Beranda Tempat Wisata

Batu Secret Zoo 7 Fakta Menarik Di Berbagai Zona

Tgl. Update:Rabu, September 5, 2018
Batu Secret Zoo Burung San
Salah satu koleksi burung di Batu Secret Zoo

pula konsep yang dikembangkan di Batu Secret Zoo. Tempat wisata ini mengusung konsep modern dan edukatif. Tujuannya selain mengenalkan berbagai satwa yang unik, juga memberikan pengalaman mengesankan pada wisatawan.

Meski berada dalam satu area Jatim Park 2, yang di dalamnya terdapat pula Museum Satwa, kebun binatang ini memiliki ciri khas tersendiri. Beberapa hal unik dan menarik di Batu Secret Zoo membuat kebun binatang ini berbeda dengan kebun bintang lainnya. Selain tentu saja kebersihan dan keindahan Batu Secret Zoo dengan berbagai tema yang ditampilkan. Berikut tujuh fakta menarik di Batu Secret Zoo.

1. Konsep Kandang Dengan Berbagai Miniatur

Fakta menarik pertama adalah pembangunan konsep kandang. Pada bangunan kandang beberapa hewan, konsep kandang tidak seperti kebun binatang pada umumnya. Kandang hewan-hewan dibuat dengan berbagai miniatur dan replika seperti habitat aslinya. Begitu pula dengan burung yang tidak berada di sangkar.

Baca: Batu Secret Zoo Tiket & Zona Kebun Binatang

Namun dibiarkan bebas terbang dengan habitat yang luas. Wisatawan pun bisa melihat burung-burung beterbangan dengan jelas dan bebas. Demikian pula yang ada di zona Tiger Land. Zona ini terdapat berbagai binatang buas yang berpasangan. Hewan ini dibuatkan habitat seperti alam bebas dengan batas kaca atau akrilik yang tebal.

Wisatawan dapat menyaksikan dengan jelas dan aman. Bahkan ada jalan yang melewati tengah-tengah zona ini. Hewan buas seperti singa, harimau, jaguar, dan puma dapat dilihat dari dekat sekali.

2. Monyet Terkecil Di Dunia Ada di Batu Secret Zoo

Fakta menarik kedua, terdapat pada zona Flying Lemur. Di sini wisatawan akan menjumpai satwa unik yang berupa monyet terkecil di dunia. Primata ini bernama Pygmy Marmoset atau monyet terkecil sedunia.

Hewan ini berasal dari Amerika Selatan dan banyak ditemukan di Hutan Hujan Amazon. Beratnya yang hanya sekitar 100 gram, serta tingginya yang hanya 15 cm. Ukuran yang kecil ini membuatnya terlihat seperti boneka hidup yang bergerak sangat lincah dan lucu.

pygmy Marmoset
Monyet Terkecil Di Dunia juga ada di Batu Secret Zoo. Foto : wikkicommons/Don Faulkner

Baca: Jatim Park 2 Tiket, Wahana & Berbagai Atraksi Seru

3. Wisatawan Bisa Ikut Memberi Makan Burung

Fakta menarik ketiga di Batu Secret Zoo terdapat zona yang khusus untuk memberi makan pada burung-burung. Zona ini bernama Feeding Birds. Pada zona ini wisatawan akan merasakan pengalaman memberi makan burung Sun Conure secara langsung. Burung-burung Sun Conure yang ada di sini berjumlah sangat banyak dengan aneka warna yang cantik.

Kandang burung yang besar dibuat melingkar dan besar dengan jembatan kayu. Makanan untuk burung pun khusus disediakan pihak pengelola dengan harga yang cukup terjangkau.

4. Selain Hewan Liar Batu Secret Zoo Terdapat Juga Hewan Ternak

Fakta menarik keempat terdapat pada zona lainnya yaitu Safari Farm. Di sini wisatawan akan bertemu banyak satwa termasuk kuda poni. Hewan ini merupakan jenis kuda dengan rambut yang membentuk seperti poni sehingga menutupi matanya. Rambutnya yang cenderung lebih panjang membuat hewan ini terlihat unik.

Di zona Safari Farm, wisatawan dapat melihat dan memberi makan kuda poni secara langsung dengan naik kereta. Ketika berkeliling, wisatawan akan menemui pula hewan lainnya sedang menunggu pengunjung memberi wortel.

Baca: Dino Park Jatim Park 3 Tiket & Wahana Seru

5. Foto Unik di Zona Aquarium

Fakta menarik kelima terdapat di area Aquarium. Wisatawan dapat menyaksikan berbagai jenis ikan baik air tawar maupun air laut dengan ukuran beragam. Di zona ini, wisatawan dapat berfoto di sebuah akuarium tembus pandang. Tempat ini khusus digunakan untuk berfoto dengan hasil yang unik.

Orang yang menjadi objek foto di balik akuarium terlihat seperti benar-benar berada di dalam akuarium. Padahal sebenarnya hanya ada di sebaliknya. Jadi tidak perlu menyelam untuk bisa terlihat berfoto di dalam atau di dasar air.

6. Kampung Afrika Khusus Hewan Natif Benua Afrika

Fakta menarik keenam adalah zona Kampung Afrika. Zona ini khusus untuk menyaksikan berbagai hewan yang berasal dari Benua Afrika. Namun selain itu, di Kampung Afrika terdapat pula berbagai miniatur khas Afrika.

Selain tempat tinggal dengan atap jerami, juga bangunan yang banyak menggunakan kayu utuh yang dibentuk secara berjejer. Ada pula pernak-pernik dan suvenir khas Afrika seperti pahatan, patung, dan gantungan kunci yang terbuat dari kayu.

7. Pengunjung Bisa Ikut Memberi Makan Harimau

Fakta yang terakhir ada di dalam area Tiger Land Batu Secret Zoo. Kembali pada area binatang buas ini, terdapat fakta yang unik disebut dengan Mancing Harimau. Pada area ini, wisatawan dapat memberi makan harimau melalui sebuah lubang yang khusus dibuat dari atas kandang.

Wisatawan tidak perlu takut, karena kandang terbuat dari akrilik yang kuat sehingga tidak mungkin pecah. Makanan yang digunakan pun disediakan yaitu sepotong daging dan dapat dibeli dari pengelola.