-alun terdapat bangunan pemerintahan atau bangunan penting lainnya. Seperti halnya Alun-alun Kota Madiun, yang berdekatan dengan pusat pemerintahan dan bangunan penting lainnya.

Saat memasuki kawasan alun-alun, wisatawan akan melewati sebuah gapura megah. Gapura dengan tulisan “Alun-alun Kota Madiun”, yang terapit dua hiasan seperti sayap burung. Gapura berbentuk melengkung dengan warna merah dan putih. Seperti warna bendera Indonesia yang melambangkan berani dan suci.

Alun-alun telah tertata dengan baik, sehingga tampilannya lebih modern dan rapi. Pepohonan tumbuh di sekitar alun-alun, menyebabkan kawasan sekitar menjadi teduh. Tak lupa tanaman hias yang menghiasi setiap sudut, membuat tempat ini semakin cantik. Jalan setapak pun dibuat dengan cantik dan nyaman bagi pengunjung.

Taman Pintar sebagai Sarana Edukasi

Tak hanya cantik dan meriah, alun-alun pun menyediakan sarana edukasi bagi masyarakat. Hal ini terwujud dalam Taman Pintar yang berada di kawasan alun-alun. Taman ini dapat menjadi ruang terbuka hijau dan taman edukasi. Bangunan yang terdiri dari dua lantai itu dapat digunakan secara bebas dan gratis.

Di lantai dua, pengunjung dapat bersantai sambil membaca buku atau belajar. Tempatnya yang semua terbuka juga memungkinkan pengunjung untuk tetap mendapat sinar matahari. Keberadaan Taman Pintar ini juga menjadi alternatif bagi pengunjung yang ingin bekerja atau belajar kelompok. Jika suntuk di rumah, bisa menggunakan tempat ini untuk bekerja dan belajar.

Berubah Pasar di Kala Malam

Gemerlap di Kala Malam
Gemerlap di Kala Malam. Foto: Gmap/Fa Res

Menjelang malam, alun-alun menjadi lebih ramai. Bahkan, seolah menjadi pasar di halamannya yang luas. Apalagi setiap akhir pekan, pelataran alun-alun ramai pedagang dan pembeli. Seakan semua warga tumpah ruah di sini.

Berbagai dagangan dijajakan, mulai dari pakaian, aksesoris, boneka, dan fashion lainnya. Ada juga yang menjual mainan anak-anak, mulai dari yang tradisional hingga modern. Selain itu, ada juga permainan sewaan untuk anak-anak . Seperti permainan mancing-mancingan, tembakan, serta melukis.

Tak lupa berbagai penjaja kuliner turut hadir memeriahkan. Ada makanan berat seperti nasi dan mie, serta jajanan. Mulai dari cilok, bakso bakar, sosis bakar, serta makanan lainnya. Tak perlu khawatir kehausan, karena aneka minuman segar juga banyak dijual di sini.

Baca Juga: Watu Rumpuk Madiun Tiket & Daya Tarik Wisata

Menikmati Hijau Indahnya Alun-alun Kota Madiun

Hijaunya Kawasan Alun-alun
Hijaunya Kawasan Alun-alun. Foto: Gmap/Laksono S Saputro

Pagi hari adalah waktu yang tepat bagi wisatawan untuk menikmati segar dan indahnya alun-alun. Wisatawan dapat jogging di trek yang sudah tersedia. Trek ini mengitari kawasan alun-alun, sembari jogging dapat juga menjelajahi alun-alun. Wisatawan juga dapat berjalan santai sambil mengamati keadaan sekitar.

Pagi dan sore hari tidak terlalu terik ketika berada di kawasan ini. Hal ini karena adanya pepohonan rindang yang menjadikan kawasan terasa teduh. Apalagi, ada taman-taman kecil yang berisi berbagai tanaman hias. Semakin memperelok pemandangan alun-alun.

Serunya lagi, di pagi hari banyak pedagang makanan di sekitar alun-alun. Konsep warungnya adalah warung tenda, ada juga yang lesehan. Banyak juga yang berjualan nasi pecel khas Madiun yang telah melegenda. Sempatkan mampir untuk mencicipi nikmatnya pecel khas Madiun dengan pemandangan indah alun-alun.

Gemerlap Malam di Alun-alun Kota Madiun

Taman Lampion yang akan Menyala di Malam Hari
Taman Lampion yang akan Menyala di Malam Hari. Foto: Gmap/Dodi Andi

Malam hari tak kalah seru dengan suasana di pagi dan siang hari. Bahkan, malam hari semakin ramai kunjungan masyarakat. Tak hanya ada pasar malam atau penjaja kuliner, lebih dari itu. Saat malam, lampu dan hiasan akan menyala sehingga suasana semakin semarak.

Apalagi, ada jalan dengan atap yang dipenuhi dengan lampion yang menyala. Tepatnya berada di belakang gapura pintu masuk. Sepanjang jalan, wisatawan dapat merasakan terang warna-warni dari lampion. Saat malam tiba, kesan romantis semakin tercipta.

Nikmati berjalan di sini dengan pasangan atau orang tersayang. Rasakan setiap langkah kaki, dan nikmati momen membahagiakan ini. Wisatawan juga dapat mengabadikannya dalam foto. Supaya selalu ingat momen indah yang tercipta di objek wisata ini.

Lokasi Alun-alun Kota Madiun

Objek wisata ini berlokasi di Pangongangan, Jalan Kolonel Marhadi No.12, Nambangan Lor, Kecamatan Mangunharjo, Kota Madiun. Untuk mencapai lokasi, wisatawan dapat mengikuti petunjuk jalan yang mengarah pada kantor pemerintahan daerah. Serta dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun umum.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 15

Kasi Bintang