Beranda Tiket Wisata

BUKIT MERESE Lombok: 7 Aktivitas & Atraksi Menarik - September 2020

Bukit Merese
Harga Tiket: Gratis - Rp15.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Jl. Kuta Lombok, Kuta,Pujut,Lombok Tengah,Nusa Tenggara Barat,Indonesia ,83573.

Bukit Merese merupakan destinasi wisata di Lombok Tengah yang menawarkan pesona perbukitan dan panorama pantai dari ketinggian. Lokasi ini menjadi salah satu objek wisata andalan di kawasan Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Bukit ini pun memiliki bagian atas yang cukup luas untuk dijelajahi wisatawan. Datarannya terbagi menjadi beberapa bagian dengan daya pikat berbeda yang ditawarkan masing-masing. Termasuk dalam kawasan wisata Mandalika, Bukit Merese menjadi tempat terbaik untuk menikmati beragam keindahannya.

Harga Tiket Masuk Bukit Marese

Harga Tiket
Harga Tiket Masuk Gratis
Parkir MotorRp. 5.000
Parkir MobilRp. 10.000
Parkir BusRp. 15.000

Baca: 9 Tempat Wisata Terbaik di Bukit Marese

Jam Buka

Setiap HariJam Buka
Waktu operasional24 Jam

Ragam Aktivitas Menarik di Bukit Merese

kawasan perbukitan hijau dengan pemandangan pantai dan laut
Bentang alam perbukitan hijau dengan panorama laut dan pantai- Foto : GoogleMaps/Dimas Pramudya

Bukit Merese memiliki banyak keistimewaan, salah satunya akses yang cukup mudah bagi wisatawan. Baik jalan aspal mulus untuk dijangkau dari daerah lain, maupun jalur menuju puncak bukit. Wisatawan tidak menemukan jalan dengan turunan curam atau terjalnya tanjakan saat berkendara.

Trekking Ringan

trekking di kawasan sekitar bukit hijau
Lokasi puncak bukit dapat dicapai dengan treking ringan pada jalur yang bersahabat – Foto : Instagram/brice.li.12

Menuju lokasi puncak bukit, wisatawan perlu melakukan treking singkat dari sekitar Pantai Aan. Lokasi pantai tersebut dengan memang bersebelahan dengan bukit.

Akses mendaki tak terlalu sulit karena jalurnya cukup bersahabat dan tak terlalu terjal. Waktu yang dibutuhkan pun cukup singkat, hanya berkisar 10 menit pendakian.

Baca: PANTAI SENGGIGI Lombok Tiket & Daya Tarik

Selama menuju puncak bukit, wisatawan akan ditemani suasana sejuk dan ngin bertiup semilir. Meski jalurnya tak terlalu berat, disarankan wisatawan menggunakan alas kaki yang nyaman. Perjalanan melalui trek tanah ini terhitung sebagai olahraga ringan dan cukup membakar kalori.

Panorama Puncak Bukit Cinta

Panorama gradasi warna laut dan jajaran perbukitan dari puncak bukit
Panorama gradasi warna laut dan jajaran perbukitan dari puncak bukit – Foto : Instagram/an_nshacil

Sesampainya di puncak, wisatawan langsung disuguhi pemandangan yang sangat memanjakan mata. Bagian puncaknya merupakan titik paling menakjubkan dari Bukit Merese Lombok. Waktu terbaik untuk berlibur di sini berkisar April-Juni ketika air laut terlihat lebih jernih.

Gradasi warna laut lengkungan Pantai Tanjung Aan dari toska hingga biru tua terlihat eksotis. Wisatawan juga dapat melihat pulau-pulau kecil di sekitarnya, seperti Pulau Awang sertaa Batu Payung. Langit biru bersih menaungi dengan panorama perbukitan sekelilingnya turut membingkai keindahannya.

Baca: PANTAI KUTA LOMBOK Tiket & Ragam Aktivitas

Para wisatawan menjuluki bukit ini sebagai Bukit Cinta karena pemandangan yang ditawarkan begitu romantis. Bukit Merese pun mampu membuat setiap wisatawan jatuh cinta dan merasa ingin kembali mengunjunginya. Menawarkan kesejukan, pemandangan pantai-pantai lain di sekitar kawasan Mandalika pun terlihat cantik mempesona.

Piknik Santai

berpiknik di tepi pantai bukit merese
Berpiknik ria enikmati suasana santai Bukit Merese – Foto : Instagram/wulanmrtnrosaa_

Bukit Merese merupakan area yang cukup luas dengan hamparan padang rumputnya. Lokasi ini sangat cocok sebagai tempat berpiknik santai bersama rekan dan keluarga. Ombak di tepi pantai pun tak terlalu bergemuruh sehingga suasana terasa tenang dan damai.

Wisatawan dapat duduk di atas rerumputan yang menghijau pada rentang Desember hingga Februari. Sedangkan di bulan Mei-Juni, wisatawan dapat menyaksikan rerumputan yang menguning keemasan.

Baca: Rinjani Waterpark Tiket & Wahana

Wisatawan biasanya membawa makanan dan minuman sendiri, karena belum tersedia penjaja makanan di sini. Sejuknya semilir angin dan panorama laut lepas menemani wisatawan menikmati waktu berlibur.

Savana Bukit Merese Ala New Zealand

hewan ternak sedang merumput di savana bukit hijau area perbukitan
Hewan-hewan ternak yang jinak sedang merumput di sekitar bukit – Ricka Chrisdianthi

Hamparan perbukitan luas menjulang tinggi dan terselimuti rumput hijau. Kekayaan tersebut membuat warga sekitar membawa hewan ternaknya untuk mencari makan di sini.

Sapi, kerbau, maupun domba di tengah padang rumput membuat suasana layaknya di savana Afrika. Beberapa wisatawan juga menyamakan pemandangan ternak yang merumput tersebut seperti padang New Zealand.

Baca: Pesona Keindahan GILI KEDIS Lombok Barat

Bukit Merese disebut Merisik oleh warga setempat, artinya bukit gundul karena tidak ditemukan pepohonan. Wisatawan hanya akan menemukan satu pohon di ujung barat bukit yang disebut Pohon Galau. Tak ada pohon besar lain di sekelilingnya maupun di atas padang rumput.

Berfoto Berlatar Panorama Bukit

Wisatawan dapat menemukan bahwa hampir semua sudut Bukit Merese sangat indah. Setiap bagiannya memberikan latar untuk mengabadikan momen liburan yang memukau.

Satu sisi bukit memanjang dengan lekukan-lekukan pantai menyajikan panorama yang fotogenic. Tanjung Aan maupun Pantai Serenting dengan lautan lepasnya sama-sama menyuguhkan pemandangan eksotis. Perbukitan dan hamparan padang rumput menghijau pun menjadi salah satu latar instagrammable buruan wisatawan.

Keunikan lain Bukit Merese yaitu adanya anak-anak penduduk sekitar yang menjadi pengatur gaya foto. Anak-anak tersebut menawarkan bantuan untuk mengarahkan gaya wisatawan untuk mendapatkan sudut foto terbaik. Wisatawan dapat bergaya mendorong bukit, memegang matahari, maupun trik lain dengan view unik.

Sunset dan Sunrise di Bukit Merese

Sunset keemasan di bukit merese
Menikmati senja di Bukit Merese – Foto : Instagram/januard006

Bukit Merese merupakan salah satu destinasi wisata yang paling ramai di Lombok. Salah satu daya tariknya adalah panorama sunrise atau sunset yang memukau dilihat dari atas bukit ini. Bukit ini memang menyuguhkan keindahannya di setiap waktu, mulai pagi hingga malam hari.

Saat treking menuju puncak bukit, wisatawan dapat melihat papan yang mengarahkan menuju lokasi sunrise dan sunset. Untuk menikmati momen emas sunrise, wisatawan disarankan datang sekitar pukul 4-5 pagi. Bagi para penikmat sunset, waktu terbaik berkisar antara pukul 5 hingga 6 sore.

Disebut sebagai salah satu sunset point terbaik di Lombok, wisatawan semakin ramai menjelang sore. Langit senja dari Bukit Merese akan menyajikan semburat jingga kemerahan dari cakrawala. Pantai-pantai sekitar Mandalika yang terlihat dari atas bukit memantulkan segala keindahan panoramanya.

Berkemah di Atas Bukit

Lokasi wisata Bukit Merese merupakan lokasi yang ideal untuk aktivitas berkemah bagi wisatawan. Hamparan dataran bukit ini memiliki tekstur tanah yang berumput dan tak terlalu tinggi. Wisatawan dapat mendirikan tenda sebagai tempat bermalam, menikmati waktu berlibur lebih santai.

Saat malam tiba, wisatawan dapat menyaksikan pemandangan menakjubkan taburan berjuta bintang di angkasa. Wisatawan juga diperbolehkan membuat api unggun di malam hari. Dan di pagi hari, wisatawan akan terbangun dengan sapaan dari suasana alam yang mempesona.

Lokasi dan Akses Wisata Bukit Merese

Wisata Bukit Merese berada di Jl. Kuta Lombok, Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Bar. 83573. Lokasinya sejajar dengan barisan pantai cantik di sekitarnya dalam kawasan Mandalika. Dari Mataram, perjalanan menuju destinasi wisata ini ditempuh selama sekitar 1,5 jam. Aksesnya pun lebih mudah dengan fasilitas yang cukup memadai.

Sedangkan dari Bandara Internasional Lombok hanya ber jarak 26 km. Wisatawan hanya memerlukan waktu tempuh sekitar 40 menit perjalanan.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 2 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini