Beranda Tiket Wisata

Sungai Hijau : Tiket & Keunikan - Oktober 2022

0
Harga Tiket Masuk Sungai Hijau : Rp10.000 - Rp15.000Jam Buka: Senin-Rabu & Jumat-Minggu : 08.00-18.00No Telp: -Alamat: Bangkinang, Salo, Kampar, Riau, Indonesia, 28554

Riau memiliki sungai dengan keunikannya tersendiri. Sungai tersebut bernama Sungai Hijau. Tidak seperti sungai pada umumnya, air sungai di sini jernih dan berwarna hijau. Warna hijau akibat dari ganggang yang terkandung di dalam airnya dan lumut yang tumbuh di dasarnya.

Sungai ini memiliki lebar 3 sampai 6 meter dengan kedalaman 30 sampai 50 centimeter. Dengan kedalaman itu, sungai ini masih aman untuk tempat berenang bagi anak-anak. Lalu, sungai ini memiliki jarak dari hulu ke hilir dengan panjang 400 meter.

Terdapat 4 sungai di sini, yaitu sungai I, II, III, dan IV. Tiap sungai memiliki pengelolanya masing-masing. Sungai yang paling ramai yaitu sungai III. Hal itu karena di sini lebih banyak memiliki fasilitas untuk bermain anak-anak, seperti perosotan dan menara lompat.

Sedangkan untuk masuk ke area sungai, tersedia 7 pintu masuk yang sebagai akses pengunjung. Selain berenang, pengunjung juga bisa berpiknik atau mendirikan tenda di sini.

Harga Tiket Masuk Sungai Hijau

Harga tiket masuk ke sungai hijau tergolong cukup terjangkau. Tiket tersebut sudah termasuk biaya parkir. Untuk menikmati fasilitas yang ada di dalam area wisata, pengunjung perlu membayar biaya di luar tiket masuk.

Harga Tiket Masuk dan Parkir
Tiket masuk + parkir motorRp10.000
Tiket masuk + parkir mobilRp15.000

Baca: WATERPARK BOMBARA Tiket & Wahana

Jam Buka Sungai Hijau

Area wisata sungai ini tutup pada hari Kamis. Pada hari Senin sampai Rabu dan Jumat sampai Minggu sungai ini beroperasi pukul 08.00-18.00. Agar nyaman saat berenang, sebaiknya berkunjung saat cuaca cerah. Kemudian, apabila ingin merasakan suasana yang sunyi, coba datang ke sini pada hari biasa.

Jam Buka
Senin-Rabu & Jumat-Minggu08.00-18.00
KamisTutup

Menikmati Segarnya Air Sungai Hijau

Pengunjung yang sedang berenang di Sungai Hijau
Di Sungai Hijau pengunjung bisa berenang dan menikmati segarnya air sungai yang jernih. Foto: Google Map/Hendra Sanjaya

Kesegaran air di Sungai Hijau sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Sungai ini juga memiliki air yang jernih. Sesuai dengan namanya, air di sungai ini berwarna hijau alami. Warna itu ditimbulkan dari ganggang hijau dan lumut.

Untuk membuktikan bahwa airnya benar-benar berwarna hijau, sejumlah warga pernah melakukan percobaan. Seorang warga  mengambil air dalam jumlah yang banyak dan membawanya pergi ke tempat yang jauh. Di tempat tersebut, air itu dicek dan hasilnya masih berwarna hijau.

Di sungai ini berdiri beberapa wahana permainan untuk anak-anak. Wahana permainan tersebut yaitu menara lompat dan jembatan kayu. Jika datang ke sini, tak lengkap rasanya apabila tidak berenang. Kesegaran airnya akan langsung terasa di tubuh. Hal itu bisa membuat capek pada tubuh menjadi hilang.

Piknik di Sungai Hijau

Piknik bersama keluarga di Sungai HIjau
Selain berenang, pengunjung juga bisa berpiknik atau membangun tenda di area piknik yang telah tersedia. Foto: Google Map/12_Riga Aryadi Pratama

Kegiatan menarik lain yang bisa berlangsung selama di Sungai Hijau yaitu berpiknik. Suasana alam yang sejuk dan rimbun membuat piknik menjadi semakin menyenangkan. Di sini tersedia banyak ruang terbuka hijau. Pada area itu, pengunjung boleh menggelar tikar atau mendirikan tenda.

Temani waktu piknik dengan kudapan dan makanan yang dibawa atau dibeli di warung sekitar sungai. Selain makanan, pengunjung juga bisa membawa board game untuk bermain bersama keluarga. Dengan bermain itu, keseruan piknik bisa semakin terasa.

Sungai Hijau Cocok Sebagai Tempat Relaksasi

pepohonan di area sungai hijau
Sungai hijau cocok menjadi tempat untuk relaksasi karena suasanya yang sejuk dan teduh. Foto: Google Map/12_Riga Aryadi Pratama

Bagi yang tidak ingin berenang, pengunjung juga bisa berjalan-jalan menikmati pemandangan di sini. Lingkungan sungai tertutupi pohon karet dan pepohonan lainnya. Meskipun terik, pengunjung tidak akan kepanasan karena terlindungi oleh dedaunan yang rimbun. Wilayah sungai yang cukup panjang, yaitu sekitar 400 meter, bisa menjadi area berkeliling yang menarik.

Selain dengan berjalan-jalan, menikmati pemandangan di sini bisa dilakukan sambil duduk di gazebo. Pemandangan air sungai yang jernih juga bisa menangkan pikiran. Suasana menenangkan itu semakin bertambah dengan suara gemercik air sungai yang didengar jika berkunjung ke sini.

Area Foto Sekitar Sungai

Tak lengkap rasanya jika tak berfoto pada saat berkunjung ke sini. Pemandangan sungai dan pepohonan bisa menjadi latar foto yang indah. Tempat pertama yang bagus untuk berfoto yaitu di tepi sungai dengan latar pepohonan.

Gaya berfoto yang bisa diambil di sini yaitu pose duduk dan mencelupkan kaki ke sungai. Area sungai juga dipasangi hiasan botol plastik yang bercat warna-warni dan tergantung di antara pepohonan. Hiasan ini bisa mempercantik foto yang diambil di sungai ini.

Selanjutnya ada juga ada replika sayap kupu-kupu yang sengaja dibangun oleh pengelola untuk properti berfoto. Selain itu, pengunjung juga bisa berfoto sambil melompat ke kolam renang.

Terdapat jembatan kayu dengan pegangan yang dicat menggunakan warna kuning dan merah. Ada juga jembatan yang pegangan dicat biru dan dihiasi dengan ban yang dicat merah putih.

Bagian tengah jembatan ini bisa menjadi area berfoto bagi pengunjung. Lokasi berfoto lain yaitu di dalam kolam renang. Ambil foto keluarga atau rekan saat sedang berenang atau melompat dari menara. Pemandangan kebun yang ada di sini juga bisa dijadikan tempat berfoto yang cantik.

Fasilitas

Sungai Hijau sudah memiliki beberapa fasilitas untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung. Fasilitas tersebut antara lain yaitu toilet, kamar mandi bilas, kamar ganti, gazebo, dan musala. Selain itu di sini juga tersedia tempat penyewaan ban renang dan warung-warung yang menjual makanan. Pada sungai III, terdapat menara lompat, perosotan, dan jembatan kayu. Bagi yang membawa kendaraan, tersedia area yang cukup luas untuk parkir.

Lokasi Sungai Hijau

Sungai Hijau berlokasi di Desa Salo Kecil, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar, Riau. Jalanan untuk menuju ke sini masih berupa tanah, belum teraspal. Jika berangkat dari Pekanbaru, maka pengunjung akan menempuh perjalanan kurang lebih selama 2 jam. Terdapat 2 rute untuk sampai ke area wisata ini.

Rute pertama yaitu melalui Bangkinang kemudian lanjut ke Tugu Batu Belah. Dari tugu belok kiri menuju ke Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten Kampar. Plang penunjuk lokasi Sungai Hijau berada tau jauh dari komplek itu.

Lalu, rute kedua yaitu melalui Bangkinang lalu lanjut ke Jalan Ahmad Yani. Dari sana jalan lagi menuju Tuanku Tambusai. Sungai Hijau terletak tak jauh dari lokasi tersebut.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 16

Berikan Rating