Kota Banyuwangi semakin indah dengan adanya taman hijau di pusat kota. Selain Taman Sritanjung, ada lagi satu taman indah lainnya, yaitu Taman Blambangan Banyuwangi. Lokasi taman rekreasi pun tak jauh dari Taman Sritanjung yang masih berada di Pusat Kota.

Lokasi yang strategis ini sehingga memudahkan akses dan menjadi tujuan masyarakat melepas penat. Meskipun berdekatan, tentunya ada keunikan tersendiri di taman kota yang satu ini.

Harga Tiket Masuk Taman Blambangan

Taman kota ini merupakan rekreasi yang murah meriah. Betapa tidak, untuk menikmati objek wisata di tengah kota ini tidak memerlukan biaya mahal. Karena pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk objek wisata.

Harga Tiket Masuk Taman Blambangan
Tiket MasukGratis

Baca: Taman Safari Prigen Tiket & Wahana

Jam Buka Taman Blambangan

Selayaknya lapangan terbuka, Taman ini pun dapat menjadi tujuan hiburan kapan saja. Karena, objek wisata ini dapat diakses setiap hari selama 24 jam. Namun tentunya, atraksi atau keramaian hanya ada di jam – jam tertentu saja.

Jam Operasional
Jam Operasional24 jam

Taman Blambangan sebagai Ikon Kota Banyuwangi

area joging taman blambangan
Jalan setapak dan area jogging Taman Blambangan. Foto: Gmap/Miftahul Ulum23

Tanah Blambangan adalah sebutan lain untuk Kota Banyuwangi. Tak heran, jika taman yang menjadi ikon kebanggaan kota ini pun diberi nama Taman Blambangan. Taman kota ini merupakan lapangan hijau nan luas dan dikelilingi pepohonan.

Sebelumnya, Taman rekreasi ini bernama Lapangan Tegaloji, karena dikelilingi oleh bangunan kolonial Belanda. Namun lambat laun, bangunan tersebut beralih fungsi menjadi bangunan lain. Sehingga lingkungan taman tampak memiliki ciri khas berupa bangunan kuno yang unik.

Baca: Malang Night Paradise Tiket & Wahana

Di pinggir area taman, terdapat tulisan besar bertuliskan “Taman Blambangan”, berwarna putih. Tanpa bertanya pun, pengunjung akan mengetahui bahwa tempat ini merupakan taman kota yang dimaksud. Selain itu, tidak sedikit pula turis yang berfoto di ikon tersebut.

Berolahraga di Area Taman

lapangan basket
Lapangan terbuka dan beberapa fasilitas olahraga juga ada di taman ini. Foto: Gmap/BAGUS WAHYU JATMIKO

Taman Blambangan merupakan tanah lapang luas yang berbentuk melingkar. Rumput hijau nan segar memenuhi areanya, yang membuatnya tampak sejuk. Apalagi, di sekelilingnya juga terdapat pepohonan sebagai peneduh di kala siang.

Di sekeliling Taman, terdapat area jogging track. Pengunjung dapat olahraga jogging di sini atau berjalan sambil menikmati pemandangan kota. Tak sedikit juga masyarakat sekitar yang datang di sore hari untuk berolahraga.

Selain jogging, pengunjung juga dapat melakukan olahraga lain. Di sini telah disediakan lapangan olahraga, mulai dari lapangan basket, voli, hingga arena skateboard. Pengunjung pun dapat memanfaatkan area taman sebagai tempat untuk berkumpul bersama teman.

Pusat Pertunjukan Seni dan Festival

area pertunjukan seni di taman blambangan banyuwangi
Gesibu yang sering digunakan sebagai tempat dilangsungkannya berbagai kegiatan festival seni. Foto: Gmap/yel rocks

Bagian barat taman terdapat Gesibu, yang mana menjadi pusat dari Taman Blambangan ini. Gesibu ditandai dengan gapura putih yang tinggi. Dan menjadi background dari setiap acara yang digelar.

Setiap malam Minggu, digelar acara tari yang dibawakan oleh penari asal Banyuwangi. Selain itu, konser musik dan festival besar daerah juga sering diadakan di Gesibu. Panggung semakin semarak dengan sorotan lampu berwarna – warni yang melawan gelap malam.

Tidak hanya di malam hari, siang hari pun sering diadakan acara besar. Misalnya upacara hari besar yang dihadiri oleh para petinggi daerah. Bahkan, kampanye politik pun juga dilakukan di sini.

Pagelaran Banyuwangi Art Week

Pada bulan April tahun 2019 lalu, telah usai digelar pagelaran bernama Banyuwangi Art Week. Lokasinya berada di Taman Blambangan, karena dinilai luas dan mampu menampung banyak orang. Di acara ini, berbagai macam produk kesenian ditampilkan.

Mulai dari kerajinan tangan, tarian, lukisan, hingga makanan khas Banyuwangi disajikan. Pengunjung selain dapat berekreasi juga dapat menikmati festival ini.

Menikmati Kuliner Khas Banyuwangi

jejeran warung wisata kuliner taman bambangan
Berbagai menu makanan khas Banyuwangi bisa dicoba di sekitar area taman. Foto: Google Maps/ Shifa F

Menikmati pemandangan kota sambil duduk di rerumputan memang menjadi hal yang menyenangkan. Melepas penat sembari beristirahat. Dan lebih enak jika sambil menyantap makanan.

Makanan khas Banyuwangi seperti rujak soto dan nasi tempong, menjadi kuliner yang wajib dicoba. Jajaran penjual di sekitar Taman Blambangan memudahkan pengunjung untuk memilih kuliner yang diinginkan. Jajanan ringan juga ada di sekitar sini, untuk sekedar mengganjal perut.

Lokasi Taman Blambangan Banyuwangi

Taman kota banyuwangi ini berada di Jalan Diponegoro No.2, Kepatihan, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi. Lokasi ini dapat dijangkau dengan mudah karena berada di tengah kota.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.