Beranda Tiket Wisata

PANTAI TANJUNG TINGGI Tiket & Ragam Aktivitas Desember 2021

Pantai Tanjung TinggiHarga Tiket: GratisJam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Jl. Tj. Pandan - Tj. Kelayang, Keciput, Sijuk, Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia, 33414

Pantai Tanjung Tinggi adalah pantai wisata di utara Pulau Belitung. Pantai ini juga terkenal sebagai ‘Pantai Laskar Pelangi’. Film populer tahun 2008 itu memang mengambil lokasi syuting di pantai tersebut. Sejak muncul dalam film, Pantai ini semakin menjadi incaran wisatawan. 

Namun, sebelum terekspos pun keindahan pantai ini memang tidak pantas untuk disangsikan. Hamparan pasir putih dan laut birunya bikin terpana. Daya tarik utamanya terletak pada gugusan batu granit raksasa yang tersebar di kawasannya. Mari intip lebih banyak pesona Pantai Tanjung Tinggi, Belitung!

Tiket Masuk Pantai Tanjung Tinggi

Tidak butuh biaya sepeserpun untuk menikmati keindahan Pantai Laskar Pelangi ini. Pengelola pantai cantik ini tidak memberlakukan tarif tiket masuk untuk pengunjungnya. Hanya ada sumbangan sukarela untuk menjaga kebersihan pantai ini. Ada juga tarif parkir bagi pengunjung yang membawa kendaraannya kemari.

Tiket Masuk
Tiket MasukGratis
Parkir MotorRp2.000
Parkir MobilRp5.000

Baca Juga: Destinasi Wisata Terbaik di Belitung

Jam Buka

Pantai Tanjung Tinggi selalu terbuka untuk umum sepanjang tahun. Pengunjung bisa mampir kapan saja, dini hari hingga malam hari. Wisatawan bisa mencari waktu terbaiknya masing-masing saat berkunjung kemari.

Jam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Keunikan Pantai Tanjung Tinggi

Senja di Tanjung Tinggi
Lukisan matahari terbenam di langit yang terlihat dari area pantai menunjukkan harmoni alam yang romantis – Foto: Google Maps/Mr P

Pantai Tanjung Tinggi terletak di sebelah utara Pulau Belitung. Tepatnya, di Kelurahan Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Pantai ini berada di terusan Jalan Tanjung Pandan-Tanjung Kelayang. 

Lokasi pantai ini memang berada di sebuah tanjung. Namun, pantai ini sebenarnya merupakan sebuah teluk kecil. Sehingga arus lautnya tidak terlalu kencang dan cenderung tenang. Pantai ini adalah salah satu pantai di Belitung dengan sebaran batu granit berukuran masif.

Popularitasnya melejit sejak muncul di film Laskar Pelangi sebagai salah satu lokasi pengambilan gambar. Hingga saat ini, pantai ini jadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan Pulau Belitung.

Pantai Laskar Pelangi

Perpaduan warna hijau dan biru pada laut Pantai Tanjung Tinggi
Air laut di sekitar pantai terkenal karena kejernihannya yang memikat – Foto: Google Maps/David Wijaya

Film Laskar Pelangi adalah salah satu film karya dalam negeri yang popularitasnya mendunia. Tidak hanya karena plot cerita yang menggugah banyak orang. Keindahan lokasi syuting yang mengambil tempat di Pulau Belitung pun menghipnotis banyak orang.

Salah satunya adalah Pantai Tanjung Tinggi di Sijuk. Dalam film tersebut, pantai ini menjadi salah satu ‘arena’ bermain para tokoh. Keindahan alamnya jadi latar yang melengkapi kisah Lintang dan kawan-kawan. Terhampar pasir putih nan lembut berpadu dengan laut biru yang jernih. Pemandangan cantik ini membuat banyak orang penasaran untuk mengunjunginya.

Eksotisme Gugusan Granit

Gugusan batu granit
Sebaran batu granit yang menjadi daya tarik utama pantai ini- Foto: Google Maps/Rizál

Ada satu hal yang membuat panorama Pantai Tanjung Tinggi berbeda dari pantai lainnya. Hal itu tidak lain adalah kenampakan alam berupa gugus batu granit yang terhampar di sekitar pantai. Bukan batu granit biasa, melainkan ratusan batu berukuran raksasa.

Garis pantai Pulau Belitung memang lazim terdapat batu granit sejenis ini. Sebaran batu ini bisa terlihat hingga pesisir Kalimantan Barat. Bebatuan ini merupakan lapisan magma yang mengeras. Lapisan ini terdorong keluar dari perut bumi karena aktivitas tektonik.

Gugusan batu granit yang ada memang berukuran masif. Tinggi batunya bisa mencapai 10 meter bahkan lebih. Bebatuan ini saling bersentuhan dan memunculkan ruang sempit di antaranya. Ruang-ruang ini menjadi semacam labirin alami yang menarik untuk dijelajahi.

Pilihan Aktivitas Rekreasi

Barisan perahu karet dan pelampung di Pantai Tanjung Tinggi
Laut yang tenang menawarkan arena untuk bermain sejumlah water sport seperti berenang dan mendayung – Foto: Google Maps/D SETIAWAN

Nama Pantai Tanjung Tinggi menggambarkan kondisi pantai ini. Lokasinya terapit dua tanjung kecil dan penuh dengan bebatuan raksasa. Pantai ini memang terletak di sebuah teluk kecil. Situasi ini melindungi pantai dari hembusan angin yang kencang.

Kondisi laut pantainya memang cenderung tenang karena minimnya ombak. Pantai ini sangat cocok untuk pelancong yang mencari ketenangan. Terlebih suguhan panorama sunset dan sunrise-nya mengundang decak kagum siapa saja. Tidak heran jika pantai ini banyak dikunjungi para sejoli untuk melengkapi bulan madunya.

Pantai ini juga bisa menjadi alternatif rekreasi keluarga. Lautnya yang tenang memang kurang cocok untuk jenis watersport ekstrem seperti banana boat. Selain itu pengelola menyediakan jasa penyewaan perahu karet, pelampung, hingga kano. Wahana ini tentu bisa dinikmati oleh wisatawan berbagai kalangan usia.

Menyusuri Jejak Lintang

Area santai di Pantai Tanjung Tinggi
Kios-kios makanan dan tempat makan sederhana yang ada di sekitar Pantai – Foto: Google Maps/raldy dhe vega

Mumpung sudah di Belitung, tentu sayang jika tidak mengeksplorasi spot pariwisata lainnya. Belitung sangat lekat dengan imej film Laskar Pelangi. Selain Pantai Tanjung Tinggi, masih banyak tempat lain terkait film tersebut yang bisa disambangi.

Wisata ini lebih terkenal sebagai Wisata Laskar Pelangi. Salah satu yang bisa tempat rekomendasi yaitu Waroeng Kopi Ake di Kota Tanjung Pandan. Berdiri sejak 1921, wisatawan penyuka kopi tentu wajib mencicipi kopi khas Belitung di sini. Di samping itu, ada Replika SD Gantong yang tak kalah menarik. Wisata film ini bisa ditutup dengan kunjungan ke Museum Kata Andrea Hirata di Desa Gantong.

Fasilitas Pantai Tanjung Tinggi

Fasilitas yang tersedia di Pantai Tanjung Tinggi cukup lengkap dan memadai. Ada lahan parkir, toilet umum, dan warung makan. Tersedia juga musala yang dilengkapi kamar mandi untuk bilas.

Lokasi Pantai Tanjung Tinggi

Objek wisata pantai ini terletak di Jalan Tanjung Pandan-Tanjung Kelayang, Kelurahan Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung. Lokasinya sekitar satu jam berkendara dari Bandara H. A. S. Hanandjoeddin atau pusat Kota Tanjung Pandan.

Tanggapan:

5 / 5. dari 1

Kasi Bintang