PULAU SERAM Tiket & Aktivitas - Juli 2024

Pulau Seram

, , Maluku Tengah, Maluku, Indonesia,
  • Harga: Gratis
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Nomor Telepon: -

Biasanya, nama yang diberikan oleh suatu tempat mencerminkan tempat tersebut. Atau bisa juga diberikan karena asal usul dan peristiwa yang terjadi di masa lalu. Namun, ada tempat di Maluku yang namanya sangat mengerikan. Yaitu Pulau Seram, menimbulkan banyak pertanyaan memang, terkait nama dari pulau ini.

Namun, tak seperti namanya, Pulau Seram justru menyimpan pesona keindahan. Laut, gunung, serta alamnya begitu asri dan nyaman dikunjungi. Tapi tentunya, nama seram yang digunakan untuk pulau ini memiliki asal usul tersendiri. Yang mana terbalut dengan keindahan alam pulau yang menjadi objek wisata ini.

Harga Tiket Masuk Pulau Seram

Untuk mengunjungi pulaunya sendiri, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk. Sementara banyak objek wisata yang masih terbilang perawan. Sehingga, hanya beberapa objek wisata saja yang memerlukan tiket masuk.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis

Baca: Tempat Wisata Menarik di Ambon Maluku

Jam Operasional

Wisatawan bebas mengunjungi pulau ini kapan saja. Keindahan objek wisata ini dapat dinikmati kapan saja. Tentunya, ketika cuaca cerah akan lebih indah.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Keindahan yang Melingkupi Pulau Seram

Pulau Seram dengan Berjuta Pesona
Pulau Seram dengan Berjuta Pesona. Foto: Gmap/Satria Ferdinanto

Pulau Seram menjadi salah satu tempat di Maluku yang memiliki pesona keindahan mengagumkan. Luasnya sekitar 18.625 kilometer persegi, dengan panjang 340 kilometer dan lebar pulau 60 kilometer. Di sini, terdapat Gunung Binaiya yang menjadi titik tertinggi pulau, yaitu 3.019 Mdpl. Hutan tropis juga menjadi tambahan pemandangan yang begitu memukau.

Kekayaan alam di sini juga begitu melimpah, hutan tropisnya menghasilkan cengkeh, damar, sagu, hingga pala. Alam baharinya pun begitu kaya, banyak pantai serta danau yang berair jernih. Ikan, terumbu karang, menjadi kekayaan alam bahari yang tumbuh dengan asri di bawah laut. Yang menjadikan pulau ini begitu istimewa dengan keindahan alamnya.

Di pulau ini, terdapat objek wisata yang terkenal dan sering mendapat kunjungan wisatawan. Misalnya Taman Nasional Manusela, Pulau Kasa, Pulau Marsegu, Air Terjun Lumoli, dan Pantai Gumumai. Baik daratan maupun wisata airnya begitu memesona dan masih sangat terjaga. Tak heran, banyak wisatawan yang merasa nyaman ketika berada di sini.

Baca: Pesona Keindahan BATU LAYAR Ambon

Suku Asli Pulau Seram

Indahnya Alam Bahari sekitar pulau
Indahnya Alam Bahari di sekitar pulau. Foto: Gmap/Ben Wong

Saat berwisata ke Pulau Seram, pengunjung akan berjumpa dengan Suku Alifuru. Suku Alifuru adalah suku asli yang mendiami pulau ini. Alifuru berasal dari kata “Alif” yang artinya ‘pertama’, dan ‘uru’ yang artinya ‘manusia’. Nama ini muncul karena perkembangan agama Islam.

Nama Alifuru sempat berganti menjadi Nusa Indah, namun tetap saja Alifuru lebih terkenal. Hingga kini, Suku Alifuru masih tetap eksis, tapi terpecah menjadi dua berdasarkan tempat tinggal. Yaitu Alifuru Pesisir dan Alifuru Gunung, di mana Alifuru Pesisir terkenal lebih modern daripada Alifuru Gunung. Alifuru Pesisir hidup seperti manusia kota, dengan menjual hasil laut.

Sementara Suku Alifuru Gunung masih hidup secara tradisional, biasanya berada di jalur pendakian Gunung Binaiya. Suku ini tinggal berkelompok dalam satu rumah dengan ukuran 15 x 8 meter persegi. Ketika ada anggota yang meninggal, mereka akan meninggalkan rumah dan mencari rumah baru. Mereka pun hidup dengan berladang serta transaksi yang masih menggunakan sistem barter.

Penamaan Seram karena Makhluk Misterius Pemangsa Anak-Anak

Matahari Terbenam di Pulau Seram
Matahari Terbenam di tepi pantai. Foto: Gmap/Anita Aayawaila

Nama Pulau Seram ternyata berasal dari kepercayaan masyarakat. Menurut sejarah, sejak abad ke-15 di pulau ini terdapat makhluk misterius yang hidup di gua. Makhluk misterius ini bernama Orang Bati. Orang Bati akan bersembunyi hingga matahari terbenam, dan di malam hari keluar mencari mangsa.

Menurut masyarakat yang pernah melihatnya, penamaan Orang Bati karena wujudnya yang mengerikan. Makhluk ini memiliki badan manusia dengan kulit yang merah, serta wajah mengerikan dengan mulut bertaring. Di bagian punggung terdapat sayap seperti kelelawar dengan bentangan yang begitu lebar. Ditambah lagi, bagian belakang tubuhnya terdapat ekor kecil panjang dengan ujung yang lancip.

Makhluk ini berukuran besar, yang mangsa utamanya anak-anak yang masih berkeliaran di malam hari. Makhluk ini akan menerkam korban seperti cara elang menangkap mangsa. Meskipun masyarakat meyakini adanya Orang Bati, namun kebenarannya masih perlu penelitian lebih lanjut oleh ilmuwan. Meski begitu, dibalik seramnya kisah, pulau ini memiliki keindahan alam memesona yang sayang jika dilewatkan.

Menikmati Keindahan Alam

Pantai Tropis di Pulau Seram
Pantai Tropis yang mengelilingi sekitar pulau . Foto: Gmap/Sarah Aleyda

Jika ingin menikmati keindahan Pulau Seram di satu tempat, wisatawan dapat mengunjungi Taman Nasional Manusela. Taman Nasional Manusela memiliki luas kurang lebih 189.000 hektar. Banyak yang mengatakan bahwa objek wisata ini merupakan taman nasional paling indah di Indonesia. Di sini pengunjung dapat menikmati berbagai keindahan alam dalam satu tempat.

Pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan, seperti snorkeling dan diving. Dengan lautnya yang begitu jernih, terumbu karang yang sehat, serta ikan warna-warni yang lincah. Panjat tebing, berkemah, serta mendaki juga bisa berlangsung di sini. Pengunjung dapat mendaki Gunung Binaiya yang menjadi gunung tertinggi di Maluku.

Di taman nasional ini, pengunjung juga dapat menyaksikan flora dan fauna endemik Indonesia. Seperti eucalyptus, beringin, ketapang, cemara laut, bakau, dan lainnya. Serta fauna seperti rusa, musang, mapea, kuskus, dan burung-burung yang indah.

Lokasi Pulau Seram

Pulau Seram terletak di sebelah utara Pulau Ambon, Provinsi Maluku. Dari Kota Ambon bisa ditempuh menggunakan jalur darat ke beberapa wilayah di Pulau Seram.

Ulasan Pembaca

5 - 1 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *