Beranda Tiket Wisata

Alun-alun Karimunjawa Area Terbaik Wisata Kuliner Malam – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Alun-alun Karimunjawa : GratisJam Buka: 18.00 – 23.00No. Telepon: -Alamat: Jalan Pemuda No. 3 , Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia, 59455

Alun-alun Karimunjawa adalah tempat wisata kuliner yang terkenal dengan olahan seafood. Sebenarnya kawasan ini bukanlah objek wisata. Melainkan hanya sebuah lapangan yang berisi pedagang kaki lima. Di mana kebanyakan pedagang tersebut menjual suvenir, makanan tradisional, dan hewan laut.

Bentuk lapangannya hanya berupa bundaran kecil dengan tanah berumput di bagian bawahnya. Biasanya lokasi ini sering menjadi tempat nongkrong, wisata kuliner, dan spot foto. Pada saat sore hari pengunjung bisa menikmati keindahan sunset dari sekitar alun-alun. Kemudian malam harinya pemandangan gemerlap cahaya bintang akan menghiasi langit alun-alun.

Harga Tiket Alun-alun Karimunjawa

Objek wisata Alun-alun Karimunjawa bisa dinikmati wisatawan lokal maupun luar secara gratis. Siapa pun bebas keluar masuk tanpa perlu membayar biaya apa pun.

Harga Tiket Alun-alun Karimunjawa
Tiket masuk Gratis

Baca: BUKIT LOVE Tiket & Daya Tarik

Jam Buka Alun-alun Karimunjawa

Kawasan alun-alun selalu buka setiap hari. Baik di hari biasa, akhir pekan, hingga libur nasional sekali pun. Alun-alun akan ramai biasanya mulai sore hingga malam hari

Jam Buka
Setiap hari 18.00 – 23.00

Daya Tarik Alun-alun Karimunjawa

Wisata Alun-alun Karimunjawa memang tidak seluas Alun-alun Jepara. Namun kawasan ini memiliki hal-hal menarik yang jarang ada di tempat wisata lain. Misalnya seperti kuliner malam, Pasar Seafood, dan tempat penjualan pernak-pernik khas Karimunjawa. Selain itu pengunjung juga bisa melihat keindahan kelap-kelip bintang di malam hari.

Baca: Paket Wisata Karimunjawa Lengkap Dan Murah

Pasar Seafood

Lapak pedagang ikan di Pasar Seafood Alun-alun Karimunjawa.
Pasar Seafood di alun-alun Karimunjawa menjual beraneka macam jenis ikan seperti kerapu, bawal batik, teri, ikan kuning, dan masih banyak lagi. Foto : Googlemap/Thalia Soetantyo

Daya tarik utama Alun-alun Karimunjawa sudah pasti ada di pasar seafood. Pasar ini baru beroperasi sekitar jam 18.00 atau setelah magrib. Lokasinya tepat berada di sisi utara alun-alun. Pada saat itu suasana sudah ramai dengan aktivitas jual beli.

Di sini banyak pedagang menjajakan ikan-ikan segar dan hewan laut. Untuk jenis ikan ada Teri, Pari, Bawal Batik, Baronang, Kerapu, Kakaktua, dan Kuning. Sementara hewan laut ada Kerang, Cumi, Lobster, dan Udang. Semuanya ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau.

Biasanya para pedagang menjual ikan dan cumi seharga Rp30.000. Kalau untuk lobster berukuran besar rata-rata harganya Rp190.000. Para pembeli tidak perlu khawatir soal kualitasnya. Karena semua ikannya merupakan hasil dari perairan Karimunjawa.

Baca: 7 Daya Tarik Wisata TAMAN NASIONAL KARIMUN JAWA

Wisata Kuliner

Gerobak pedagang kaki lima di Alun-alun Karimunjawa.
Area wisata kuliner malam terbaik di pulau Karimunjawa yang menjual berbagai macam makanan khas nusantara. Foto : Googlemap/Sahrul Ahmed

Alun-alun Karimunjawa tidak hanya terkenal sebagai tempat penjualan ikan dan hewan laut. Kawasan ini juga menyuguhkan wisata kuliner yang lezat. Lokasinya berada di sisi sebelah timur alun-alun akan tampak deretan gerobak para pedagang. Suasana seperti ini hanya terjadi saat malam hari saja.

Sebagian besar menu yang dijual adalah makanan khas Nusantara. Misalnya seperti Nasi Goreng, Siomay, Mie Ayam, Bakso, dan Babat Gongso. Dari semua kuliner yang paling mencuri perhatian adalah Pindang Serani khas Jepara. Sejenis sup ikan laut yang memiliki perpaduan rasa pedas, manis, dan asam.

Untuk harganya sangat terjangkau dan ramah di kantong. Perkiraan harganya antara Rp5.000 hingga Rp50.000. Tergantung dari seberapa besar porsi makanan dipesan. Di sekitar kawasan tersebut sudah tersedia tempat duduk lesehan berupa tikar dan meja.

Tempat Penjualan Suvenir

Lapak pedagang pakaian di Alun-alun Karimunjawa.
Banyak penjual suvenir seperti pakaian, tas, topi, celana, hiasan dinding, dan aneka kerajinan tangan lainnya. Foto : Googlemap/Thalia Soetantyo

Selama berada di Alun-alun Karimunjawa tidak lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh. Beruntungnya di sekitar alun-alun ada sejumlah pedagang yang menjual suvenir khas Karimunjawa. Lokasinya berada tepat di sisi barat alun-alun. Jam bukanya hampir sama seperti pasar seafood, yaitu Pukul 18.00 WIB.

Suvenir yang ditawarkan sangat beragam dan mencerminkan kearifan lokal. Kebanyakan barang tersebut merupakan hasil karya dari masyarakat sekitar alun-alun. Di antaranya ada kaos, gelang, topi, ukiran kayu, tas, celana, dan gantungan kunci. Namun yang menjadi favorit pengunjung adalah kaos bertuliskan Karimunjawa.

Para pedagang biasanya menjual suvenir dengan harga murah. Misalnya kaos dibanderol dengan kisaran harga Rp100.000 hingga Rp150.000. Sementara untuk merchandise harganya mulai dari Rp10.000. Kalau dirasa mahal pengunjung bisa melakukan tawar menawar dengan penjualnya.

Menikmati Suasana Malam di Alun-alun

Selain menikmati kelezatan kuliner seafood, pengunjung juga bisa bersantai di sekitar alun-alun. Menikmati suasana malam yang berhiaskan gemerlap bintang-bintang. Keindahannya kian bertambah dengan cahaya rembulan yang bersinar sangat terang. Suasana gelap gulita terlihat menjadi remang.

Sepanjang malam di alun-alun akan ramai dengan keriuhan. Di mana sebagian orang tengah berbincang asyik bersama keluarga dan teman-temannya. Ada pun yang lainnya hanya sekedar duduk santai sembari menyantap makan malamnya. Terlihat juga sebagian pengunjung berfoto selfie dengan latar belakang keindahan langit malam.

Fasilitas

Alun-alun Karimunjawa mempunyai beragam fasilitas umum yang lengkap. Mulai dari tempat makan, toilet, area parkir, dan tempat penjual suvenir. Salah satunya ada Toko Dewandaru yang lokasinya tidak jauh dari alun-alun. Beberapa pedagang kaki lima juga menyediakan tempat duduk lesehan untuk pengunjung menikmati makanan.

Lokasi Alun-alun Karimunjawa

Alun-alun ini berlokasi di Jalan Pemuda No. 3 Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 22

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini