Beranda Tiket Wisata

DANAU TOBA 8 Atraksi & Wahana Seru - Oktober 2022

0
Harga Tiket Masuk Danau Toba : GratisJam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Jalan Siborong Borong - Parapat, Sibaganding, Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, Sumatera Utara, Indonesia, 21174

Danau Toba merupakan danau vulkanis terbesar se-Asia Tenggara dengan panjang mencapai 100 kilometer. Berada di Sumatera Utara ini digalakkan menjadi destinasi wisata berkelas dunia. Luasnya danau ini bahkan meliputi tujuh kabupaten di Sumatera Utara, salah satunya adalah Kabupaten Dairi.

Harga Tiket

Tidak ada tiket masuk yang ditetapkan untuk wisata Danau Toba. Harga tiket masuk hanya dikenakan jika ingin mengunjungi tempat-tempat wisata sekitar.

Harga Tiket
 Tiket MasukGratis

Baca: BAH DAMANIK Simalungun Tiket & Daya Tarik

Jam Buka

Waktu operasionalJam Buka
Setiap hari24 Jam

Beragam Aktivitas Wisata Danau Toba

Keunikan danau dengan pulau Samosir di tengahnya merupakan salah satu keunggulan wisata Danau Toba. Di samping berbagai aktivitas serta wahana-wahana wisata yang tersedia. Bagi wisatawan yang berlibur ke sini berikut beberapa hal menarik yang bisa dilakukan.

Baca: Tempat-tempat wisata Terbaik di Danau Toba

Menikmati Keindahan Danau Toba dari Perbukitan

Keindahan lanskap danau toba dari ketinggian
Keindahan lanskap danau toba dari ketinggian. Foto: Google Maps/Robby Sihaloho

Berkunjung ke danau ini, wisatawan bisa merasakan kesejukan kawasan sekitarnya. Karena area danau dikelilingi perbukitan hijau dan pegunungan. Ditambah dengan hutan lindung, barisan pepohonan Enau dan pinus ikut menambah daya tariknya.

Kemudian jika ingin panorama alam danau dari ketinggian bisa berkunjung ke Bukit Siadtaratas di Desa Silahisabungan. Dari tempat ini, wisatawan dapat menatap indahnya hamparan danau beserta perbukitan hijau yang memagarinya.

Pilihan lainnya, wisatawan dapat berkunjung ke Bukit Sidiangkat yang tepat berada di Desa Sidiangkat. Keunikan tempat ini yaitu wisatawan bisa berfoto di berbagai wahana foto yang tersedia.

Baca: PULAU SAMOSIR : 4 Tempat Wisata Terbaik

Wahana Water Sport

wahana water sport banana boat
Wisatawan bisa mencoba wahana banana boat yang cukup menantang. Foto: Google Maps/ Mrw Stoenkr

Perairan Danau Toba memiliki luas setidaknya 1.130 km2 menawarkan beragam wahana permainan air. Wisatawan dapat mencoba naik jet ski, wahana banana boat, hingga berperahu. Bahkan puluhan wisatawan mancanegara rutin datang untuk bermain Kayak sebagai salah satu olahraga wisata air di sini.

Destinasi ini juga sering menjadi tuan rumah penyelenggaraan perlombaan perahu. Selain ikut menyaksikan kemeriahannya, wisatawan dapat turut serta memeriahkannya.

Baca: BUKIT HOLBUNG Tiket & Aktivitas

Wisata Budaya Danau Toba

Rumah Khas batak di pinggir danau toba
Rumah khas batak yang berada di tepi danau. Foto: Google Maps/caroline hom

Kawasan sekitar danau merupakan wilayah yang kaya akan adat budaya yang berkarakter. Suku asli yang mendiami daerah kabupaten Dairi adalah suku Batak Pak-pak. Karena kelestarian budaya dan adat kini justru menjadi daya tarik wisata.

Misalnya menyaksikan gelaran tarian tradisional Merjuma. Tari Merjuma merupakan tarian dari Dairi yang menunjukkan aktivitas bercocok tanam.

Baca: BUKIT SIBEA-BEA Tiket & Pesona Patung Yesus Hingga Danau Toba

Menyambangi Hamparan Pantai Tao Silalahi

Tao Silalahi
Sajian pemandangan memukau Tao Silalahi – Foto : GoogleMaps/Debora Sianturi

Tao Silalahi menawarkan sajian pemandangan menakjubkan di kabupaten Dairi dan merupakan asal marga dari Silahisabungan. Kawasannya memiliki hamparan pasir pantai yang indah dengan panjang mencapai 28 Km. Wisata Tao Silalahi merupakan salah satu andalan kabupaten Dairi.

Palung terdalam danau ini ada di kecamatan Silahisabungan merupakan yang terdalam di Dunia. Kedalaman perairan kawasan ini mencapai 905 meter dari permukaan air. Area Tao Silalahi juga merupakan bagian dari Danau Toba yang paling luas.

Wisata petualangan

Selain aktivitas wisata di danau, wisatawan juga bisa mencoba wisata petualangan. Wisata berbasis petualangan ini semakin melengkapi portofolio wisata toba yang kaya.

Salah satunya yaitu wisata sepeda, standup paddleboard, paralayang, dan bermain kayak. Wisatawan dapat menjelajahi kawasan sekitar danau. Kemudian terdapat wisata arung jeram di sungai-sungai yang mengalir ke danau bisa menjadi pilihan aktivitas. Misalnya rafting di Bakara yang akan berujung persis di bibir Danau Toba.

Wisata Religius di Danau Toba

Taman Wisata Iman
Taman Wisata Iman merupakan destinasi wisata religi – Foto : Instagram/amos_st

Taman Wisata Iman merupakan tempat wisata seluas 13 hektar di Bukit Sitinjo. Hamparan hutan pinus yang hijau memberikan udara sejuk serta lingkungan yang asri. Kawasan ini juga dilintasi sungai yang jatuh ke air terjun Lae Pandaroh.

Taman Wisata Iman Sitinjo menjadi destinasi wisata unggulan Kabupaten Dairi. Penampilan lima rumah ibadah yang diakui di Indonesia berkombinasi dengan pemandangan alam yang memukau.

Fasilitas utama Taman Wisata Iman yaitu bangunan yang bernuansa simbol dan ritual keagamaan. Datang ke tempat ini, wisatawan dapat berekreasi sekaligus memadukannya dengan religi. Masyarakat pun acapkali melakukan prosesi serta merayakan hari raya keagamaannya di tempat ini.

Trekking di Alam Bebas Taman Wisata Alam Sicike-cike

Taman Wisata Alam Sicike-cike Danau Toba Dairi Sumatera Utara - twa_danausicikecike
Terekking menyusuri Taman Wisata Alam Sicike-cike – Foto : Instagram/twa_danausicikecike

Taman Wisata Alam Sicike-cike menjadi salah satu dari wisata unggulan di sekitar Danau Toba. Kawasan ini memiliki tiga buah danau dan sebuah air terjun. Wisatawan dapat menempuh jalur trekking untuk mencapai lokasi-lokasi tersebut.

Hiking

Kawasan sekitar Danau Toba merupakan jajaran perbukitan yang menyuguhkan area luas untuk dijelajahi. Wisatawan dapat melakukan aktivitas hiking untuk menikmati keindahan alam yang masih asri.

Jalur hiking akan berakhir di lokasi camping ground di kawasan Pulau Silalahi. Di area ini, wisatawan dapat beristirahat ataupun menginap dengan mendirikan tenda. Kawasan pulau di tepi danau tersebut juga terkenal dengan julukan kawasan 1000 tenda.

Baca: Wisata Sipinsur Tiket & Pesona Alam

Wisata Offroad

Wisata offroad merupakan salah satu kegiatan potensial petualangan lainnya. Wisatawan dapat melakukan aktivitas offroad mengelilingi Kabupaten Dairi. Wisatawan dapat merasakan langsung serta melihat alam yang begitu menantang dan sangat natural.

Memancing di Pantai Paropo

Paropo Danau Toba Dairi Sumatera Utara - sidikalang_dairi
Paropo dengan keindahan panorama perpaduan perairan Danau Toba dengan perbukitan hijau – Foto : Instagram/sidikalang_dairi

Paropo adalah salah satu desa di kawasan Danau Toba yang memiliki keindahan alam memukau. Berada di Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, Paropo merupakan surga bagi para pemancing.

Untuk berburu ikan di sini, wisatawan biasanya membawa sendiri perlengkapan memancingnya. Hingga saat ini belum tersedia tempat untuk penyewaan kail bagi wisatawan.

Berkemah di Tepi Danau Toba

tenda-tenda di area berkemah tepi danau
Berkemah di kawasan camping ground tepi danau – Foto : Instagram/paroposilalahi

Menginap di kawasan Danau Toba memberikan keleluasaan waktu bagi wisatawan untuk menikmati keindahannya. Wisatawan dapat menikmati berbagai momen waktu serta menjelajah kawasan dengan lebih bebas.

Wisatawan dapat berkemah, mendirikan tenda di area camping ground yang tersedia. Bagi yang tidak suka berkemah, dapat memilih berbagai penginapan yang berdiri di sekitar kawasan. Tarif per malam beragam sesuai dengan lokasi, fasilitas penginapan, dan areal pandang untuk menikmati panorama danau.

Lokasi  dan Akses Wisata Danau Toba

Danau Toba memang begitu luas, tercatat 7 kabupaten yang mengelilinginya. Dibutuhkan perjalanan sekitar 4 jam dari kota Medan menuju kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Wisatawan dapat langsung melalui jalur Parapat atau memutar lewat Sidikalang. Sedangkan akses jalur udara, wisatawan dapat menggunakan pesawat langsung ke Bandara Silangit.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 24

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini