Beranda Tiket Wisata

Rekreasi Singkat di Taman Kota Sampit - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Taman Kota Sampit : GratisJam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Mentawa Baru Hulu, Mentawa Baru/Ketapan, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Indonesia, 74312

Taman Kota Sampit adalah ruang rekreasi terbuka di Sampit, Ibukota Kabupaten Kotawaringin Timur. Terletak di jantung kota, di sini merupakan pusat kegiatan rekreasi dan hiburan bagi masyarakat sekitar. Namun wisatawan dari luar kota maupun mancanegara juga kerap menyambangi taman kota seluas setidaknya 2,5 Ha ini. Hal itu karena keberadaan bangunan ikonik berupa tugu setinggi kurang lebih 5 meter. Tugu tersebut memiliki ornament khas suku Dayak lengkap dengan perisai dan motif khas Dayak.

Berdiri sejak tahun 2015, taman kota ini sering menjadi destinasi favorit yang ada di pusat kota Sampit. Berbagai aktivitas menarik dapat dilakukan pengunjung. Bersantai, bermain, olahraga hingga menikmati ragam kuliner. Taman ini juga kerap menjadi tempat mengadakan event-event budaya. Apabila berkunjung ke Kotawaringin Timur tidak lengkap rasanya jika tidak datang ke sini.

Harga Tiket Masuk Taman Kota Sampit

Tidak ada tarif masuk di Taman Kota Sampit. Pengunjung bisa langsung berkeliling menikmati keindahan taman kota sepuasnya. Pengunjung hanya akan ditarik biaya parkir untuk kendaraan.

Tiket Masuk
Tiket masukGratis
Parkir
MotorRp2.000
MobilRp5.000

Baca: Wisata Ikon Jelawat: Rekreasi Asik Tepi Sungai

Jam Buka Taman Kota Sampit

Wisatawan bisa punya banyak pilihan untuk berekreasi di taman ini. Karena tempat ini selalu buka  24 jam. Waktu terbaik untuk berkunjung yaitu sore hari di mana wisatawan bisa menikmati pemandangan hijaunya pepohonan. Namun ketika malam tempat ini juga sangat cocok untuk bersantai dan menikmati suasana Kotawaringin Timur.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Taman Kota Kebanggan Bumi Habaring Hurung

Tugu dengan ornamen khas Dayak
Tugu yang menjadi ciri khas taman. Foto: Gmaps/45 Bruh

Berdiri di jantung kota, Taman Kota Sampit menjadi pusat aktivitas hiburan bagi warga Sampit dan sekitarnya. Sebelumnya tempat ini merupakan sebuah lapangan bola dan kemudian berubah menjadi sebuah taman yang indah. Pepohonan beringin yang rindang serta tugu dengan ornamen khas Suku Dayak menjadi ciri khas. Hal itu membuat kawasan sekitar taman sangat asri dan cocok untuk bersantai.

Taman kota Sampit menjadi destinasi yang tepat untuk berekreasi bersama keluarga. Karena selain cocok untuk bersantai, di sini juga banyak wahana bermain untuk anak-anak. Selain itu bagi yang ingin wisata kuliner juga bisa karena di sekitar taman terdapat warung-warung makan. Berbagai hidangan yang menggoda tersaji di sekitar taman. Berbagai spot unik pun tersedia untuk memenuhi kebutuhan para pecinta kegiatan foto dan selfie.

Berkeliling Menikmati Keindahan Taman

Taman Kota yang asri
Berkeliling taman menikmati hijaunya area sekitar memberikan kesenangan tersendiri bagi pengunjung. Foto: Gmaps/Budi Rahman

Selama berada di taman pengunjung bisa menikmati hamparan area hijau dengan rerumputan dan barisan pohon beringin. berjalan-jalan mengelilingi area taman akan memberikan perasaan senang karena hawa yang sejuk dan suasana yang asri. Setiap sudut dari taman ini tertata rapi yang membuatnya nampak cantik. Jalurnnya berupa paving blok dengan kombinasi beberapa warna sehingga menambah kesan estetik. Tersedia banyak kursi kayu panjang untuk duduk bersantai

Yang paling menjadi pusat perhatian taman ini tentu saja bangunan tugunya yang berada tepat di titik tengah taman. Tugu ini menggambarkan ciri khas dari Kalimantan dengan perisai dengan motif khas suku Dayak. Tugu ini dikelilingi dedaunan dan bunga warna-warni yang menyejukkan mata. Biasanya pengunjung duduk bersantai di area bundaran yang mengitari tugu.

Wahana Bermain Anak

Taman Kota Sampit juga merupakan wisata ramah anak. Karena di sekitar taman tersedia berbagai wahana permainan untuk anak-anak. Berbagai aktivitas seru bisa dilakukan si kecil mulai dari main perosoton, kereta mini, komidi putar hingga sepeda air. Dengan wahana bermain yang sangat beragam tersebut, dijamin si kecil akan sangat betah berlama-lama di sini.

Spot Foto Menarik

Taman Kota dengan Spot Foto
beragam spot foto yang menarik. Foto: Gmaps/AZA Channel

Taman Kota Sampit memiliki berbagai karya seni yang sangat layak menjadi objek foto. Karena di dalam taman terdapat banyak ukiran khas Suku Dayak yang tentunya sangat menarik bagi wisatawan dari luar daerah.

Ada juga patung-patung hewan seperti rusa, singa dan ikan untuk berfoto bagi si kecil. Setiap sudut taman pun sangat layak untuk menjadi latar belakang foto karena tempatnya yang sangat cantik dan asri.

Nikmati Jajanan Khas Nusantara

Di sekitar komplek taman banyak sekali pedagang kaki lima yang menjajakan sajian kuliner khas nusantara dari berbagai daerah. Jagung bakar, aneka sate-satean, es buah, bakso dan masih banyak lagi kuliner yang bisa ditemukan di taman ini. Pedagang-pedagang itu berjualan di tenda-tenda yang memang sudah tersedia. Sehingga terlihat rapi dan terkesan seperti festival kuliner.

Bagi pecinta wisata kuliner pastinya akan sangat dimanjakan dengan berbagai sajian yang ada. Menyantap kuliner lezat di area Taman Kota Sampit yang cantik pastinya akan memberikan kesan yang berbeda. Apalagi jika bersama dengan keluarga atau orang tersayang.

Festival Budaya di Taman Kota Sampit

Setiap tahunnya taman ini rutin menggelar festival budaya yang menampilkan tari-tarian dan seni musik khas Kalimantan. Nama acara itu adalah Festival Habaring Hurung. Di waktu tersebut biasanya akan padat wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia maupun mancanegara. Berbagai event pertunjukan lain pun juga sering kali digelar karena taman ini memiliki fasilitas panggung permanen.

Fasilitas

Taman Kota Sampit memiliki fasilitas yang sangat lengkap dan beragam. Hal tersebut membuat pengunjung semakin betah dan nyaman ketika berkunjung ke tempat ini. Beberapa fasilitas yang tersedia diantaranya area parkir, toilet, mushola, bangku taman, hingga keran air.

Lokasi Taman Kota Sampit

Taman kota ini lokasinya sangat strategis karena berada di jantung kota. Tepatnya berada di Mentawa Baru Hulu, Mentawa Baru/Ketapan, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Taman ini juga sangat dekat dengan ikon di Sampit yaitu Tugu Perdamaian Sampit yang merupakan symbol damai antara Suku Dayak dan Madura.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 21

Berikan Rating