Keberadaan taman di tengah kota dapat menjadi penarik perhatian dan penghijauan bagi kota tersebut. Seperti Taman Sritanjung yang ada di Kota Banyuwangi. Dimana tidak hanya mempercantik kota, tapi juga menjadi tujuan wisata dan pelepas penat.

Nama Sritanjung sendiri berasal dari seorang wanita yang ada dalam legenda Banyuwangi. Legenda Sritanjung yang mengisahkan tentang kesetiaan seorang istri terhadap suaminya. Yang mana populer pada zaman Majapahit, dan biasanya dikisahkan dalam bentuk kidung.

Harga Tiket Masuk Taman Sritanjung

Untuk menikmati keindahan taman di tengah kota ini, pengunjung tidak perlu memikirkan biaya. Karena, objek wisata ini dapat diakses gratis tanpa biaya. Dan langsung dapat mengakses semua sisi taman.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis

Baca: Ragam Aktvitas Rekreasi di Taman Blambangan

Jam Operasional Taman Sritanjung

Selain gratis di sini juga tidak memberlakukan jam operasional. Pengunjung dapat menikmati objek wisata ini kapan pun. Bahkan di malam hari, lokasi ini dilengkapi dengan lampu yang menambah kecantikan taman.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Menikmati Keindahan Taman Sritanjung di tengah Hiruk Pikuk Kota

Air Mancur Taman Sritanjung. Foto: Gmap/Yusuf M

Taman kota ini memiliki konsep minimalis, namun begitu rindang. Selain itu, tempatnya juga nyaman dan ramah wisatawan, sehingga wisatawan betah berlama – lama. Taman rekreasi ini pun dikelola dengan baik, dan kebersihannya sangat terjaga.

Setiap mata memandang, akan ada tumbuhan hijau dan pepohonan di pinggirnya. Rerumputan pun tumbuh subur di setiap petakan taman, menyelip diantara jalan setapak. Pengunjung dapat bebas berjalan, bahkan olahraga jogging di sini dengan nyaman.

Meskipun matahari sedang terik, area taman tetap memberikan kenyamanan. Rindangnya pepohonan dan tiupan angin sepoi – sepoi dari lambaian daun berkolaborasi dengan baik. Karena nyamannya tempat ini, seolah sedang berada jauh dari perkotaan.

Dikelilingi dengan Ikon Kota Banyuwangi

air mancur taman sritanjung
Air mancur di taman pada saat malam hari. Foto: Gmap/Catur Wibawa

Taman Sritanjung berada tepat di tengah perkotaan. Inilah mengapa objek wisata ini juga menjadi ikon kebanggaan Banyuwangi. Selain itu, di sini juga dikelilingi oleh tempat – tempat ikonik di Banyuwangi.

Di sisi utara, terdapat Pendopo Kabupaten Banyuwangi, Sabha Swagata Blambangan. Yang mana menjadi kantor serta tempat tinggal bupati Banyuwangi. Di sisi timur, terdapat Mall Sritanjung, namun kini sudah tidak beroperasi lagi.

Bagian barat, berdiri Masjid Agung Baiturrahman yang kokoh dan indah dengan warna birunya. Sementara di sebelah selatan, terdapat Pasar Banyuwangi. Pasar Banyuwangi juga menjadi penghubung Taman ini dengan Taman Blambangan.

Air Mancur yang Menambah Kesejukan Taman

Air Mancur di Tengah Taman Sritanjung. Foto: Gmap/Penjual Paesan

Di tengah taman, terdapat air mancur yang tinggi memancarkan air. Air mancur ini begitu cantik dengan didampingi deretan pohon cemara yang asri. Keberadaan air mancur ini menambah kesegaran dan kesejukan Taman Sritanjung.

Di sebelah air mancur terdapat sebuah amphitheater mini. Yang menjadi tempat pertunjukan ketika ada acara di taman ini. Pengunjung pun dapat berkumpul dan bermain akustik di panggung.

Menikmati Kuliner di Tengah Taman

Di Taman Sritanjung memang tidak terdapat pedagang asongan atau pedagang liar. Tapi pengunjung tidak perlu khawatir, karena objek wisata ini menyediakan area kuliner. Di pinggir taman, terdapat jajaran warung makan yang tertata dengan rapi.

Area kuliner ini sangat bersih dan rapi. Menyediakan menu dari makanan berat hingga makanan ringan. Dengan bersihnya tempat, tentu membuat pengunjung nyaman mencicipi kuliner di sini.

Yang terpenting, di area kuliner ini pengunjung tidak perlu khawatir dengan harga. Karena diatur oleh pemerintah, sehingga harga yang diberlakukan pun dalam standar normal. Penjual tidak akan memberikan harga yang terlampau tinggi kepada pembeli.

Berkeliling Taman dengan Kendaraan Mini

Pengunjung juga dapat menikmati Taman Sritanjung dengan wahana permainan yang disediakan. Untuk anak – anak, terdapat motor mini dengan tenaga baterai. Anak – anak tentu akan senang dengan permainan ini, berkeliling menikmati taman.

Ada juga sepeda kayuh yang dapat dinikmati bersama – sama. Sepeda kayuh ini dapat memuat banyak orang, karena wahananya yang berbentuk kereta.

Fasilitas Taman Sritanjung

Selain indah, Taman rekreasi ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang nyaman. Ada bangku taman, toilet, hingga wifi. Selain itu, disediakan tempat sampah di beberapa tempat supaya pengunjung pun dapat menjaga kebersihan.

Lokasi Taman Sritanjung

Objek wisata ini berada di Jalan Sritanjung, Temenggungan, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi.