7 Tujuan Wisata Kuliner Sukabumi, Ngeunah Pisan!

Akhir-akhir ini Sukabumi semakin memikat hati wisatawan. Selain panorama alam dan banyaknya destinasi wisata yang menarik, kota ini juga punya deretan kuliner enak. Ditambah lagi sekarang ada jalan tol Bocimi yang semakin mempersingkat waktu tempuh dari Jakarta. Penasaran tujuan Wisata kuliner apa saja yang wajib dicoba di Sukabumi? Langsung simak daftarnya di bawah ini yuk!

Bubur Ayam Buntut Siliwangi

Bubur Ayam Buntut Siliwangi merupakan salah satu makanan yang harus dicoba saat berada di Sukabumi
Bubur Ayam Buntut Siliwangi menjadi pilihan yang cocok untuk sarapan saat berada di Sukabumi. Foto: Gmaps/Rizka Octavia

Warga Sukabumi pasti sudah tidak asing dengan Bubur Ayam Buntut Siliwangi. Sudah ada sejak tahun 80-an, bubur ayam satu ini masih eksis hingga kini. Topping yang melimpah menjadi alasan para pelanggan tidak pernah bosan untuk menyantapnya. Rasanya gurih dengan suwiran ayam, kerupuk, ati amplea, cakwe dan kaldu.

Tapi yang wajib dicoba adalah Risoles atau Kroketnya yang mantap sekali karena sangat garing. Bubur ayam di tempat ini punya porsi yang cukup padat dan pas. Tapi, kalau masih belum kenyang juga, tersedia menu-menu lainnya yang bervariasi.

Baca: 7 Cafe Sukabumi Cocok Untuk Keluarga

Rumah Makan Ibu Bunut

Kuliner di Rumah Makan Ibu Bunut tidak pernah bikin kecewa karena rasanya yang nendang
Semua menu di Rumah Makan Ibu Bunut memang enak, tapi salah satu yang tidak boleh terlewatkan adalah tempe mendoannya. Foto: Gmaps/Henry Sutjipto

Rumah makan Ibu Bunut menyajikan aneka masakan khas Sunda. Yang terkenal adalah olahan pepesnya, seperti pepes teri, pepes oncom dan pepes tahu. Selain itu, ada juga berbagai menu ayam, ikan dan lalapan dengan beberapa pilihan sambal. Menu spesial lainnya dari restoran satu ini yaitu tempe mendoannya. Gorengan yang tersaji dalam kondisi hangat.

Soal harga tidak perlu khawatir, karena berbagai sajian di sini cukup ramah di kantong. Pokoknya, Rumah Makan Ibu Bunut adalah alternatif yang cocok kalau ingin merasakan masakan khas Jawa Barat. Oh ya, Presiden Joko Widodo juga pernah loh makan siang di sini.

Kazoku Tei

Wisata Kuliner Sukabumi makanan jepang di Kazoku Tei
Makanan dan tempat di Kazoku Tei sangat kental dengan nuansa Jepang, selain itu bagus juga buat foto-foto. Gmaps/Kepik Pagi

Konsep lampu dan ornamen seni dindingnya membuat siapa pun nyaman untuk nongkrong bareng keluarga atau teman. Menu andalannya yaitu sushi dengan aneka varian, seperti Sashimi Tuna dan Salmon. Ada juga bermacam-macam jenis Tempura, Ramen hingga Shabu-shabu. Selain itu, ada pula menu ala barat yang tidak kalah lezat.

Menyediakan area makan keluarga, Kazoku Tei menjadi pilihan yang tepat untuk bersantap bersama orang tersayang. Restoran satu ini juga memiliki area outdoor yang cocok untuk pengunjung yang suka suasana alam. Apalagi, area outdoornya berada cukup dekat dengan taman. Suasana khas Jepang pun makin terasa kental.

D’Green Resto and Coffee

D'Green Resto and Coffe salah satu destinasi wisata kuliner Sukabumi
Tempatnya semi outdoor yang nyaman dan bikin betah nongkrong atau sekedar bersantai sambil menikmati secangkir kopi. Foto: Gmaps/Fanny Jwita

Tujuan wisata kuliner Sukabumi selanjutnya yaitu D’Green Resto and Coffee. Semua hidangan di café satu ini tersaji dengan cita rasa terbaik. Menawarkan suasana modern yang menarik dan elegan. Selain itu, banyak juga tanaman hijau di sekelilingnya.

Membuat suasana semakin nyaman untuk bersantai atau sekedar nongkrong bareng teman. Beberapa dekorasi yang instagramable membuatnya sangat cocok menjadi area berfoto. Berbagai menu kuliner alat barat, seperti pasta dan steik bisa menjadi pilihan. Ada juga makanan Chinese yang tak kalah lezatnya.

Wisata Kuliner Toserba Selamat Sukabumi

Wisata Kuliner Selamat Sukabumi bisa dibilang sebagai pusatnya jajanan di Sukabumi
Mulai dari jajanan, mie hingga masakan khas Jawa Barat bisa ditemui di Wisata Kuliner Selamat Sukabumi. Foto: Gmaps/Wisata Kuliner Selamat Sukabumi

Pecinta kuliner pasti suka berada di sini. Lebih dari 50 jenis makanan bercita rasa asin, manis dan gurih tersaji. Hampir semua jenis kuliner ada di sini, mulai dari cilok, lemper, risol, roti, mi hingga nasi uduk. Harganya pun bervariasi, namun kalau ingin berburu kuliner harus datang pagi-pagi.

Pasalnya, Jajanan Subuh buka mulai pukul 06.00-11.00 WIB saja. Membeli jajanan di sini juga membantu usaha kecil menengah mikro (UMKM) yang terdampak pandemi.

Mamih Ungu Resto and Café

Wisata Kuliner Sukabumi Nasi Ungu di Mamih Ungu Resto and Café
Nasi berwarna ungu ini berasal dari pewarna alami , soal rasa tidak perlu diragukan, sudah pasti lezat. Foto: Gmaps/Rudyanto A. Wibisono

Bisa dibilang Nasi uduk di Mamih Ungu Resto and Café ini menjadi ikonnya Sukabumi. Pasalnya resto ini memanjakan pengunjung dengan hidangan nasi bercita rasa gurih dengan warna ungu. Warna tersebut berasal dari bahan-bahan alami seperti ubi ungu dan buah bit. Beberapa menu favoritnya yaitu ayam bakar, iga sambal pete dan sapo tahu.

Semua menu tersebut sangat menggugah selera, apalagi jika disantap bersama keluarga. Ayam bakar Mamih Ungu tersaji dengan sambal khas presto. Sambalnya menggunakan sedikit perasan jeruk nipis, jadi rasanya makin nampol dan unik. Selain itu, ada juga sajian nasi Nusantara, nasi Timur Tengah hingga aneka seafood. Serta tidak ketinggalan bar kopi untuk memanjakan para penikmatnya.

Bandros Ata

Bandros Ata adalah salah satu kedai kudapan di Sukabumi yang pantang dilewatkan
Kudapan satu ini enak dinikmati sambil menjelajahi Sukabumi. Foto: Gmaps/deddy p. widjaja

Kalau sedang mencari kuliner malam Sukabumi, jangan lewatkan Bandros Ata. Bandros merupakan kue berbahan parutan kelapa, tepung beras dan santan. Di tempat ini tersedia beberapa varian, seperti keju, stroberi dan vanila. Sebagai pelengkap, ada juga kopi, air jeruk dan STMJ. Kalau tertarik, tempat ini buka mulai pukul 20.30-06.00 WIB.

Bagikan konten ke: