Beranda Tiket Wisata

PULAU TIDUNG Tiket & Atraksi - Mei 2021

Pulau Tidung Harga Tiket: Rp54.000 - Rp85.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: -, Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Indonesia, .

Pulau Tidung merupakan satu di antara pulau yang jadi primadona pariwisata Kepulauan Seribu. Kawasan Tidung terdiri dari Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Pulau ini menawarkan ragam aktivitas seperti bermain water sport hingga wisata kuliner laut. Jaraknya yang dekat membuatnya layak jadi tujuan berlibur akhir pekan bagi warga ibukota.

Biaya & Tiket Pulau Tidung

Pulau ini dapat dicapai dengan transportasi laut dari Jakarta. Sedangkan biaya perjalanan tergantung jenis kapal yang dipilih. Akomodasi untuk bermalam juga tersedia dengan tipe homestay dan penginapan sederhana. Kemudian untuk tarif wahana permainan dan aktivitas rekreasi lainnya adalah sebagai berikut.

Tiket Kapal Pulau Tidung
Kapal motor dari Muara Angke /orangRp54.000
Kapal Bahari Express dari Muara Angke /orangmulai dari Rp85.000
Kapal cepat dari Pelabuhan Marina Ancol /orangRp100.000 – Rp300.000
Fasilitas dan Wahana
Penginapan /malammulai dari Rp150.000
Sewa SepedaRp20.000
Sewa Alat Snorkelingmulai dari Rp30.000
Watersport per orangmulai dari Rp35.000

Baca: 33 Tempat Wisata di Jakarta Terbaik

Jam Buka

Pulau Tidung selalu terbuka untuk wisatawan setiap hari selama 24 jam. Sangat disarankan agar menghindari weekend ketika merencanakan liburan kemari karena ramainya pengunjung. Perairan pulau ini juga akan terlihat lebih jernih ketika musim kemarau.

Jam Operasional
Setiap Hari24 jam

Eloknya Pulau Tidung Besar dan Kecil

Menyongsong sore di Pantai Saung Cemara Kasih pulau tidung
Sejumlah ayunan kayu yang menghiasi kawasan Pantai Saung Cemara Kasih – Foto: Google Maps/Verbena Lens

Pulau Tidung adalah kelurahan yang merupakan bagian dari Kabupaten Kepulauan Seribu. Kelurahan ini terdiri dari Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil yang terhubung oleh jembatan. Dengan luas setidaknya 50 Ha, Pulau Tidung Besar merupakan pulau terluas di kepulauan tersebut.

Kegiatan pariwisata berpusat di Pulau Tidung Besar, terutama di daerah selatan. Di sini, wisatawan dapat menikmati berbagai aktivitas watersport. Selain itu terdapat juga pantai-pantai yang tenang di kawasan utara. Sementara Pantai Tidung Kecil jadi lokasi berkemah dan konservasi mangrove.

Baca: PULAU PARI Tiket & Ragam Aktivitas Menarik

Pantai Saung Cemara Kasih

Kawasan wisata kepulauan ini umumnya dikelilingi oleh sejumlah pantai yang terbuka 24 jam. Namun, pantai utama yang seringkali jadi tujuan wisata adalah Pantai Saung Cemara Kasih. Sedangkan lokasinya sendiri berada di ujung barat Pulau Tidung Besar.

Daya tarik pantai ini yaitu lautnya yang tenang dan bersih. Perairan di Kepulauan Seribu memang disukai karena tenang dan dangkal. Sehingga, wisatawan dapat bermain air dengan aman dan nyaman.

Selain itu, pantai ini memiliki beberapa ayunan yang terpasang menjorok ke laut. Keberadaan ayunan ini mungkin akan sedikit mengingatkan pada suasana di Gili Trawangan. Selain menyenangkan sebagai tempat santai, ayunan ini juga sangat Instagrammable untuk jadi lokasi berfoto.

Baca: Pantai Ancol Jakarta Tiket & Ragam Aktivitas Wisata

Jembatan Cinta

Wisatawan melompat ke laut dari jembatan yang menghubungkan pulau tidung besar dan kecil
Jembatan Cinta yang menghubungkan dua pulau adalah lokasi berbagai aktivitas rekreasi menarik – Foto: Google Maps/Verbena Lens

Belum lengkap rasanya liburan di pulau ini jika tidak menyambangi Jembatan Cinta. Karena jembatan inilah yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dengan Pulau Tidung Kecil. Panjang jembatan mencapai 630 meter.

Sebelum proses renovasi, jembatan ini terbuat dari kayu sederhana. Namun saat ini Jembatan Cinta sudah lebih kokoh dengan bahan beton dan pagar besi. Sementara itu di beberapa titik, terdapat lantai kaca transparan untuk melihat laut di bawahnya.

Jembatan Cinta adalah spot favorit lainnya untuk menyaksikan matahari terbenam di kawasan Pulau ini. Bagi penyuka tantangan, jangan lewatkan sensasi melompat dari jembatan ke laut. Terdapat juga spot khusus untuk terjun ke laut dari ketinggian sekitar 3 meter.

Baca: JAKARTA AQUARIUM Tiket & 10 Atraksi Terbaik

Aneka Watersport

wisatawan menaiki salah satu wahana watersport
Kawasan Pesisir pulau yang cocok dijadikan arena bermain aneka watersport yang menantang – Foto: Google Maps/Tidung Lagoon

Lengkapi pengalaman berlibur dengan mencoba berbagai pilihan wahana watersport. Wisatawan bisa mencoba permainan umum seperti banana boat hingga yang berkelas seperti jetski. Ada juga wahana lain seperti flying fish, donut ride, dan sofa boat.

Keindahan bawah lautnya juga bisa dinikmati melalui aktivitas snorkeling. Kegiatan snorkeling di sini sangat cocok bagi semua kalangan usia. Ini karena pesisir pulau tidak terlalu dalam dan memiliki arus yang bersahabat. Jangan lupa tengok indahnya koleksi terumbu karang dengan ikan-ikan cantik di sini.

Baca: SEAWORLD ANCOL Tiket & 8 Atraksi Seru

Bersepeda dan Berkemah

Sunset dari campground
Pemandangan matahari terbenam dari campground – Foto: Google Maps/Syaiful Iman

Ingin menikmati waktu santai selama berada di pulau? Pilih kegiatan bersepeda keliling pulau. Karena dengan biaya terjangkau, wisatawan dapat menyewa sepeda dan menjelajahi setiap sudut pulau.

Sedangkan bagi yang menyukai kegiatan berkemah bisa menuju Pulau Tidung Kecil. Pulau ini merupakan kawasan konservasi mangrove yang teduh dan sejuk. Oleh karena itu pulau ini sering menjadi tempat berkemah. Suasananya lebih tenang karena jauh dari keramaian.

Baca: Pesona Hijau WISATA MANGROVE Jakarta Tiket & Aktivitas

Tidung Lagoon

Wisatawan bersiap berenang di Tidung Lagoon Resort Pulau Tidung
Salah satu akomodasi Tidung Lagoon yang berada di atas laut – Foto: Google Maps/Tidung Lagoon

Tidung Lagoon adalah salah satu resort yang terdapat di sekitar pulau. Penginapan ini jadi satu-satunya yang berada di atas laut. Resort ini menawarkan pengalaman bermalam di cottage terapung dengan teras laut. Wisatawan dapat menyaksikan sunset dan sunrise langsung dari jendela kamar atau balkon.

Berlibur di Tidung Lagoon adalah pilihan tepat bagi wisatawan yang ingin berwisata dengan nyaman. Deretan aktivitas rekreasi sudah terjadwal dengan baik. Ditambah dengan suasana cottage-nya tenang dan cocok bagi yang menginginkan privasi khusus selama berlibur di kawasan wisata ini.

Fasilitas Pulau Tidung

Fasilitas umum sudah cukup lengkap yaitu dermaga, toilet umum, hingga masjid. Beragam penginapan dan homestay juga tersedia. Sedangkan jika ingin berwisata kuliner, aneka pilihan restoran atau kafe tersebar di berbagai penjuru pulau.

Lokasi dan Cara ke Pulau Tidung

Wisata kepulauan ini berada di Kepulauan Seribu, Jakarta. Untuk menuju ke sana, wisatawan bisa memilih titik keberangkatan dari Muara Angke atau Pelabuhan Marina, Ancol, Jakarta Utara. Sedangkan waktu keberangkatan kapal mulai pukul 7 pagi setiap harinya.

Muara Angke menyediakan kapal motor dan kapal cepat Bahari Express. Kapal motor membutuhkan waktu 2-3 jam, sementara kapal cepat sekitar 1,5 jam. Sebagai tambahan jika ingin nyaman dan cepat, pilih kapal Pelabuhan Marina yang bisa mencapai pulau ini dalam waktu kurang dari 1 jam.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini