Beranda Berita Wisata

Jelang MotoGP Mandalika 2022, Intip Kehidupan Suku Sasak

0

Pagelaran MotoGP 2022 tak terasa sudah di depan mata. Ajang kompetisi balap motor internasional ini akan berlangsung pada tanggal 20 Maret 2022 mendatang. Berbagai persiapan dilakukan pemerintah dan berbagai pihak untuk menyukseskan gelaran besar ini. Tak hanya penataan sirkuit, beberapa desa wisata juga siap untuk menyambut wisatawan yang akan menonton ajang balapan ini.

Salah satu desa yang tengah mempersiapkan diri adalah Desa Sade. Desa ini siap untuk mengenalkan budaya khas mereka kepada masyarakat Indonesia dan Internasional yang akan datang ke Lombok Tengah. Sade sendiri merupakan salah satu dusun yang ada di Desa Rembitan, Pujut, Lombok Tengah. Dusun ini terkenal sebagai dusun yang mempertahankan adat dari suku Sasak.

Wisatawan yang datang ke Lombok pasti kenal dengan suku Sasak Sade. Desa ini memiliki ciri khas tersendiri yang akan memukau siapapun yang datang ke desa ini. Yang pertama terdapat rumah Bale, yang merupakan rumah khas dari Suku Sasak. Rumah ini terbuat dari atap jerami, berdinding bambu, dan beralaskan tanah. Di desa ini terdapat kurang lebih 150 rumah berjejer seragam sebagai tempat tinggal warga.

Baca: BUKIT MERESE Lombok: 7 Aktivitas & Atraksi Menarik

Salah satu hal yang cukup unik adalah, di desa ini warganya mengepel lantai rumah menggunakan kotoran kerbau. Selain untuk menjaga tradisi, kotoran kerbau ini berfungsi untuk menjadi pengganti plester semen. Diyakini kotoran kerbau juga dapat mengusir nyamuk dari rumah. Maka tidak heran bila Rumah Bale ini kokoh hingga 15 generasi.

Keunikan kedua dari desa ini adalah kain tenunnya. Kepiawaian para penenun dari Desa Sade ini sudah tidak usah diragukan lagi. Wisatawan bisa membelinya sebagai oleh-oleh, dan juga bisa melihat proses penenunan kain. Kain tenun Sasak ini dilestarikan warga desa dan menjadi salah satu keahlian yang harus dimiliki sebagai syarat menikah. Para gadis yang akan dipinang wajib memberikan tenunan terbaik mereka kepada pria yang akan menikahnya.

Keunikan ketiga di Desa Sasak yaitu Kopi Sasak. Tradisi yang sampai saat ini masih lestari yaitu budaya minum kopinya. Pengolahan biji kopi disangrai menggunakan tanah liat hingga gosong dan tercium aroma khas. Lalu selanjutnya digiling menjadi serbuk ditambah sedikit beras dan kelapa yang diiris tipis. Kopi khas Suku Sasak Lombok ini siap dihidangkan.

Baca: ABANGAN LOMBOK Tiket & Aktivitas

Apabila ingin berkunjung ke Lombok untuk menyaksikan pagelaran MotoGP Mandalika 2022, maka wajib untuk mampir ke Desa Sade ini. Di desa ini bisa melihat dan berinteraksi secara langsung bersama penduduk Suku Sasak. Kemudian bisa mengenal juga bagaimana budaya dari suku Sasak dan tradisi yang hingga sekarang masih dijaga dengan baik.