Besok Imlek, KRL Tetap Beroperasi Secara Normal

Tahun baru China atau Hari Raya Imlek akan jatuh pada tanggal 1 Februari, hari Selasa pekan ini. Walaupun hari libur tiba, namun KRL akan tetap beroperasi seperti biasanya. KAI Commuter memastikan bahwa saat libur Tahun Baru Imlek, KRL akan tetap melayani pengguna secara normal seperti hari biasa. Tentunya KAI akan beroperasi secara normal sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada masa pandemi COVID-19.

KAI Commuter akan tetap mengoperasikan sebanyak 1.005 perjalanan KRL Jabodetabek per harinya, dengan jam operasional pukul 04.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. “Semua aturan dan juga protokol kesehatan juga tetap wajib untuk diikuti oleh semua pengguna“ kata Anne Purba selaku VP Corporate Secretary KAI Commuter.

Anne menjelaskan bahwa penumpang KRL yang ingin memasuki area stasiun wajib untuk menunjukkan sertifikat vaksin, menggunakan masker ganda, serta mengikuti cek suhu tubuh. Selain itu, pihak dari KAI juga menghimbau bahwa penumpang bisa mencuci tangan sebelum dan juga sesudah naik KRL.

Baca: Pecinan Glodok Kian Meriah Menjelang Imlek

Pihak stasiun telah menyediakan wastafel tambahan yang tersedia di seluruh stasiun, yang dapat dimanfaatkan oleh para penumpang.

Pihak dari KAI memastikan bahwa petugas akan memaksimalkan upaya jaga jarak aman sesama pengguna. Dengan melakukan sistem antrean penyekatan jika diperlukan, terutama saat jam-jam sibuk. “Para pengguna juga diminta untuk mengikuti marka yang sudah disediakan di stasiun dan kereta untuk posisi duduk maupun berdiri“ ucap Anne.

Meskipun tetap beroperasi secara normal di hari libur Imlek ini. KAI Commuter tetap menghimbau pengguna untuk memaksimalkan aktivitas dari rumah. Sesuai dengan anjuran pemerintah di tengah naiknya kasus COVID-19 dalam beberapa minggu terakhir ini.

Sedangkan untuk para pengguna yang masih harus beraktivitas, dapat memanfaatkan KRL. Baik pada akhir pekan ini atau saat libur Imlek pada Selasa mendatang. Untuk kembali ke wilayah tempatnya beraktivitas.

“Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan, mengingat kan biasanya hari Senin atau hari pertama kerja usai libur selalu mencatat volume pengguna KRL tertinggi dalam tiap pekan“ tambah Anne.

Menurut catatan dari KAI Commuter. Volume pengguna KRL di hari kerja pekan keempat Januari kembali menunjukkan tren turun. Jika dibandingkan dengan pekan yang sebelumnya. Anne mengatakan bahwa sepanjang hari kerja pekan lalu tercatat rata-rata KRL Jabodetabek sudah melayani 478.544 pengguna per hari. Atau turun sekitar 4,1 persen dibandingkan pekan ketiga yang rata-ratanya mencapai 499.100 pengguna tiap harinya.

Kabar baik bagi pengguna KAI Commuter karena walaupun Libur Hari Raya Imlek, KRL akan tetap beroperasi secara normal. Namun tetap perlu memperhatikan dan mematuhi protokol kesehatan dan social distancing. Mengingat bahwa kasus COVID-19 kembali naik di beberapa kawasan di Indonesia.

Bagikan konten ke: