Ini Harta Karun Laut Indonesia, Raksasa di Bidang Maritim

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa Indonesia memiliki kekayaan di bidang maritim. Dunia pun sudah mengakui, Indonesia memang memiliki potensi sumber daya hayati kelautan yang sangat luar biasa. Tak banyak dari negara lain yang memiliki fisik laut yang begitu besar. Oleh karena itu Indonesia harus bangga dan bisa mengolah apa yang ada dengan baik.

Muhammad Ilman, selaku direktur Bidang Kelautan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) mengatakan jika Indonesia merupakan raksasa di bidang kelautan. Ada banyak hal yang menjadi bukti bahwa Indonesia memang kaya akan sumber daya hayati lautnya yang luas.

Harta Karun Martim

“Laut saja kita punya 6,4 juta Km persegi. Kalau kita pakai istilah ada batas zona ekonomi. Ini kesepakatan internasional yang memberikan wewenang kepada suatu negara untuk mengelola laut. Kalau kita pakai ini luas laut kita sampai 6,4 juta Km persegi“ ucap Ilman.

Baca: PULAU BANYAK Wisata Bahari Lengkap di Aceh Singkil

Tak sampai di situ saja, Indonesia juga memiliki sekitar 28,4 juta hektar Kawasan Konservasi Perairan secara keseluruhan. Indonesia juga terkenal sebagai negara yang memiliki hutan Mangrove dan rumput laut terluas di dunia. “Nah ini yang disampaikan sebagai sebuah negara raksasa ada satu ekosistem yang namanya ekosistem Mangrove. Ekosistem Mangrove ini sangatlah penting“ tambah Ilman.

“Baru baru ini, ekosistem yang kita miliki dikenal sebagai salah satu ekosistem yang bisa berperan sangat besar dalam mengurangi laju perubahan iklim. Ekosistem itu merupakan ekosistem Mangrove dan sea-grass. Ternyata negara kita memiliki itu dan itu harta karun yang sangat besar“ Ilman menambahkan.

Tercatat ada kurang lebih 110 negara yang memiliki hutan Mangrove, dan ternyata seperempatnya berada di Indonesia. Sementara itu untuk terumbu karang yang ada di Indonesia sendiri totalnya mencapai lebih dari 600 spesies dengan 2000 ikan karang.

Baca: PULAU TIDUNG Tiket & Atraksi

“Mungkin bukan yang terluas, namun kalau dari segi jumlah jenis koral kita ini jadi nomor 1. Itu menyebabkan negara kita menjadi dua besar eksportir. Kalau dijumlahkan seluruh sumber daya perikanan kita tergolong dalam negara penghasil perikanan terbesar di dunia“

Jika bicara ekspor tuna, Indonesia masuk ke dalam 10 besar. Sementara untuk ekspor udang dan rumput laut, masuk ke dalam 5 besar dunia. Selain itu sebanyak 60 persen penduduk di Indonesia juga bermukim di kawasan pesisir. Serat 7 juta penduduk bekerja di bidang perikanan dan kelautan.

“Ini juga sangat penting untuk Indonesia karena sebagian besar penduduk kita itu kan tinggal di wilayah pesisir. Kalau melihat kota-kota besar kita itu ya Jakarta, Semarang, Surabaya, Makassar. Itu semua berada di pinggir pesisir, jadi menjadi sangat penting untuk kita“ Imbuh Ilman.

Baca: 7 Daya Tarik Wisata TAMAN NASIONAL KARIMUN JAWA

Dengan harapan adanya sumber hayati yang sangat besar dan raksasa ini. Pemerintah dan masyarakat bisa berkolaborasi sehingga kelautan Indonesia semakin maju ke depannya.

Bagikan konten ke: