Beranda Tiket Wisata

DANAU LAUT TAWAR Tiket & Ragam Aktivitas - Juli 2021

Danau Laut Tawar Harga Tiket: Rp0 - Rp5.000 Jam Buka: 24 Jam No Telp: - Alamat: Hakim Bale Bujang, Lut Tawar, Aceh Tengah, Aceh, Indonesia, 24519.

Danau Laut Tawar sebuah danau alami di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah. Warga setempat lebih sering menyebutnya ‘Danau Lut Tawar’. Luasnya yang mencapai lebih dari 5.000 hektare memang membuatnya tampak seperti laut.

Danau ini populer sebagai kawasan wisata alam. Kondisinya yang berada di dataran tinggi membuatnya berselimut udara sejuk. Danau cantik ini juga dikelilingi pegunungan dan perbukitan yang indah. Banyak wisatawan dari sekitar Aceh yang menjadikannya tujuan rekreasi untuk melepas penat di akhir pekan.

Tiket Masuk Danau Laut Tawar

Untuk menikmati keindahan Danau Laut Tawar, wisatawan tinggal memilih spot favorit. Banyak spot gratis berupa dermaga, tapi ada juga spot wisata berbayar. Tarif tiketnya kebanyakan tidak lebih dari Rp5.000. Anak-anak biasanya tidak perlu membayar tiket masuk.

Tiket Masuk
Harga Tiket MasukRp0-Rp5.000
PerahuRp10.000
Speed Boat (max. 6 orang)Rp20.000 per orang
Penginapanmulai dari Rp100.000
Paket Camping Gayo Camping GroundRp95.000-Rp175.000

Baca Juga: Tempat Wisata Menarik di Aceh Tengah

Jam Buka

Pada dasarnya Danau Laut Tawar selalu terbuka selama 24 jam. Wisatawan bisa datang kapan saja melalui spot-spot tanpa tiket berbayar. Lain halnya dengan spot wisata seperti Pante Menye yang memberlakukan jam operasional tertentu. Biasanya tempat wisata seperti ini buka sejak pagi hingga waktu maghrib.

Jam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Danau Laut Tawar

Panorama Danau Laut Tawar gunung dan perbukitan hijau
Danau alami dan kawasan wisata alam yang berada di Kabupaten Aceh Tengah, Aceh – Foto: Google Maps/dian nandang herdiansyah

Jika berbicara tentang wisata danau di Sumatera, seringkali terpikirkan Danau Toba di Sumatera Utara. Danau ini tidak hanya menjadi ikon wisata alam Sumatera, tetapi juga Indonesia. Padahal, selain Danau Toba masih ada danau-danau cantik lainnya di pulau ini. Salah satunya ada Danau Laut Tawar di Kabupaten Aceh Tengah, Aceh.

Merupakan danau alami yang terbentuk dari patahan daratan. Serta menjadi hilir bagi sungai-sungai yang mengalir dari Kabupaten Bener Meriah. Luasnya kurang-lebih 5.472 hektare, sementara panjangnya mencapai 17 kilometer. Tidak heran jika danau sering disandingkan dengan laut.

Saking luasnya, ‘Lut Tawar’ memiliki akses dari beberapa titik. Banyak tempat wisata yang tersebar di sekelilingnya. Beberapa spot wisata bertajuk pantai karena kemiripannya. Beragam aktivitas rekreasi menarik dapat dinikmati di kawasan danau ini.

Menyusuri Danau

Menikmati danau laut tawar dengan berperahu
Selain perahu sampan dan perahu karet, ada juga wahana speed boat dan sekoci yang tak kalah menarik – Foto: Google Maps/Pante Ketibung Danau Laut Tawar

Menikmati keindahan danau tidak hanya dari tepiannya. Di Danau Laut Tawar, ada banyak yang menyediakan perahu sebagai wahana rekreasi. Jenisnya bermacam-macam, mulai dari sekoci, perahu karet, sampan, hingga speed boat.

Speed boat cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan danau dengan sedikit tantangan. Pengemudi akan membawa kapal dalam kecepatan tinggi apabila tidak membawa penumpang anak-anak. Tidak perlu cemas karena setiap penumpang diberi jaket pelampung untuk keamanan dan keselamatan. Rasakan sensasi berkeliling danau berteman angin yang sejuk dan pemandangan alam yang menawan.

Selanjutnya ada wahana sekoci, perahu karet, dan sampan di sekitar danau. Salah satunya ada di Pantai Ketibung di Desa Bintang. Selain melatih kemampuan mendayung, kegiatan ini juga bisa dinikmati bersama keluarga.

Bermalam di Danau

Panorama yang terlihat dari penginapan tepi danau laut tawar
Panorama danau yang bisa didapatkan dari salah satu penginapan di tepi Danau – Foto: Google Maps/Teuku Faisal

Ada sejumlah penginapan yang dibuka di sekitar danau ini. Jenisnya mulai dari homestay, bungalow hingga hotel. Beberapa di antaranya adalah Grand Renggali Hotel dan Arako Homestay. Keduanya mengambil lokasi tepat di tepi danau. Dengan begitu, wisatawan akan mendapatkan pemandangan langsung ke danau dari kamarnya.

Jika ingin suasana yang lebih dekat dengan alam, berkemah adalah jawabannya. Bagi yang tidak ingin repot-repot dengan kebutuhan berkemah bisa mencoba jasa Gayo Camping Ground. Gayo Camping Ground merupakan organizer kegiatan berkemah di sekitar kawasan danau.

Wisatawan tidak hanya disediakan tenda di sini. Kebutuhan acara barbekyu, api unggun, hingga rafting juga sudah tersedia. Wisatawan tinggal datang dan menikmati kegiatan berkemah dengan nyaman.

Piknik Asik

Pantai Menye
Dermaga Pantai Menye yang cocok untuk acara jalan-jalan sore atau berfoto – Foto: Google Maps/Rafli Syahbani

Danau Laut Tawar juga cocok menjadi tujuan piknik atau sekadar jalan-jalan sore. Banyak spot dermaga dengan area bersantai yang nyaman di sini. Di antaranya adalah Pantai Menye dan Tambatan Perahu Lot Kala.

Kedua spot ini memiliki dermaga kayu dengan desain unik. Sehingga menjadikannya lokasi selfie atau berfoto yang menarik. Selain bentuknya yang tidak biasa, dermaga ini juga dilengkapi area duduk. Wisatawan dapat menikmati panorama matahari terbit atau terbenam dari sini.

Jangan lupa untuk menyempatkan diri berwisata kuliner. Kuliner khas sekitar danau yaitu ikan depik. Ikan yang hanya bisa ditemui di Aceh Tengah ini diolah menjadi berbagai menu lezat. Wisatawan bisa mencicipi depik pepes hingga depik balado di warung makan dan restoran sekitar danau.

Olahraga

Pengunjung memancing di dermaga
Pengunjung juga bisa memancing di danau ini – Foto: Google Maps/Andi Pratama

Aktivitas berenang adalah salah satu olahraga yang digemari pengunjung danau ini. Pantai Ketibung memiliki area dangkal yang bisa menjadi tempat bermain air hingga berenang. Danau ini bahkan sesekali memunculkan riak yang menyerupai ombak di laut. Sedangkan untuk keamanan, pengunjung tetap harus menggunakan jaket pelampung.

Selain berenang, pengunjung Danau Laut Tawar juga bisa memancing. Dermaga Takengon adalah salah satu spot memancing yang direkomendasikan. Ikan Mujair dan ikan lele dumbo adalah beberapa jenis ikan yang sering menjadi tangkapan di sini.

Fasilitas Danau Laut Tawar

Hampir semua tempat wisata di seputar Danau Laut Tawar memiliki fasilitas yang lengkap. Area parkir, toilet, musala, dan warung makan adalah sarana yang paling banyak tersedia. Beberapa tempat wisata juga menyediakan wahana seperti perahu dan speedboat. Ada juga yang menawarkan paket berkemah untuk keluarga.

Lokasi Danau Laut Tawar

Objek wisata alam ini terletak di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh. Danau ini bisa dikunjungi melalui beberapa pintu masuk dan area wisata yang berbeda. Wisatawan tinggal menuju ke Kota Takengon yang menjadi kota terdekat dengan Danau Laut Tawar. Kemudian, susuri Jalan Takengon-Bintang di sekeliling danau untuk menemukan tempat wisata lainnya.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini