7 Cafe di Madiun Pilihan Nongkrong Akhir Pekan

Sudah punya acara untuk weekend besok? Paling seru menghabiskan Akhir pekan bersama teman-teman di cafe yang unik di kota Madiun. Berikut rekomendasi 7 cafe unik di Madiun cocok untuk menghabiskan akhir pekan:

1. Waroeng Latte

Suasana cozy di Waroeng Latte
Salah satu sudut yang instagramable di Waroeng Latte https://www.instagram.com/waroenglatte/

Cafe Waroeng Latte menyediakan 2 area yaitu indoor dan outdoor. Area indoor berisi meja dan kursi berisi 4 orang, dan letaknya saling berjarak. Terdapat satu jendela kaca yang besar di bagian depan, yang memungkinkan pengunjung dapat melihat pemandangan ke jalan. Cahaya juga bebas masuk memberikan kesan yang terang dan lapang. Sedangkan di area semi outdoor, sebagian masih tertutup dengan kanopi yang melindungi dari sinar matahari.

Cafe yang berlokasi di Jalan Cokroaminoto, Madiun ini menyediakan menu populer khas nusantara. Beberapa yang favorit misalnya Bakmi Godog Jawa, Bakmi Goreng Jawa, dan Crispy Chicken Steak. Bagi penyuka nasi goreng, cafe ini memilih banyak varian mulai dari Nasi Goreng Ikan Asin, Nasi Goreng Jamur, Nasi Goreng Pete, Nasi Goreng Ati, dan Nasi Goreng Spesial Waroeng Latte.

Sedangkan untuk teman nongkrong, bisa memesan menu makanan ringan antara lain Siomay Bandung dan Tempe Mendoan. Jangan lewatkan juga yang segar dan kecut pedas, yakni Asinan Sayur Betawa dan Asinan Buah Bogor.

Baca: Alun-alun Kota Madiun Wisata Hemat Penuh Pesona

2. Cafe Setasiyun Kawak Madium

Yang jadul di Setasiyun Kawak
Nuansa jadul di Setasiyun Kawak www.googlemaps.com/wenyjunita

Memang tepat menghabiskan waktu akhir pekan di Cafe Setasiyun Kawak. Ruangannya luas dengan susunan meja dan kursinya berjarak sehingga terasa lega. Mengusung konsep vintage yang pastinya instagramable. Furnitur dan pernak-pernik di dalam cafe merupakan koleksi barang jadul milik pribadi sang empunya cafe. Tagar-nya saja #cangkrukklasikasik yang berarti nongkrong asik di tempat vintage. Dalam bahasa Jawa, cangkruk berarti nongkrong.

Sesuai dengan konsepnya yang mengangkat tema jaman dulu. Makanan dan minuman yang tersedia juga terasa sedikit jadul dan tradisional. Ada aneka gorengan mulai dari Pisang Goreng hingga Tempe Mendoan. Ada juga menu sejuta umat Nasi Goreng dan Bakmi Goreng. Minumannya juga memiliki konsep tradisional, yakni minuman rempah seperti Wedang Jahe dan Es Kunyit Asem.

Baca: Watu Rumpuk Tiket & Daya Tarik Wisata

3. ND Cafe

Cari suasana yang romantis? Ke ND Cafe aja
Suasana ND Cafe yang romantis https://www.instagram.com/ndcafe/

Cafe ini cukup populer di kota Madiun karena berada satu lokasi dengan Hotel Aston di Jalan Mayjend Sungkono. Bisa ditebak ya, kalau menjadi bagian dari hotel, pasti pelayanannya oke, makanannya enak, dan punya lahan parkir yang luas. Tidak hanya itu, buat para perokok tersedia ruangan khusus agar tidak mengganggu kenyamanan tamu lain.

Weekend ini coba mampir dan cicipi menu spesialnya yaitu Pizza ND. Pizza ND ini memiliki dasaran roti yang tipis sehingga lebih renyah dan tidak membuat enek. Pilihan topping-nya juga beragam dan memakai bahan yang premium. Mulai dari beef, tuna, udang, hingga jamur dan aneka keju. Tidak hanya itu, setiap hari cafe ini menyediakan sup spesial ND yang setiap hari memiliki tema yang berbeda, sebagai teman makan siang.

4. SEA Cafe Madiun

SEA Cafe yang sudah estetik dari pintu masuknya
Dari pintu masuknya SEA Cafe sudah terlihat estetik https://www.instagram.com/sea_coff/

Weekend ini lagi ingin nongkrong bareng teman-teman? Yuk, mampir ke SEA Cafe yang berlokasi di Jalan Kartini, Madiun. Cafe ini punya memiliki area yang cantik banget buat berfoto ria. Menempati sebuah rumah tua namun terawat dengan baik. Sudut-sudut di dalam cafe ini memiliki konsep vintage dan etnik. Banyak ornamen unik dan tradisional yang terpasang di dinding, di atas tangga, sampai di pintu dan jendela.

Menu makanan dan minumannya yang tersedia juga lengkap. Bagi penyuka ayam bisa memesan Grilled Chicken Salad, Chicken Cream Soup atau Nasi Ayam Bakar Original. Sedangkan untuk side dish-nya tersedia French Fries, Tahu Tuna, Cireng dan Casava. Sementara untuk menu minuman bisa memilih yang segar-segar seperti berbagai varian Lemonade Soda. Atau berbagai menu Kopi seperti Mockpresso, Latte Vanila, Moccha, dll.

5. INI Cafe Madiun

Wajib coba Rice Box spesial dari INI Cafe
Aneka Rice Box spesial dari INI Cafe https://www.instagram.com/inicafe_madiun/

Kalau ingin suasana yang berbeda di akhir pekan ini, INI cafe bisa menjadi pilihan. Cafe ini memiliki konsep raw design, yang artinya tidak menggunakan finishing agar lebih tampak alami. Susunan tempat duduknya tertata dengan gaya mezanine atau bertingkat, dan membentuk setengah lingkaran. Ada juga kolam ikan koi tepat di tengah area ruang terbuka. Pengunjung serasa sedang berada di stadion, menikmati hidangan sambil menonton ikan koi di bawahnya.

Kemudian untuk pilihan makanannya, pengunjung dapat memesan menu spesial misalnya Char Siu Kwetiaw, Cap Cai, dan Nasi Dori Telur Asin. Sementara kalau suka yang pedas-pedas, bisa memasan Paket Penyetan Ber-5 yang porsinya cukup besar. Sedangkan yang terbaru, INI cafe menjual aneka rice box dengan topping beraneka macam. Jumlahnya hingga 10 macam, mulai dari ayam, ikan, hingga seafood. Untuk menu ini bisa disantap di tempat atau dibawa pulang.

6. Warunk WOW KWB

Ada rooftop juga di Warunk WOW KWB
Rooftop di Warunk WOW KWB untuk menghabiskan senja https://www.instagram.com/warunkwowkwb_mad/

Cafe Warunk WOW KWB menyediakan area makan indoor dan outdoor. Di bagian dalam, meja dan kursi tertata cukup berjauhan sehingga terasa lebih lega. Sedangkan di bagian luar, lebih terbuka dan di lantai dua tersedia rooftop. Rooftop menjadi tempat yang wajib sebagai spot foto ketika sore hari. Kalau langit cerah, sambil makan bisa menikmati matahari terbenam.

Membidik pasar anak muda Madiun, cafe ini menyediakan menu yang kekinian seperti Rice bowl, Roti Bakar, dan Indomie. Salah satu menu favoritnya yaitu Indomie Ayam Geprek, Nasi Dori Sambal Dabu-dabu, Nasi Iga Penyet, dan Nasi Udang Mayo. Sedangkan untuk camilan jangan lewatkan roti bakar spesial Ultimate Rotkar Croutons. Tersaji dengan topping keju, pisang, dan kacang yang melimpah.

7. 1960 Cafe & Carwash

suasana di dalam ruangan 1960 cafe carwash
suasana di dalam ruangan 1960 cafe carwash. Foto: Google Maps/rozi fachrul

Weekend biasanya menjadi waktu untuk bersih-bersih, termasuk mencuci mobil. Jika ini memang waktunya mencuci mobil, mampir sekalian ke 1960 Cafe yang berlokasi di Jalan S Parman, Madiun. Sementara mobil dicuci, pengunjung bisa menunggu sambil menikmati hidangan dan suasana cafe.

Beberapa menu makanan ringan yang bisa dipesan sambil menunggu adalah Onion Ring atau French Fries. Tapi kalau mau makanan yang lebih berat bisa memesan Nasi Goreng Kambing atau Chicken Blackpepper. Untuk minuman, coba pesan menu favorit Litchi Groen atau Berry Cream Cheese.

Bagi yang harus mengajak anak-anak tidak akan menjadi masalah. Cafe ini memberikan tempat yang nyaman buat keluarga juga kok. Tersedia kursi anak-anak, dan beberapa menu pasti disukai anak-anak, seperti aneka Smoothies dan Mie Goreng.

Bagikan konten ke: