Patut Dicoba! Ini 7 Kedai Soto Medan yang Enak

Hampir setiap daerah di Tanah Air punya soto khasnya masing-masing. Ada soto Betawi, soto Lamongan, Soto Kudus, dan soto lainnya. Tidak kalah dari daerah lainnya, Medan juga punya kuliner soto. Meski sama-sama bernama soto, tapi cita rasa soto Medan berbeda dengan soto lainnya.

Soto Medan memiliki ciri khas kuah santannya yang kental. Sajian utama soto ini biasanya menggunakan daging ayam, daging sapi hingga udang. Menariknya, kuliner khas Medan satu ini biasa disajikan dengan perkedel kentang, emping, telur, tomat, taoge dan bihun. Dengan begitu, bisa dengan mudah membedakannya dengan soto-soto dari daerah lainnya.

1. RM Sinar Pagi

RM Sinar Pagi bisa dibilang sebagai kedai soto Medan legendaris
Kuah soto yang kental dan gurih terasa sangat cocok dinikmati bersama sepiring nasi, RM Sinar Pagi pun jadi tujuan wisata kuliner di Kota Medan. Foto: Gmaps/Sepmaedi Anada

Kedai soto Medan paling terkenal di Kota Medan yaitu RM Sinar Pagi. Bahkan sejumlah artis hingga pejabat, salah satunya Susilo Bambang Yudhoyono pernah makan di tempat ini. Di sini, pengunjung  bisa merasakan soto dengan kuah kental dan kaya rempah-rempah. Bukan hanya soto, tersedia juga menu lainnya seperti gado-gado, sop, lontong sayur dan pecel.

RM Sinar Pagi buka mulai pukul 07.00-15.00 WIB. Jika ingin merasakan cita rasa khas sotonya, sebaiknya datanglah pada pagi hari. Sebab, tempat makan satu ini selalu penuh saat menjelang jam makan siang. Untuk alamatnya berada di Jalan Sei Deli No.2, Silalas, Medan Barat, Kota Medan.

Baca: 7 Cafe Instagramabel di Medan Wajib Coba!

2. Soto Bening Anwar

Aneka pilihan topping hingga lauk di Soto Bening Anwar yang siap memanjakan lidah
Kuah soto bening yang terasa ringan di lidah memang paling cocok dinikmati dengan aneka lauk hingga udang sebagai topping isiannya. Foto: Gmaps/purwaning retnowati

Nah, kalau Soto Bening Anwar ini sedikit berbeda dengan soto khas Medan lainnya. Kalau soto Medan umumnya menggunakan santan untuk kuahnya, soto satu ini hanya memakai kuah kaldu. Kuahnya bening tanpa tambahan santan.

Dagingnya lembut, kuahnya bening dan terasa gurih menyegarkan. Makin pas dengan tambahan sedikit sambal dan perasan jeruk nipis. Ngiler nih mau coba? Langsung saja ke tempatnya yang berlokasi di Jalan Brigjen Katamso. Kedai satu ini buka mulai pukul 07.00-16.00 WIB.

3. Soto Kesawan Medan

Sudah ada sejak tahun 50-an, Soto Kesawan menjadi salah satu tempat kuliner legendaris di Medan
Kuah kental dengan rempah-rempah khas di Soto Kesawan memang nikmat, tapi makin lezat lagi dengan isian udang. Foto: Gmaps/NHMD208

Kedai satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga warga Medan. Pasalnya, Soto Kesawan menjadi salah satu tempat makan legendaris yang sudah ada sejak tahun 1950-an. Menariknya, pembeli bisa menikmati semangkuk soto dengan aneka pilihan topping. Ada daging sapi, ayam, jeroan hingga udang.

Soto makin nikmat karena disiram kuah gurih dari bumbu-bumbu khas. Pasti menggugah selera! Dari berbagai menu yang tersedia, banyak yang merekomendasikan soto udangnya. Sebab, jarang dijumpai di tempat lainnya. Soto Kesawan buka setiap hari Senin-Sabtu pukul 08.00-14.00 WIB. Lokasinya di Jalan Ahmad Yani Kesawan No.116, Medan Barat, Kota Medan.

4. Soto Nanda

Bukan cuma sotonya saja, aneka lauk di kedai ini juga patut dicoba
Enaknya makan soto Medan lengkap dengan aneka lauk, beri juga perasan jeruk nipis biar rasanya makin nendang. Foto: Gmaps/wan harmawan

Soto Nanda bisa menjadi alternatif saat ingin menyantap soto khas Kota Medan. Alamatnya di Jalan Sei Belutu No.12, Padang Bulan Selayang I, Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan. Yang spesial di  sini adalah soto campurnya. Soto campur ini memiliki isian daging ayam, ampela ayam, daging sapi paru dan babat sapi.

Lebih nikmat dengan tambahan bakwan, rempeyek hingga emping. Jangan lupa tambahkan sambal kecapnya biar rasanya makin nendang. Satu lagi yang unik dari Soto Nanda, yaitu penggunaan daun sop yang cukup banyak. Rupanya hal ini untuk membuat kuah soto terasa lebih segar.

5. Soto Bilal Medan

Irisan paru goreng yang renyah menjadikan soto Medan di tempat ini terasa makin spesial
Irisan paru goreng yang renyah membuat sajian soto Medan di kedai satu ini makin terasa lengkap. Foto: Gmaps/Benny Setiadi

Letaknya memang di pinggir Kota Medan, yaitu di Jalan Bilal Ujung No.181, Pulau Brayan Darat 1, Medan Timur. Tempat satu ini menyediakan beberapa menu soto, di antaranya soto ayam dan sapi, soto hati ayam, soto babat, soto paru hingga soto kudus. Pengunjung juga bisa memilih soto campur dengan isian daging dan jeroan.

Porsinya terlalu banyak atau sedikit, pokoknya pas! Kelebihan dari  kedai Soto Bilal adalah dagingnya yang lembut. Menariknya, setiap mangkuk soto yang disajikannya selalu diberi pelengkap perkedel kentang.

6. Soto Medan 1930 Pak Syamsudin

Soto Medan 1930 Pak Syamsudin menjadi salah satu alternatif kuliner di Jakarta yang rasanya cukup autentik
Meski lokasinya di Jakarta, rasa soto Medan di kedai satu ini pun autentik dengan kuah kental dan berbagai pilihan isian daging hingga jeroan. Foto: Gmaps/Donny Ghasali

Soto Medan yang enak juga ada di Jakarta loh. Tempat makan satu ini hanya menyajikan satu menu, yakni soto Medan. Kuah bening kecokelatan serta aroma wangi kapulaga langsung tercium saat dihidangkan. Soto Medan 1930 Pak Syamsudin memiliki irisan daging yang empuk dan gurih. Selain itu, tidak ada lemak berlebihan dalam kuah kaldunya.

Rupanya, tempat ini memang memasak daging dan jeroan secara terpisah. Isian soto itu dibumbui, direbus dan digoreng hingga bagian luarnya kering. Meski begitu, bagian dalamnya tetap lembut dan tidak terasa amis sama sekali. Rasanya semakin lezat setelah disiram kuah gurih dan beraroma dari soto Medan.

7. Soto Glugur

Alamatnya di Jalan Yos Sudarso, sekitar 100 meter dari simpang Glugur. Warung soto yang buka  setiap hari mulai pukul 06.30 ini menyajikan berbagai macam lauk sebagai pelengkap soto. Begitu memasuki kedai, pengunjung bisa langsung tau kalau tempat ini cukup populer. Sebab, di dinding warung terpajang deretan foto para artis yang pernah makan di Soto Glugur.

Bagikan konten ke: