Beranda Tiket Wisata

PULAU BANYAK Wisata Bahari Lengkap di Aceh Singkil September 2021

Pulau BanyakHarga Tiket: Rp15.000 - Rp350.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: -, Pulau Banyak, Aceh Singkil, Aceh, Indonesia, -

Pulau Banyak merupakan kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil. Ibukotanya adalah Pulau Balai yang berjarak sekitar 2 hingga 4 jam perjalanan laut dari Singkil. Wilayah ini berupa kepulauan yang terdiri dari sekitar 70 berbagai ukuran.

Pesona kawasan kepulauan ini semakin mencuat di dunia pariwisata. Tidak sedikit yang menyandingkan panorama laut biru-kehijauan dan pasir putihnya dengan Maladewa. Mari intip sedikit seperti apa pesona pulau di ujung barat Indonesia ini.

Estimasi Biaya Ke Pulau Banyak

Wisatawan tidak terbeban tiket masuk untuk memasuki kawasan Pulau Banyak. Biaya transportasi, penginapan, dan rekreasi adalah hal yang perlu diperhatikan di sini. Ada banyak pilihan dengan kisaran harga yang masih terjangkau oleh berbagai kalangan.

Biaya Transportasi
Tiket Travel dari Medanmulai dari Rp120.000/orang
Tiket Pesawat dari Medanmulai dari Rp390.000/orang
Tiket Bus dari Banda Acehmulai dari Rp220.000/orang
Tiket Pesawat dari Banda Acehmulai dari Rp980.000/orang
Kapal Ferrymulai dari Rp27.000/orang
Tiket Kapal Ferry – MotorRp33.000/unit
Tiket Kapal Ferry – MobilRp300.000/unit
Kapal NelayanRp30.000 – Rp50.000/orang
Sewa Speed Boatmulai dari Rp1.700.000
Biaya Rekreasi
Sewa Kapal (min. 8 orang)Rp100.000/orang
Sewa Speed Boatmulai dari Rp350.000
Sewa SepedaRp15.000/jam
Sewa Alat Snorkelingmulai dari Rp40.000/set
Penginapanmulai dari Rp300.000/malam

Baca Juga: Tempat Wisata Pilihan di Aceh Singkil

Jam Keberangkatan Ferry

Wilayah kepulauan ini terbuka untuk umum selama 24 jam. Waktu terbaik untuk berwisata kemari adalah sekitar bulan April hingga Oktober. Wisatawan harus memperhatikan jadwal penyeberangan kapal ke Pulau Banyak setiap harinya.

Jam Keberangkatan
Kapal Ferry
Pelabuhan Singkil – Pelabuhan BalaiSelasa 10.00 WIB & Jumat 14.00 WIB
Pelabuhan Balai – Pelabuhan SingkilRabu & Minggu 14.00 WIB
Kapal Nelayan
Singkil – Pulau BalaiSetiap Hari sekitar pukul 14.00 WIB
Pulau Balai – SingkilSetiap Hari sekitar pukul 10.00 WIB

Pesona Pulau Banyak

Indonesia memang kaya akan destinasi wisata alam, terutama bahari. Tidak terhitung banyaknya tempat wisata yang tersebar dari barat hingga timur. Raja Ampat adalah primadona wisata bahari di Indonesia bagian timur. Sementara di barat, terdapat Pulau Banyak.

Pulau ini adalah nama kepulauan sekaligus kecamatan yang menjadi bagian dari Kabupaten Aceh Singkil. Kawasan ini populer hingga ke kalangan turis mancanegara sebagai tujuan wisata tropis. Wisata bahari tentu saja jadi rekreasi andalan.

Pesona pantai dan lautnya membuat banyak orang terpikat. Terlebih, kawasan ini belum seramai Raja Ampat. Sehingga, kecantikan alamnya masih sangat alami dan terjaga.

Perjalanan ke Pulau Banyak

Kapal ferry ke pulau banyak
Pilihan transportasi antara lain kapal ferry dan kapal nelayan – Foto: Google Maps/Andi Irawan

Jika ingin mendapatkan harta, tentu perlu usaha. Begitu juga yang berlaku pada wisatawan yang ingin mengunjungi kawasan kepulauan ini. Butuh perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan untuk bisa sampai kemari.

Dari manapun wisatawan berasal, tujuan utamanya adalah Kabupaten Aceh Singkil. Wisatawan bisa memilih menyeberang dengan kapal nelayan atau kapal ferry. Kapal nelayan berangkat dari dekat Jembatan Tinggi Pulau Sarok. Sementara kapal ferry berangkat dari Pelabuhan Singkil.

Setelah perjalanan kurang-lebih 4 jam, wisatawan akan tiba di Pelabuhan Balai. Pelabuhan ini berada di Desa Pulau Balai yang merupakan ibukota Kecamatan. Di sini, wisatawan bisa dengan mudah menjumpai penginapan, restoran, dan fasilitas lainnya. Selain Pulau Balai, wisatawan juga bisa menemukan fasilitas serupa di Pulau Panjang.

Rekreasi di kawasan kepulauan ini tidak cukup dilakukan di satu pulau saja. Ada puluhan spot wisata alam yang tersebar di lebih dari 70 pulaunya. Beragam kegiatan mulai dari berenang hingga eksplorasi alam bisa dicoba di sini.

Island Hopping

Panorama laut dan kepulauan
Panorama laut biru kehijauan di kawasan kepulauan banyak

Dengan jumlah pulaunya yang banyak, sayang rasanya jika tidak melakukan sedikit eksplorasi di sini. ‘Island hopping’ adalah istilah yang digunakan untuk bepergian dari satu pulau ke pulau lain. Maka kawasan wisata ini merupakan lokasi yang tepat untuk melakukan island hopping.

Wisatawan dapat menyewa kapal dengan pengemudi untuk bepergian ke pulau-pulau yang diinginkan. Bisa juga menggunakan speed boat jika ingin waktu tempuh yang lebih singkat. Jarak antarpulau sebagian besar hanya 1 jam waktu tempuh. Namun, ini tergantung kondisi cuaca di sekitar pulau.

Mayoritas pulau merupakan pulau kecil yang bisa tenggelam karena arus pasang laut. Ada juga pulau yang hilang atau baru muncul sebagai dampak dari bencana alam seperti tsunami. Pulau-pulau ini tidak berpenghuni dan menyajikan pesona alam yang masih ‘perawan’.

Wisatawan bisa menghabiskan waktu dengan berenang di pantainya tanpa gangguan banyak orang. Sehingga sangat cocok untuk yang mencari suasana tenang sebagai pelarian dari rasa penat. Namun, wisatawan tidak bisa berlama-lama karena setiap pulau belum tentu memiliki fasilitas pendukung yang memadai.

Pesona Pantai

Panorama sunset
Pemandangan sunset di Pulau Panjang – Foto: Google Maps/Heru Giribangkit

Daya tarik utama kawasan kepulauan ini terletak di kecantikan pantainya. Pulau Banyak menawarkan keindahan pantai yang memang pantas bersanding dengan Maladewa di Samudera Hindia. Kawasan wisata ini terdapat sejumlah pantai berpasir putih bersih nan lembut. Ditambah dengan lautnya biru-kehijauan dan sangat jernih. Tak heran dasarnya bisa terlihat dengan mata telanjang.

Selain berenang atau bersantai, wisatawan dapat mencoba berbagai water sport. Ombaknya yang cantik membuatnya jadi incaran turis penggemar surfing. Wisatawan juga dijamin betah sekadar bersantai di pesisirnya. Panorama sunset maupun sunrise-nya mampu meninggalkan kesan romantis tak terlupakan.

Keindahan Bawah Laut

Wisatawan menikmati snorkeling
Indahnya pemandangan bawah laut – Foto: Google Maps/Pulau Banyak Online

Selama berada di kawasan kepulauan ini jangan lewatkan kegiatan snorkeling atau menyelam. Tidak terhitung banyaknya spot bawah laut menarik untuk dijelajahi di sini. Sebagai kepulauan perawan, kelestarian bawah lautnya masih sangat terjaga. Terumbu karang dan ragam spesies ikan hidup di sekitar kepulauan ini.

Di sekitar wilayah kepulauannya juga memiliki habitat penyu alami di Pulau Bangkaru. Kawasan ini adalah satu-satunya kawasan konservasi penyu di Aceh. Untuk masuk kemari, pengunjung memerlukan surat izin khusus.

Bentang Alam Menawan

"Berselancar

Di Pulau Banyak, wisatawan juga bisa mendaki gunung, lho! Gunung Tiusa adalah gunung setinggi kurang-lebih 300 mdpl yang ada di Pulau Tuangku. Meski tidak terlalu tinggi, tapi bersiap untuk menghadapi medan pendakian yang sangat menguras tenaga. Batu karang curam dan tebing terjal cukup menguji adrenalin siapapun yang mencoba menelusurinya.

Selanjutnya ada juga Pulau Ujung Batu dengan hamparan tebing dan laut berwarna toska yang amat cantik. Sementara bagi penyuka kegiatan tracking, bisa coba menjajal hutan Pulau Tuangku yang kaya flora dan fauna. Suasananya masih sangat alami dan dihiasi sebaran goa yang jadi habitat kelelawar maupun burung walet.

Kearifan Lokal

Jembatan penghubung Pulau Balai dan Pulau Ujung Batu
Jembatan Balaibung yang menghubungkan Pulau Balai dengan Teluk Nibung, Pulau Ujung Batu – Foto: Google Maps/Hafiz Kurniawan

Spot terbaru yang wajib dikunjungi di sini yaitu Jembatan Balaibung. Jembatan ini menghubungkan Pulau Balai dengan Pulau Ujung Batu. Paling seru melintasi jembatan ini dengan menggunakan sepeda sewaan sambil menunggu sunset.

Setelah lelah dengan segala aktivitas, sempatkan untuk wisata kuliner. Warung Nasi Lae Kombih merupakan warung nasi pertama di kawasan wisata ini. Salah satu sajian andalannya yaitu lobster asam-manis. Jangan lupa juga membeli rakik awo-awo, semacam rempeyek ikan teri renyah yang cocok jadi oleh-oleh.

Fasilitas Pulau Banyak

Fasilitas pendukung maupun sarana rekreasi sudah tersedia lengkap, terutama di Pulau Panjang dan Pulau Balai. Ada banyak penginapan, ATM, tempat makan, hingga penyewaan sarana rekreasi seperti snorkeling atau surfing. Untuk bepergian antarpulau, wisatawan bisa menyewa kapal lengkap dengan pengemudi dan pemandu.

Lokasi Pulau Banyak

Wisata kepulauan ini terletak di Kabupaten Aceh Singkil, Aceh. Waktu tempuh total dari Aceh maksimal 20 jam, sementara dari Medan kurang-lebih 12 jam. Perjalanan darat bisa menggunakan transportasi pribadi atau umum seperti travel. Bisa juga dengan pesawat dari bandara Kualanamu ke Bandara Hamzah Fansuri di Singkil. Kemudian lanjutkan dengan kapal dari Pelabuhan Singkil hingga ke Pelabuhan Balai.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini