DANAU TAO: Tiket, Daya Tarik, Fasilitas dan Lokasi Maret 2024

DANAU TAO

  • Harga Tiket Masuk: Rp10.000
  • Jam Buka: 09.00-17.30
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Batang Onang Baru, Batang Onang, Padang Lawas Utara, Sumatra Utara, Indonesia, 22762

Danau Tao menjadi destinasi yang wajib dikunjungi pelancong yang menyukai suasana tenang. Danau ini memang tidak terlalu besar ukurannya tidak seberapa jika dibandingkan dengan Danau Toba.

Tetapi danau Tao memiliki keindahan yang sangat menenangkan. Airnya jernih berwarna kehijauan. Di sekelilingnya, padang rumput terhampar di perbukitan yang mengapit danau. Sehingga, danau terlihat bagai permata di tengah-tengah hamparan hijau perbukitan.

Di beberapa titik, terdapat batuan cadas yang menghiasi tepian danau. Banyak yang menggunakannya sebagai spot berfoto. Tidak jarang hewan ternak terlihat di hamparan rerumputan. Berbagai jenis ikan yang terdapat di danau melengkapi kekayaan alam di area itu.

Harga Tiket Masuk Danau Tao

Pengunjung yang ingin menikmati keindahan danau ini tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam. Harga tiket masuk hanya Rp.10.000. Selain itu, parkir kendaraan dikenakan Rp20.000 untuk mobil dan Rp5.000 untuk motor. Pengunjung bisa memarkir kendaraannya di area parkir, lahan sekitar, atau pekarangan rumah warga.

Jam Buka

Spot wisata ini buka setiap hari dari pukul 09.00 s/d 17.30. Danau Tao akan lebih ramai di akhir pekan daripada di hari kerja. Di hari libur sekolah dan hari besar, pengunjung juga akan semakin ramai.

Menikmati Keindahan dan Suasana

Objek Wisata Danau Tao
Danau Tao, Google Maps: Adi Hasibuan

Danau Tao terapit bukit-bukit yang berbaris berkeliling. Warna airnya yang kehijauan membujur di tengah-tengah kaki bukit yang membentuk lembah. Perbukitan sekitar berhiaskan hamparan padang rumput dengan pepohonan yang rindang. Di sinilah pengunjung sering menikmati suasana sambil berteduh dari terik matahari.

Destinasi wisata ini tak hanya menawarkan suasana yang hening dan menenangkan. Desauan angin yang cukup kencang membuat hawa sejuk di area sekitar. Lokasinya pun jauh dari sumber polusi udara dan suara sebagaimana di kota. Suasana yang hening dan udara yang sejuk ini membuat pengunjung betah berlama-lama.

Selain itu, pemandangan danau dan sekitarnya begitu indah dipandang mata. Pengunjung bisa menikmati suasana danau dengan airnya yang hijau dari ketinggian. Lelah dan penat akan hilang seketika dengan suasana yang tersaji di destinasi ini.

Rekreasi Keluarga dan Spot Foto yang Menarik

Batuan cadas di sekitar Danau Tao
Spot foto batu cadas di tepi Danau Tao, Foto: Google Maps, Abdu Hariandy Harahap

Spot wisata ini juga bisa menjadi destinasi rekreasi keluarga. Jangan kuatir anak-anak akan bosan berada di sini. Di salah satu spot perbukitan, terdapat ayunan yang bisa dipakai bermain.

Ditambah dengan, ada hammock yang terapit dua buah pohon untuk bersantai. Ayah dan ibu bisa menikmati alam sambil mengawasi anak-anak bermain ayunan atau hammock. Jangan lupa membawa cemilan favorit keluarga.

Sambil berekreasi, anak-anak bisa lebih mendekat dan belajar mencintai alam. Banyak pengunjung yang memanfaatkan ayunan dan hamok tersebut sebagai spot foto juga. Di sini, pengunjung bergaya dengan danau di bawahnya dan perbukitan sebagai latar belakang.

Di tepian danau, ada spot foto lain di beberapa titik berupa bebatuan cadas. Warna hitam, kecoklatan, dan kehijauan dari batu, tanah, dan danau menjadi latar belakang. Foto jadi lebih estetik dengan nuansa alam yang ditawarkan di sini.

Berpiknik dan Memancing

Bersantai di Hammock sambil menikmati sunset di Danau Tao
Hammock di Perbukitan. foto Google Maps: Jehan

Area perbukitan bisa menjadi lokasi berpiknik bersama keluarga atau teman-teman. Pengelola menyediakan bangku dan meja kayu di dekat pepohonan yang ada. Selain itu ada juga bale-bale yang berfungsi sebagai tempat untuk bersantap bekal bawaan. Atau, pengunjung bisa membawa alas duduk seperti tikar dan karpet piknik.

Menikmati alam sekitar tidak kalah mengasyikkan sambil lesehan. Mata memandangi suasana alam dengan atmosfer menyejukkan berteman makanan dan minuman ringan. Lansekap di Danau Tao begitu memesona. Selain indah, danau seluas 2 hektar itu juga menyimpan berbagai jenis ikan. Karenanya, pemancing sering terlihat duduk di tepi danau sambil memegang joran.

Pengunjung juga bisa ikut serta dalam aktivitas ini. Setelah itu, ikan hasil tangkapan bisa dibakar dan dinikmati bersama-sama. Akan tetapi semua peralatan harus dibawa sendiri karena tidak ada tempat penyewaan.

Menikmati Sore Hari dengan Suasana Pedesaan

Sore hari dengan suasana pedesaan di Danau Tao
Ternak warga di perbukitan sekitar danau. foto Google Maps: Ramadhan

Danau Tao terletak tidak jauh dari pemukiman penduduk. Sebagian besar memelihara hewan ternak sebagai sumber makanan dan mata pencarian. Karena itu, sering terlihat banyak hewan ternak sedang memamah di padang rumput. Ternak-ternak itu pun memanfaatkan air danau untuk minum.

Pemandangan yang jarang ada di perkotaan. Suasana pedesaan ini sungguh membuat rileks pikiran. Apalagi, kawasan wisata danau ini tutup pukul 17.30, memungkinkan pengunjung tinggal untuk menikmati sore hari. Jika ingin menikmati teh atau kopi hangat, pengunjung bisa memesannya di warung kecil yang ada.

Fasilitas

Meskipun berada di antara perbukitan, destinasi Danau Tao memiliki area parkir yang luas. Tidak hanya motor, mobil pun bisa parkir di area ini. Akan tetapi, area parkiran masih berupa lahan tanah dan belum beralas mortar atau aspal. Penduduk lokal membuka warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman ringan.

Di sekitar danau tidak ada ATM atau minimarket. Jadi, pengunjung harus mempersiapkan semua keperluannya untuk mengunjungi tempat ini. Bawa uang secukupnya, agar liburan bisa berjalan dengan lancar. Untuk pengunjung dari luar kota, penginapan tersedia di Padang Sidempuan.

Lokasi Danau Tao

Danau Tao terletak di Desa Batang Onang, Kecamatan Pasar Matanggor, Padang Lawas Utara. Jaraknya 48,3 km dari Padang Sidempuan atau sekitar 1,5  jam menggunakan kendaraan bermotor. Dari Kabupaten Tapanuli Selatan, waktu tempuh ke Danau Tao relatif sama dengan jarak sekitar 50 km.

Berikan Rating

4.4 - 13 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan konten ke: