Beranda Tiket Wisata

PANTAI TANJUNG KELAYANG Tiket, Lokasi & Daya Tarik – Januari 2023

0
Pantai Tanjung Kelayang Harga Tiket Masuk : Rp8.000. Jam Buka : 24 jam. Nomor Telepon : -. Alamat : Desa Sinar Baru, Sungailiat, Bangka, Bangka Belitung, Indonesia, 33212.

Pantai Tanjung Kelayang salah satu dari banyak deretan pantai istimewa di Bangka Belitung. Tak heran jika masuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Areanya pantainya dikembangkan sebagai lokasi khusus wisata, yang bahkan termasuk dalam 10 Balinya Indonesia. Dengan pemandangan indah memukau khas pantai di negara tropis.

Pantai ini berada di antara Selat Karimata dan Selat Gaspar. Lokasinya juga berada di lepas pantai timur Sumatera, yang menawarkan keindahan matahari terbit. Pasir putih dan birunya laut menjadi suguhan utama selama berada di pantai ini. Tak ketinggalan berbagai wahana dan hiburan pun lengkap tersedia.

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Kelayang

Berwisata di Pantai Tanjung Kelayang tak akan membuat kantong kering. Karena tiket masuknya yang sangat terjangkau, meskipun di sekitar telah berdiri Resort dan hotel mahal. Kendati demikian, pengunjung yang datang hanya berwisata, tetap diperbolehkan dan hanya membayar tarif tiket masuk saja.

Harga Tiket Masuk
Tiket masuk Rp8.000

Baca: PANTAI TANJUNG TINGGI Belitung Tiket & Ragam Aktivitas

Jam Buka Pantai Tanjung Kelayang

Objek wisata ini buka sepanjang hari, wisatawan dapat menikmati pantai dari fajar hingga malam. Waktu yang tepat untuk menikmati pantai dan bersantai adalah pagi dan sore hari. Sementara di siang hari, wisatawan dapat mencoba island hopping di sekitar pantai.

Jam Operasional
Setiap hari 24 jam

Keindahan Memukau Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang
Pantai Tanjung Kelayang. Foto: Gmap/Tjan Sanak Huma

Pantai Tanjung Kelayang pantas menyandang gelar pantai indah negara tropis. Di sini, wisatawan akan disuguhkan pemandangan lautan luas berwarna biru bergradasi. Mulai dari toska di tepian pantai, biru muda, dan biru tua di tengah lautan. Jika dilihat dari dekat, perairannya pun tampak begitu jernih, hingga dasar pantai terlihat jelas.

Area tepi pantai memiliki hamparan pasir putih yang sangat halus. Wisatawan bisa dengan nyaman berjalan di atasnya tanpa alas kaki. Butiran-butiran halus pasir begitu lembut membelai kaki. Dan terasa hangat jika menginjak bagian pasir yang kering.

Di sekitar pantai, tersebar batu-batu granit dengan beraneka macam ukuran. Batuan berwarna cokelat muda hingga hitam ini konon sudah ada sejak 65-200 juta tahun yang lalu. Seolah tak termakan usia, batu-batu ini berdiri kokoh menghalau ombak. Bahkan, permukaannya yang tampak halus, seolah tidak pernah terkikis oleh ombak yang setiap waktu menghantam.

Baca: Pantai Parai Tenggiri Bangka Tiket, Daya Tarik & Fasilitas

Jelajah Seru dengan Island Hopping

Mercusuar di Pulau Lengkuas
Mercusuar di Pulau Lengkuas. Foto: Gmap/Muhammad Iftor

Aktivitas seru selama berada di Pantai Tanjung Kelayang salah satunya adalah island hopping. Yaitu kegiatan menjelajah pulau-pulau kecil yang ada di sekitar pantai. Ada beberapa pulau yang dapat dikunjungi, salah satunya adalah Pulau Kepayang. Tak seperti Tanjung Kelayang, di Pulau Kepayang justru tidak bersih dari batuan granit.

Di pulau ini, wisatawan dapat berjemur, bersantai, atau bermain-main dengan pasir pantai. Selanjutnya, bisa menuju ke Pulau Lengkuas, yang menjadi favorit banyak wisatawan. Di sini terdapat sebuah mercusuar setinggi 50 meter yang usianya sudah ratusan tahun. Wisatawan dapat berfoto dengan latar mercusuar tersebut.

Selain mercusuar, keunikan dari Pulau Lengkuas adalah adanya kolam air alami di tengah pulau. Wisatawan dapat mencoba segarnya air kolam ini. Selanjutnya, wisatawan dapat menuju ke Pulau Berlayar. Karena, di sini terdapat batu-batu yang mirip seperti layar kapal yang sedang terbentang.

Baca: PANTAI MATRAS Bangka Harga Tiket, Aktivitas & Lokasi

Bermain Air Seru di Tepian Pantai

Pantai Tanjung Kelayang memiliki karakteristik ombak yang tenang. Ditambah dengan di sekitar pantai perairannya masih terbilang dangkal. Tidak banyak batu karang, sehingga bisa lebih aman untuk berenang. Selain berenang di perairan dangkal, wisatawan juga dapat bermain pasir di tepian pantai.

Jika ingin lebih seru, wisatawan dapat mencoba wahana jet ski. Dengan harga sekitar Rp300.000 untuk satu kali sesi permainan.

Baca: Pantai Batu Bedaun Bangka Tiket Masuk & Aktivitas

Indahnya Pemandangan Matahari Terbit dan Terbenam

Senja di Tanjung Kelayang
Senja di Tanjung Kelayang. Foto: Gmap/KL ENZO

Saat fajar dan petang adalah waktu yang tepat untuk bersantai di sekitar pantai. Karena, waktu tersebut adalah saat matahari terbit dan terbenam. Wisatawan dapat duduk di tepi pantai dengan atau tanpa alas duduk sekalipun. Menghadap ke arah matahari, dan menyaksikan detik-detik matahari muncul atau terbenam.

Bagi yang menginap di Resort atau hotel di tepi pantai, bisa lebih mudah saja datang saat fajar. Bagi yang tidak menginap pun bisa juga langsung masuk karena pantai terbuka selama 24 jam. Langit yang awalnya gelap, perlahan mulai terbelah oleh sinar matahari yang terang. Dibarengi dengan suara burung-burung pagi yang bercuit ramai, seolah ikut menyambut terbitnya matahari.

Sementara di sore hari, wisatawan dapat bersantai setelah beraktivitas. Sambil menikmati kuliner sekitar pantai, dan menyaksikan detik-detik matahari terbenam. Suasana menjadi teduh, angin panas berganti dengan angin yang dingin, membawa tanda malam segera tiba.

Baca: PANTAI RAMBAK Bangka Tiket & Daya Tarik

Lokasi Kegiatan Sail Indonesia

Di bulan Oktober, pantai ini menjadi tujuan aktivitas Sail Indonesia. Pada saat itu, kapal-kapal layar akan berlabuh di pantai ini. Suasana menjadi meriah, pemandangan pantai menjadi lebih ramai dengan kapal layar yang unik ini. Menjadi pemandangan indah tersendiri dan dinanti oleh masyarakat serta wisatawan.

Baca: PANTAI TUING Tiket Murah Pasir Putih Memukau

Sejarah Nama Pantai Tanjung Kelayang

Batu dengan Bentuk Kepala Burung
Batu dengan Bentuk Kepala Burung. Foto: Gmap/Peter Koster

Penamaan pantai ini tidak asal dilakukan, bahkan ada sejarah yang diyakini oleh masyarakat sekitar. Pantai seluas 324,4 hektar ini memiliki sebuah batu yang jika terlihat dari sudut tertentu, berbentuk kepala burung. Dalam Bahasa Belitung, kepala burung disebut dengan “kelayang”. Inilah yang melatarbelakangi penamaan pantai ini.

Cerita lain menyebutkan bahwa di kawasan pantai ini dulunya banyak terdapat burung kelayang. Atau orang-orang lebih familiar dengan nama burung walet. Karena banyaknya burung ini, masyarakat menyebutnya sebagai Pantai Tanjung Kelayang.

Fasilitas Pantai Tanjung Kelayang

Objek wisata ini telah memiliki fasilitas umum yang memadai seperti tempat parkir, toilet, serta musala. Ada juga restoran, hotel, serta Resort yang dapat disewa oleh wisatawan. Kemudian terdapat amphitheater sebagai lokasi pertunjukan yang tak jarang berlangsung di pantai ini.

Lokasi Pantai Tanjung Kelayang

Wisata pantai pasir putih ini berlokasi di Keciput, Sijuk, Kepulauan Bangka Belitung. Jaraknya dari kota Tanjung Pandan sekitar 28 Kilometer. Dengan waktu tempuh kurang lebih 30 Menit berkendara.

Tanggapan:

4.9 / 5. dari 35

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini