Salah satu dari sekian banyak wisata menarik di Kota Batu, Malang adalah Batu Secret Zoo. Tempat wisata ini sekilas hanyalah kebun binatang biasa. Namun bedanya, kebun binatang ini dikonsep dengan gaya modern, teknologi canggih, tertata rapi dan lingkungan yang sangat bersih.

Lokasinya terletak di area tanah seluas 14 hektar dan merupakan bagian dari Jatim Park 2, selain tentunya ada Pohon Inn dan Museum Satwa. Jika telah berkunjung ke banyak kebun binatang di Indonesia, Batu Secret Zoo memang memiliki ciri khas yang unik dan berbeda.

Konsep yang disusun di kebun binatang ini dipadukan dengan edukasi dan pengetahuan. Wisatawan yang datang tidak hanya bisa berfoto, namun juga mendapatkan pengetahuan tentang hewan yang dilihatnya. Tak ayal, ini menjadi destinasi liburan favorit bagi orang tua yang mengajak buah hatinya.

Harga Tiket Batu Secret Zoo

Wisatawan yang berkunjung ke kebun binatang ini bisa membeli tiket baik secara online maupun offline. Harga Tiket Batu Secret Zoo sudah di-bundling dengan tiket masuk museum Satwa.

Harga Tiket Batu Secret Zoo
Senin – Kamis Rp90.000
Jumat – Minggu Rp120.000

Baca: MALANG NIGHT PARADISE Tiket & 4 Wahana Keren

Jam Buka Batu Secret Zoo

Kebun Binatang ini dibuka setiap hari mulai pukul 10.00 – 18.00 Sore. Jam buka mungkin mengalami perubahan pada saat musim liburan atau pada bulan ramadhan.

Jam Buka Batu Secret Zoo
Setiap hari 10.00 – 18.00 WIB

Zona Wisata Batu Secret Zoo

harimau sumatera
Harimau Sumatera juga bisa disaksikan di kebun binatang Batu Secret Zoo.

Zona dalam kebun binatang ini dibagi menjadi beberapa zona bertema tertentu. Wisatawan tidak akan kebingungan ketika mengunjungi zona hewan berdasarkan jenis dan asalnya. Jenis-jenis binatang yang ada di Batu Secret Zoo pun terbilang cukup lengkap. Mulai dari binatang khas Asia, Afrika, sampai dengan Australia ada di sana.

Baca: Taman Safari Prigen Tiket, Atraksi Satwa & 10 Wahana Seru 

1. Zona Pygmy Marmoset

pygmy Marmoset
Monyet Terkecil Di Dunia juga ada di Batu Secret Zoo

Saat memasuki pintu masuk atau Entrance Batu Secret Zoo, wisatawan langsung akan bertemu dengan Zona Pygmy Marmoset atau monyet terkecil sedunia. Primata ini berasal dari Amerika Selatan tepatnya berhabitat di Hutan Hujan Amazon.

Ukurannya yang kecil membuat hewan ini terlihat unik dan lucu. Terlebih ketika melompat-lompat di zona itu. Berat hewan ini hanya sekitar 100 gram, namun memiliki gerakan yang aktif dan sangat lincah.

2. Zona Aquarium Batu Secret Zoo

Kemudian ada Zona Aquarium, wisatawan dimanjakan dengan berbagai jenis ikan baik ikan air laut maupun ikan air tawar. Ikan-ikan mulai dari nemo, clown fish, sampai hiu ada di sana. Selain memasang konsep akuarium yang mengelilingi lorong, lokasi ini sangat bagus digunakan untuk berfoto.

Bahkan pada beberapa zona Batu Secret Zoo, ada akuarium tembus pandang. Wisatawan yang berfoto di akuarium tembus pandang terlihat seperti benar-benar berada di dalam akuarium.

Baca: Dino Park Jatim Park 3 Tiket & Wahana Seru

3. Zona Primata & Burung

Batu Secret Zoo Burung San
Salah satu koleksi burung di Batu Secret Zoo di Zona Burung dan Primata

Zona ini adalah zona yang khusus untuk keberadaan binatang primata, lemur, landak, merak, dan burung. Di sini, semua hewan tidak berada di kandangnya, melainkan dibuatkan habitat seperti aslinya dan dibiarkan bebas berkeliaran.

Begitu juga dengan burung yang tidak berada di sangkar, melainkan bebas terbang di zona tersebut. Wisatawan yang berkunjung akan merasa seperti benar-benar ada di hutan dan melihat burung-burung berterbangan di atasnya.

Baca: JATIM PARK 1 Tiket & 10 Wahana Seru

Zona Birds Feeding

Lalu, ada zona yang bernama Feeding Birds. Zona Feeding Birds khusus digunakan bagi wisatawan yang ingin memberi makan burung Sun Conur. Makanan untuk burung ini pun khusus disediakan dan bisa dibeli ditempat.

Burung yang memiliki bulu warna-warni ini cukup lucu dan menggemaskan. Ketika melihat wisatawan datang membawa makanan, kawanan burung ini akan langsung terbang mendekat dan meminta makanan itu.

Baca: Batu Night Spectaculer Hiburan Malam Keluarga Tiket & Berbagai Wahana

Zona Savanah

hewan khas benua afrika
Di Zona ini pengunjung akan menemukan berbagai jenis hewan khas afrika.

Zona Savannah yang merupakan zona lorong dengan batas berdinding kaca. Tempat ini berupa lorong yang digunakan sebagai tempat menyaksikan hewan-hewan Afrika di habitatnya.

Konsepnya pun sama, habitat hewan dibuat seperti aslinya dengan beberapa hiasan dan konsep rumah khas Afrika yang unik. Wisatawan, terutama anak-anak dapat terhibur dengan keberadaan hewan seperti zebra, giant sable antelope dan scimitar-horned orix, yang berlarian dan mondar-mandir.

Zona Kampung Afrika

Selanjutnya adalah Zona Kampung Afrika. Di sini wisatawan disuguhi dengan hewan lucu khas Benua Afrika seperti marmut, mirkat, kelinci dan lain-lain yang berkeliaran di rumput.

Di sini pula terdapat Gajah Afrika yang keberadaannya mulai berkurang di dunia karena hampir punah. Jika beruntung, wisatawan dapat memberi makan sang gajah asalkan sesuai instruksi penjaga dan jam makan gajah.

Zona Amfibi

Lalu ada zona khusus untuk habitat dua binatang amfibi besar yaitu kuda nil dan buaya. Pada jam tertentu, wisatawan dapat memberi makan buaya atau kuda nil dengan roti, sayur atau buah-buahan yang disediakan.

Luar biasanya lagi, habitat hidup hewan ini berada di bawah jembatan yang dilintasi wisatawan. Jadi, wisatawan yang hendak melihat hanya tinggal menengok ke bawah jembatan saja.

Baca: 7 Fakta Menarik Kebun Binatang Batu Secret Zoo

Zona Safari Farm

Zona selanjutnya adalah Zona Safari Farm. Pada zona ini, wisatawan dapat menggunakan kereta yang disediakan untuk berkeliling. Berbekal satu cup wortel, wisatawan dapat memberi makan hewan herbivora yang ditemui secara langsung di perjalanan.

Rasanya seperti benar-benar sedang berada di sebuah peternakan. Ketika wisatawan berjalan dengan keretanya, hewan seperti unta, llama, bison, kuda poni dan lainnya segera merapat untuk berebut makanan.

Zona Tiger Land

Batu Secret Zoo
Batu Secret Zoo Kebun Binatang unik dengan beragam aktivitas menarik

Zona khusus untuk binatang buas adalah Tiger Land. Pada zona ini, wisatawan akan berjalan melintasi tengah-tengah kandang. Lintasan yang digunakan sebagai tempat tinggal berbagai binatang buas seperti singa putih, harimau, jaguar, dan lain sebagainya.

Zona ini dibatasi dengan dinding yang terbuat dari kaca yang sangat kuat. Meskipun agak menakutkan, namun dari jalan yang dilintasi, wisatawan dapat menyaksikan hewan buas itu dari dekat sekali bahkan berfoto bersama.

Zona Permainan & Hiburan

Jika telah puas menelusuri luasnya seluruh zona, wisatawan juga dapat sejenak mengunjungi wahana permainan di Fantasy Land. Di zona ini terdapat Playground Outdoor, Waterpark dengan tema film Toy Story, berfoto di tangan gorila raksasa, dan tempat foto unik lainnya yang tentu saja kekinian.

Lalu, jika ingin menjajal adrenalin bisa juga mencoba wahana Tornado atau Horror House. Zona ini pun menyediakan tempat bagi wisatawan untuk sejenak bersantai di cafetaria dengan membeli minum atau makanan ringan.

Kontak & Lokasi Batu Secret Zoo

Kebun Binatang ini berlokasi di Jl. Raya Oro-Oro Ombo No. 9, Kota Wisata Batu, Jawa Timur, Indonesia, 65314. Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi (+62) 341 597777.

Perhatian: Harga Tiket Bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,28 / 25 pembaca