Beranda Tiket Wisata

Wisata Ikon Jelawat: Rekreasi Asik Tepi Sungai - November 2020

Wisata Ikon Jelawat
Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 06.00 - 00.00 No. Telepon: - Alamat: Mentawa Baru Hulu,Mentawa Baru Hulu,Kotawaringin Timur,Kalimantan Tengah,Indonesia,-.

Wisata Ikon Jelawat di Kotawaringin Timur merupakan salah satu ikon kebanggaan warga Sampit. Obyek wisata yang dibangun di bantaran sungai Mentaya ini sangat digemari masyarakat. Di tengahnya berdiri patung ikan jelawat besar yang menghadap ke sungai Mentaya. Angin sejuk yang berhembus dari perairan sungai semakin menambah kenyamanan yang menggiurkan.

Sore hari menjadi waktu yang sering dipadati pengunjung dari berbagai kalangan usia. Warga yang melakukan perjalanan trans Kalimantan pun juga seringkali sengaja singgah di sini. Wisata Ikon Jelawat seakan menjadi bukti khas bahwa wisatawan pernah berkunjung ke Sampit. Letaknya cukup strategis di antara pusat perbelanjaan Mentaya, sungai Mentaya, dan Pelabuhan Sampit.

Tiket Masuk Wisata Ikon Jelawat

Pengunjung dapat memasuki area wisata ini dengan bebas tanpa dipungut biaya.

Harga tiket masuk
TiketGratis

Baca: Destinasi Wisata Terbaik di Kotawaringin Timur

Jam Buka

Taman rekreasi tepi sungai ini buka hampir setiap hari dari pagi hingga malam. Biasanya ramai dikunjungi terutama sore menjelang malam hingga malam hari. Cocok dikunjungi mulai pada waktu sore ketika matahari tidak terlalu terik.

Jam buka
Senin – Minggu06.00 – 00.00

Daya Tarik dan Wahana di Wisata Ikon Jelawat

Judul tempat wisata dengan huruf warna-warni
Billboard tempat Wisata Ikon Jelawat dengan huruf warna-warni yang cocok dijadikan latar belakang berswafoto. Foto: google maps/Elyas Teguh Hariyanto

Wisata Ikon Jelawat menyajikan lokasi yang cocok digunakan sebagai destinasi tempat bersantai bersama keluarga. Patung ikan jelawat besar menjadi spot terkenal untuk berswafoto. Kesibukan aktivitas di Pelabuhan Sampit menjadi pemandangan yang menarik untuk diamati. Penampakan langit biru dan perairan sungai semakin menambah daya tarik tempat wisata ini.

 Patung Ikan Jelawat

Wisata Ikon Jelawat dengan maskot patung ikan jelawat
Patung Ikan Jelawat besar yang berdiri menghadap sungai Mentaya sebagai spot foto ikonik. Foto: google maps/IanZ Wijaya

Jelawat merupakan ikan yang menjadi ciri khas daerah sungai Mentaya. Populasinya banyak ditemukan di sungai Mentaya, daerah Sampit, dan sekitarnya. Karena itulah Patung Ikan Jelawat ini menjadi salah satu ikon khas Kota Sampit. Dibangun menghadap ke sungai Mentaya dengan mulut yang menyemburkan air.

Pengunjung hampir tak pernah lupa untuk berfoto bersama patung ikonik Kabupaten Kotawaringin Timur itu. Beberapa warga bahkan sengaja menyempatkan diri berkunjung untuk berfoto dengan maskot Sampit tersebut. Pesona Wisata Ikon Jelawat ini tak memudar meski hari telah beranjak malam. Cukupnya penerangan membuat patung Ikan Jelawat tampak bercahaya di bawah langit gelap.

Di salah satu sisi tempat disediakan beberapa bangku taman yang bebas dimanfaatkan pengunjung. Beberapa warga yang berkunjung untuk bersantai juga seringkali memilih duduk di dekat patung. Tempat yang luas dan lapang seringkali membuat anak-anak senang berlari-lari. Tak sedikit pula pengunjung yang memilih berdiri dekat pagar pembatas untuk menikmati sungai dan kapal yang berlabuh.

 Menikmati Sungai Mentaya

Sungai Mentaya di samping Wisata Ikon Jelawat
Sungai Mentaya yang menyajikan angin sejuk dan aktivitas kapal transit. Foto: google maps/Marsanto

Lokasi Wisata Ikon Jelawat berada tepat di tepian sungai Mentaya. Tempat wisata ini bersebelahan dengan Pelabuhan Sampit yang terlihat sibuk setiap hari. Pengunjung di tempat ini dapat melihat berbagai aktivitas yang dilakukan di pelabuhan. Banyak kapal-kapal besar pengangkut barang dan penumpang yang melintas di sungai itu.

Destinasi ini menjadi tempat bersantai paling diminati warga. Angin yang berhembus dari perairan sungai Mentaya membawa suasana yang menyejukkan. Biasanya pengunjung menghabiskan waktunya untuk sekedar bersantai, memancing, bermain, atau berfoto ria. Ada juga yang datang untuk berjalan-jalan sore sambil menikmati pemandangan sungai dan pelabuhan.

Sore hari atau menjelang malam menjadi pilihan waktu yang bagus untuk berkunjung. Karena saat itu matahari tidak terlalu terik dan angin sore berhembus menyejukkan. Suara deburan dan aliran air sungai Mentaya seperti menjadi alunan musik alami. Suasananya seolah mengundang pengunjung yang ingin sekedar melepas penat setelah beraktivitas seharian.

Wahana Susur Sungai

perahu wisata susur sungai
Wisata susur sungai Mentaya dengan kelotok yang dibubuhi hiasan dan cat warna-warni. Foto: google maps

Di sekitar Wisata Ikon Jelawat dan sungai Mentaya terdapat wisata susur sungai. Susur sungai ini sangat diminati oleh wisatawan lokal maupun luar daerah. Transportasi yang digunakan yaitu perahu bermotor yang disebut kelotok dan bisa dinaiki sampai sepuluh orang. Kelotok yang digunakan menyusur sungai itu diperindah dengan cat warna-warni juga beberapa hiasan.

Rute susur sungai Mentaya ini dimulai dari Dermaga Habaring Burung. Selanjutnya menyusuri bantaran sungai sampai ujung landasan Bandara Haji Asan Sampit Kecamatan Baamang. Kemudian berbalik menyebrang menyusuri bantaran Kecamatan Seranau menuju pabrik karet PT Sampit. Setelah melewati pabrik di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang kembali ke Dermaga Habaring Burung.

Perjalanan susur sungai ini memakan waktu dari 30 hingga 60 menit. Waktu yang dihabiskan tergantung lama dan jauhnya rute yang dilalui. Untuk menikmati wahana ini pengunjung harus membayar sebesar 150.000 rupiah. Tarif yang dibayar dapat disesuaikan sesuai rute yang diinginkan dan bisa lebih murah.

Fasilitas

Di jalan menuju Wisata Ikon Jelawat disediakan jalur bagi pengguna kursi roda. Tersedia toilet umum dan juga masjid untuk pengunjung yang hendak beribadah. Di dekat kawasan wisata ini terdapat Pusat Perbelanjaan Mentaya. Di sana menjual berbagai kebutuhan pokok warga Sampit dari makanan, pakaian, hingga pernak-pernik.

Lokasi Wisata Ikon Jelawat

Obyek wisata tepi sungai ini terletak di Mentawa Baru Hulu, Mentawa Baru/Ketapan, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah 74312. Berdiri di tepi Sungai Mentaya dan bersebelahan dengan Pelabuhan Kapal Angkutan Penumpang Sampit. Dapat didatangi melalui Jalan Iskandar. Berdekatan dengan Tugu Jelawat dan berjarak sekitar 100 meter.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini