Beranda Travelspot

Tipe Hotel & Akomodasi : Beragam Perbedaan Patut Diketahui

SHARE
Swiss Bel Hotel Seminyak - Salah satu akomodasi dengan tipe hotel
Swiss Bel Hotel Seminyak - Salah satu akomodasi dengan tipe hotel

Setiap kali merencanakan liburan pasti yang terlintas pertama di benak kita mau menginap dimana. Apakah hotel atau penginapan ini cocok dengan budget, atau tepat dengan situasi liburan kita. Ketika mencoba untuk mencari hotel yang paling sesuai kadang ada kalanya mengalami kebingungan. Ada hotel, Villa, Hostel, Bungalow, Dll dengan beragam harga dan fasilitas.

Kalau bingung dengan berbagai istilah tipe  hotel dan akomodasi yang paling tepat buat liburan berikut sedikit penjelasan mengenai tipe tipe hotel:

Berbagai Macam Tipe Hotel & Akomodasi

Swiss Bel Hotel Seminyak - Salah satu akomodasi dengan tipe hotel. Klik pada gambar untuk informasi lebih lengkap tentang Swiss Belhotel Petitenget Seminyak Bali
Swiss Bel Hotel Seminyak – Salah satu akomodasi dengan tipe hotel. Klik pada gambar untuk informasi lebih lengkap tentang Swiss Belhotel Petitenget Seminyak Bali

1. Hotel : Mungkin semua sudah akrab dengan akomodasi hotel. Selalu dalam keseharian istilah hotel yang paling kita kenal. Seperti misalnya pertanyaan liburan nginep di hotel mana? walaupun mungkin pada saat liburan kita tidak menginap di hotel tetapi tetap saja kata hotel selalu diidentikkan dengan akomodasi atau penginapan. Nah sebenarnya tipe akomodasi apa hotel ini. Dari beberapa kali traveling dapat disimpulkan akomodasi dengan jenis hotel biasanya lebih private dengan fasilitas yang lengkap. Mulai dari aminities, mini bar, dan lebih mainstream dengan jumlah kamar yang banyak. Harga yang ditwarkan per kamar juga bisanya lebih mahal dan tergantung dengan bintang-bintang yang melekat pada akomodasi ini.

Nick Homestay Ubud : salah satu tipe akomodasi dengan konsep homestay. Klik Gambar untuk informasi lengkap Nick Homestay Ubud
Nick Homestay Ubud : salah satu tipe akomodasi dengan konsep homestay. Klik Gambar untuk informasi lengkap Nick Homestay Ubud

2. Homestay : Tipe akomodasi yang satu ini bisa dikatakan unik. Karena homestay sendiri biasanya konversi dari rumah si pemilik akomodasi. Beberapa homestay memang terkadang dirancang untuk dijadikan penginapan. Namun diawal-awal menjamurnya homestay lebih banyak rumah penduduk yang disewakan untuk dijadikan tempat bermalam para wisatawan. Dari segi fasilitas juga biasanya sangat minim dan tergantung dari masing-masing pemilik. Tidak ada standar kebersihan dan biasanya seperti kebanyakan rumah-rumah kamar mandi tidak tersedia di setiap kamar tetapi 1 kamar mandi untuk beberapa kamar atau penghuni. Agak berbeda dengan konsep hostel, homestay menawarkan kamar yang lebih private. Dalam artian yang kita sewa sebagai tamu adalah kamar bukan tempat tidur. Jadi misalkan kita berwisata sendirian ya, kita tetap menguasai seluruh wilayah kamar tanpa diganggu pengunjung lain.

Monostel Legian salah satu tipe akomodasi dengan konsep Hostel. Klik gambar untuk info lebih lengkap hostel ini.
Monostel Legian salah satu tipe akomodasi dengan konsep Hostel. Klik gambar untuk info lebih lengkap hostel ini.

3. Hostel : Tipe akomodasi atau penginapan yang paling banyak digandrungi solo traveler dan backpacker. Konsep yang paling terasa ketika menginap di hostel adalah sharing room. Atau 1 kamar digunakan beramai-ramai. Biasanya tipe akomodasi dengan konsep hostel memiliki kamar yang relatif sedikit namun dengan tempat tidur yang banyak. Satu kamar bisa berisi 4 tempat tidur Bung Bed bahkan ada 8 dan 16 tempat tidur dalam 1 ruang.

Keunggulan menginap di hostel tentu saja harga yang relatif murah dibanding hotel dan homestay. Karena yang kita sewa bukan kamar melainkan hanya tempat tidur. Untuk fasilitas sendiri bisa dibilang cukup lengkap. Bahkan ada beberapa hostel yang menyediakan fasilitas layaknya hotel seperti kolam renang dan cafe. Kekurangan yang paling terasa ketika menginap di hostel tentu saja privasi yang nyaris tidak ada. Karena para tamu berbagi ruang dan kamar mandi dengan pengunjung lainnya. Tips: kalau mau enak menginap di hostel lebih baik dengan rombongan teman karena bisa memesan 1 kamar full dengan 4 tempat tidur atau kalau banyakan lagi pesan kamar hostel dengan 8 tempat tidur.

Tipe akomodasi dengan konsep villa The Seri Villa Seminyak, Klik gambar untuk informasi lebih lanjut villa ini
Tipe akomodasi dengan konsep villa The Seri Villa Seminyak, Klik gambar untuk informasi lebih lanjut villa ini

4. Villa & Apartment : Tipe hotel yang satu ini bagi saya kadang agak membingungkan. Karena dari konsep sendiri relatif sama. Biasaya villa dan apartemen menawarkan tidak hanya kamar tetapi ruang tamu dan dapur pribadi. Tidak seperti homestay dan hostel yang biasaya semua serba di sharing, menginap di villa dan apartemen kebalikannya semua serba pribadi. Tipe akomodasi ini bagi saya sangat cocok dengan tamu yang membawa keluarga. Selain lebih private juga tidak mengganggu pengunjung lainnya. Bayangkan jika kita menginap di Hostel dengan membawa anak, bisa-bisa tamu lain yang satu kamar bisa pada komplain. Untuk harga sendiri ya tentu saja gocek yang dikeluarkan lebih dalam. Karena kita harus membayar privasi dan fasilitas yang lengkap. Beberapa villa bahkan menawarkan kolam renang pribadi bagi setiap tamunya.

CT Bed & Breakfast Kuta Bali. Klik gambar untuk informasi lebih lanjut akomodasi ini
CT Bed & Breakfast Kuta Bali. Klik gambar untuk informasi lebih lanjut akomodasi ini

5. Bed & Breakfast : Tipe hotel yang satu ini belakangan mulai populer juga di Indonesia. Menginap di hotel dengan konsep bed & breakfast bisa dikatakan tidak ada bedanya dengan menginap di hotel, hanya yang terasa semua lebih minimalis saja. Standar pelayanan yang ditawarkan juga sangat mirip dengan hotel. Mungkin kalau saya simpulkan bed & breakfast ini lebih cocok dimasukkan di kategori dengan tema tertentu. Bagaimana dengan harga? biasanya dibandingkan dengan hotel mainstream bed & breakfast menawarkan akomodasi dengan harga yang lebih murah. Dari segi fasilitas juga biasanya lebih minim seperti parkiran kecil, kamar lebih kecil, bahkan ada bed & breakfast yang menawarkan harga tambahan untuk setiap fasilitas. Seperti charga tambahan untuk handuk, aminities, Listrik dll.

Jadi sekarang sudah ada pencerahan bukan tentang berbagai tipe hotel atau akomodasi. Jadi jangan bingung lagi penginapan mana yang paling cocok untuk bermalam selama liburan. Sebenarnya ada lebih banyak lagi tipe hotel dan akomodasi ini namun tidak semua bisa saya uraikan karena selain belum pernah nyoba juga terlalu banyak untuk dibuat dalam satu tulisan. Sebagai referensi tipe hotel ini bisa kamu lihat disini.

Silahkan beri pendapat siapa tau ada yang terlewat dan bisa memberikan pencerahan baru buat para penggemar liburan terkait tipe tipe hotel dan akomodasi.