7 Pilihan Restoran Seafood Enak di Surabaya

Selain makanan serba pedas, di Surabaya juga banyak memiliki restoran seafood yang populer dan jadi legendaris. Mulai dari kaki lima hingga restoran bintang lima semua bisa dipilih sesuai selera. Agar tidak salah pilih, berikut 7 rekomendasi restoran seafood yang populer di Surabaya:

1. Layar Seafood & Ikan Bakar Surabaya

Restoran Layar Seafood dengan taman di bagian belakangnya
Restoran Layar Seafood dengan taman di bagian belakangnya. Foto: Googlemaps/Nicocerahati

Restoran seafood yang satu ini berlokasi di Jalan KH Abdul Wahab Siamin, Surabaya. Menempati sebuah gedung yang cukup luas, dengan lahan parkir yang memadai untuk sepeda motor maupun mobil. Di bagian dalam, konsepnya serba terbuka dengan taman di bagian belakang restoran. Karena terbuka, restoran ini tidak menggunakan pendingin ruangan, hanya kipas angin untuk membantu sirkulasi udara. Meja-meja panjang untuk rombongan tersedia di sisi sebelah barat, yang sebelumnya harus direservasi.

Untuk pilihan seafood-nya memiliki menu yang cukup lengkap. Yang istimewa, pengunjung dapat memilih terlebih dahulu ikan hidup yang mau dimasak di akuarium yang tersedia. Beberapa menu favorit adalah Kepiting Telor Asin, Ikan Kerapu Steam, Cumi Goreng Tepung, dan Ikan Kudu-Kudu Saus Mentega. Tersedia juga menu non seafood seperti Bakmi Goreng Sapi, Ayam Goreng Mentega, dan Capcay Goreng. Sedangkan untuk minuman segar dan spesial yaitu Es Campur Layar dan Rujak Manis Layar.

Baca: 7 Rekomendasi Restoran Steak Favorit di Surabaya

2. Artomoro Seafood Surabaya

Artomoto Seafood di Jalan HR Muhammad, Surabaya
Artomoto Seafood di Jalan HR Muhammad, Surabaya. Foto: Googlemaps/Nadyarizqyamalia

Restoran ini menempati sebuah garasi rumah di Jalan HR Muhammad, Surabaya. Tempatnya tidak terlalu luas namun cukup nyaman karena sirkulasi udara yang baik. Di bagian depan pintu terbuka lebar sehingga angin dan cahaya bebas masuk. Meski tidak menggunakan pendingin ruangan, namun pengunjung tidak boleh merokok agar tidak mengganggu pengunjung yang lainnya.

Restoran ini memiliki menu seafood yang cukup lengkap, seperti kerang, udang, ikan, kepiting, dan cumi. Yang membedakan hanya sausnya , seperti Asam Manis, Saus Tiram, Mentega, Rica-Rica, atau Sambal Penyet. Beberapa pengunjung juga menyukai cara masak direbus saja atau digoreng tepung. Untuk pelengkap sayurnya ada Cah Kangkung, Cah Tauge, dan Cah Kailan. Sedangkan minumannya ada Es Jeruk, Es Teh, Es Degan, dan Es Lemon Tea.

Baca: 7 Cafe Unik dan Populer di Surabaya

3. Sari Laut Kapasan

Kepiting Rebus andalan Sari Laut Kapasan
Kepiting Rebus andalan Sari Laut Kapasan. Foto: Googlemaps/Junuswidya

Berkunjung ke restoran seafood ini mengingatkan pada restoran-restoran di masa lalu. Restoran legendaris ini memang sengaja mempertahankan gaya lamanya, termasuk rasa masakannya yang lezat. Meja-meja panjang berwarna putih berada di tengah. Meja-meja yang lebih kecil ditata di sisi kiri dan kanannya. Kursi-kursi besi ala warung juga masih dipakai dan terawat dengan baik. Restoran ini tidak menggunakan pendingin ruangan, namun karena sirkulasi udaranya baik sehingga pengunjung tidak merasa sumpek atau kepanasan.

Berlokasi di Jalan Kapasan, Surabaya, restoran ini menyajikan kepiting, ikan dorang, udang, cumi, ikan gurami, dan kerang. Pengunjung dapat memilih cara masaknya seperti digoreng, dibakar, atau direbus. Pilihan bumbunya juga lengkap misalnya Asam Manis, Mentega, Kecap, atau Saus Padang. Sementara untuk minumannya tersedia Es Jeruk, Es Teh, Es Sinom, dan Es Sari Kedelai.

Baca: 7 Rekomendasi Restoran Populer Di Surabaya

4. Sea Monster Seafood Surabaya

Ruangan khusus akuarium di Sea Monster
Ruangan khusus akuarium di Sea Monster.Foto: Googlemaps/Andrepiere

Yang unik dari restoran ini adalah pengunjung bebas memilih ikan atau makanan laut yang masih hidup. Satu ruangan khusus untuk menampung makanan laut di dalam akuarium-akuarium yang tersusun rapi. Setelah memesan dan membayar, pengunjung menuju ruang makan dengan dominasi bahan kayu dan lantai berupa parket. Di setiap dinding terdapat cermin besar yang memberikan efek lebih luas di ruangan yang tidak terlalu besar.

Berlokasi di Jalan Jawa, Surabaya, restoran ini menyajikan menu spesial seperti Udang Rebus, Kepiting Asap ala Monsters, Ikan Goreng Monsters, dan Cumi Bakar Monsters. Ada juga menu non seafood seperti Ayam Kampung Goreng, Daging Sapi ala Jepang, dan Ifumie Jamur. Kemudian untuk minumannya tersedia aneka teh seperti Strawberry Tea, Grand Apple Tea, Lychee Tea, dan Teh Tarik.

5. Indragiri Seafood & Resto

Bagian dalam Indragiri Restoram
Bagian dalam Indragiri Restoram. Foto: Googlemaps/Fokusdisain

Makan di restoran ini memang terasa mewah. Ruangannya luas dengan desain dan dekorasi yang klasik. Meja dan kursi dari kayu jati membuat suasana terasa lebih mewah. Lampu-lampu gantung terbuat dari kristal semakin menegaskan kesan mewah di restoran ini. Di malam hari, lampu menyala dengan warna kuning yang temaram, membuat suasana menjadi semakin romantis.

Restoran yang berlokasi di Jalan Indragiri, Surabaya ini menyajikan menu seafood seperti Kepiting Soka Telur Asin, Kerapu Bakar Kecap, Udang Saus Mentega, dan Kerang Dara Saus Padang. Sedangkan untuk menu non seafood juga ada seperti Mie Goreng Jawa, Brengkesan Tahu Tempe, Ayam Penyet, dan Soto Daging. Untuk minumannya tersedia yang spesial di restoran ini yaitu Es Kopi Lemon, Es Tape Soda, Es Legen, dan Es Tebu.

6. Kepiting Cak Gundul 1992

Beragam menu favorit di Kepiting Cak Gundul 1992
Beragam menu favorit di Kepiting Cak Gundul 1992. Foto: Googlemaps/Kevint

Sesuai namanya, restoran ini sudah berdiri sejak tahun 1992 di Pandaan. Restoran di Jalan Raya Kupang Indah, Surabaya ini merupakan cabang keduanya. Menempati sebuah ruko berlantai dua, lantai satu merupakan ruang makan untuk pengunjung yang merokok. Sedangkan lantai dua bebas dari rokok dan menggunakan pendingin ruangan. Yang unik, dapur berada di bagian depan sehingga pengunjung dapat menyaksikan proses memasak pesanan mereka.

Beberapa menu favorit di sini adalah Kepiting Asam Manis Pedas, Kerang Rebus, Ikan Dorang Bakar, Kare Kepiting, dan Kepiting Mentega. Ada juga menu pelengkapnya seperti Cah Tauge, aneka sambal, serta Tahu, Tempe, Terong, Pete Goreng. Untuk minumannya ada Es Jeruk, Es Teh. dan Es Degan Kelapa Muda.

7. Seafood Factory Surabaya

Suasana garasi di Seafood Factory
Suasana garasi di Seafood Factory. Foto: Googlemaps/Sriyayuninglasari

Kalau restoran seafood yang satu ini populer di kalangan anak muda dan mahasiswa di Surabaya. Selain karena harganya yang terjangkau, lokasinya juga dekat dengan kampus Untag dan tersedia wifi gratis. Yang unik, restoran ini menempati sebuah garasi yang luas. Meja dan kursi dari kayu tertata rapi, yang masing-masing bisa menampung hingga enam orang. Tidak ada pendingin ruangan, hanya kipas angin di langit-langit. Namun karena sirkulasi udara yang baik, pengunjung tidak merasa sumpek ataupun kepanasan.

Berlokasi di Jalan Manyar Jaya, Surabaya, restoran ini menyajikan menu paket yang ekonomis. Pengunjung dapat memilih antara Mix Seafood untuk 2 orang atau 4 orang, atau Seafood Party yang bisa untuk 10 orang. Isiannya standar dengan Udang, Kerang, Kepiting, Cumi, Lobster, nasi putih, dan Es Teh. Untuk minumannya ada juga kemasan pitcher yang lebih ekonomis seperti Es Teh, Iced Lemon Tea, dan Orange Squash.

Bagikan Konten ke: