Beranda Destinasi Pilihan

WISATA DEPOK : INI 7 DESTINASI BIKIN NYAMAN

0

Berada dekat dengan daerah ibu kota, Depok memiliki akses yang mudah bagi wisatawan. Meski berbatasan langsung dengan Jakarta, suasana Depok agak lebih alami. Wilayahnya memiliki daya tarik suasana alam dan aneka ragam atraksi wisata. Berikut 7 lokasi wisata yang nyaman saat mengunjungi wilayah Depok:

1. Wisata Taman Rekreasi Wiladatika Depok

Air mancur di tengah keindahan Taman Wisata Wiladatika Depok
Air mancur di tengah keindahan Taman Wisata Wiladatika Depok. Foto: GMap/Hifzi Nurfahma

Taman Rekreasi Wiladatika menjadi salah satu lokasi bersantai alternatif warga Depok dan sekitarnya. Berada di jalan Jambore, kawasan taman ini merupakan area hijau yang asri dengan taman-taman bunga. Ditambah dengan pepohonan rindang dan aneka tanaman di dalamnya membuat suasana Taman Rekreasi Wiladatika terasa teduh. Lokasinya asri dan terawat sehingga setiap pengunjung merasa nyaman untuk berekreasi di sini.

Resmi berdiri sejak 1980, Nama Wiladatika merupakan kependekan dari singkatan Widya Mandala Krida Bakti Pramuka. Memang taman ini pada awalnya merupakan sumber pendanaan dan sarana bagi aktivitas Pramuka.

Taman Wiladatika memiliki beragam fasilitas seperti gedung serbaguna hingga gazebo. Di dalam areanya juga memiliki berbagai wahana permainan, kolam renang, dan kolam terapi ikan. Sedangkan untuk anak-anak bisa bermain gokartmini jet, bom-bom car, kereta mini, atau memberi makan kelinci. Selain itu, Taman Wiladatika juga menjadi lokasi aktivitas outbond serta paint ball .

2. Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri Depok

Kawasan Masjid Kubah Mas Depok.
Kawasan Masjid Kubah Mas Depok. Foto: Instagram/ade.irwn21

Masjid Kubah Emas Depok menjadi salah satu destinasi wisata religi yang berlokasi di Depok. Dengan bangunan masjid yang berlapis kubah emas Italia 24 karat ini didirikan oleh Dian Djurah. Dengan lima buah kubahnya, masjid ini terlihat menyerupai Taj Mahal di India.

Memiliki luas lahan setidaknya 50 hektar, bangunan berkubah emas ini salah satu yang termegah di Asia Tenggara. Dibangun mulai tahun 2001, masjid ini mampu menampung hingga 20.000 orang jamaah di dalamnya.

Arsitektur bagian dalam masjid bernuansa Timur Tengah dengan pilar-pilar dan lampu-lampu indah menghiasi langit-langitnya. Lampu gantung di bagian tengah memiliki berat 2,7 ton juga  berlapis emas. Sedangkan material bangunan dinding, pilar, dan lantainya dari marmer didatangkan langsung dari Italia dan Turki. Kemudian warna krem yang mendominasi ruang masjid memberi kesan tenang dan nyaman.

3. Wisata & Eduksai di Taman Herbal Insani Depok

area hijau di sekitar area taman
Area Taman Herbal Insani- Ade Noor

Taman Herbal Insani merupakan lokasi wisata di alam terbuka berkonsep edukasi tanaman obat. Lokasinya di jalan Kampung Kandang pada area luas dengan danau yang asri di Depok.

Bagi yang membawa anak-anak, berbagai pilihan permainan tersedia di dalam taman. Taman rekreasi ini memiliki berbagai wahana permainan edukatif seperti Bakiak, Egrang menangkap ikan, hingga Balap Karung. Wisatawan juga dapat naik sampan atau perahu serta sepeda air di kawasan perairannya. Taman Herbal Insani juga memiliki area untuk bermain bola, latihan panahan, maupun memancing.

Sedangkan untuk bersantap santai, lokasinya berada di tengah saung tradisional pondok empang. Ditambah dengan kolam renang lengkap dengan wahana air seperti seluncur dan ember tumpah. Wisatawan juga bisa berkunjung ke pabrik PT. Herbal Insani untuk melihat proses pembuatan obat herbal. Selanjutnya wisatawan bisa ikut berkeliling melihat tanaman-tanaman obat serta bisa membeli aneka bibitnya sebagai oleh-oleh.

4. UPTD Taman Hutan Raya (Alun-Alun Kota Depok)

Alun-alun Kota Depok ramai dikunjungi sejak peresmiannya.
Alun-alun Kota Depok ramai dikunjungi sejak peresmiannya. Foto: GMap/Fiorenza Fidelio

Kota Depok memiliki lokasi Alun-alun yang menjadi primadona baru warga dan pengunjung luar daerahnya. Berkapasitas 1000 orang, lokasi Taman Hutan Raya tersebut sering kali ramai pengunjung. Resmi berdiri tahun 2020, antreannya bahkan mengular untuk memasuki area pada masa liburan.

Alun-Alun Kota Depok beralamat di jalan Boulevard Grand City dengan banyak fasilitas. Di dalamnya terdapat green-house, menara pandang, jembatan utama hingga amfiteater dan dinding mural. Kemudian ada pula galeri, gedung pendopo, kolam retensi, dermaga hingga shelter bus turut melengkapinya.

Dengan luas setidaknya 3,9 hektar, pengunjung bisa leluasa menjelajah setiap area dengan antusias. Taman yang dimilikinya pun bermacam-macam, seperti Taman Sculpture, Taman Anak-anak, hingga Taman Lansia. Kawasannya juga menyediakan lapangan futsal, lapangan basket, jalur sepeda BMX, outdoor gym, serta arena skateboard.

5. Taman Lembah Gurame

Pepohonan rindang dan kolam teratai di Taman Lembah Gurame.
Pepohonan rindang dan kolam teratai di Taman Lembah Gurame. Foto: GMap/maftuhah aini

Taman Lembah Gurame merupakan sebuah Ruang Terbuka Hijau (RTH) favorit bagi warga Depok dan sekitarnya. Kawasan taman dengan pepohonan rindang ini telah menjadi salah satu alternatif untuk rekreasi nyaman keluarga.

Taman Lembah Gurame memiliki beberapa kolam yang diantaranya berhias keindahan bunga teratai. Pada setiap tanaman tertulis informasi jenis pohon yang sekaligus menjadi sarana edukasi pengunjung. Banyak titik bertuliskan hal-hal seperti pentingnya menghargai alam, mengelola sampah, hingga lubang biopori.

Pada saat sore hari, Taman Lembah Gurame akan ramai pengunjung, sebagian besar bersama anak-anak. Taman ini telah meraih predikat Ruang Bermain Ramah Anak dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan.

Selain itu di dalam areanya juga menyediakan fasilitas olahraga seperti lapangan bulutangkis, jogging track, serta alat fitnes manual. Tak jarang komunitas hobi misalnya komunitas binatang muldok serta komunitas skateboard aktif berkumpul. Tak mau kalah, para pedagang turut menyemarakkan suasana dengan penganan ringan hingga pakaian.

6. D’Kandang Amazing Farm

Berkuda di D'Kandang Amazing Farm Depok.
Berkuda di D’Kandang Amazing Farm Depok. Foto: Instagram/esti4917

D’Kandang Amazing Farm merupakan destinasi wisata alam berkonsep edukasi peternakan dan pertanian. Berada di area seluas setidaknya 8 hektar, berbagai zona dan wahana menunggu untuk dijelajahi.

Kemudian di area terbuka ini, wisatawan bisa menikmati yoghurt yang segar, berkuda maupun naik delman. Bisa juga mengajak anak-anak memberi makan hewan hingga memerah susu sapi.

Selain itu banyak spot menarik dengan rumput hijau yang berpagar pepohonan di kawasan ini. Taman bermain untuk anak-anak memiliki tampilan unik dengan suasana asri.

7. Taman Wisata Pasir Putih Depok

Keseruan bermain wahana air Taman Wisata Pasir Putih Depok.
Keseruan bermain wahana air Taman Wisata Pasir Putih Depok. Foto: GMap/Taman Wisata Pasir Putih

Merupakan tempat rekreasi air yang digemari wisatawan, Taman Wisata Pasir berlokasi di Sawangan, Depok. Memiliki tiga kolam water park, seluncur airnya paling digemari. Seluncur airnya memiliki bentuk dan ketinggian bervariasi, seperti spiral maupun menara pendek bagi anak-anak. Di samping itu ada pula ember tumpah maupun air mancurnya.

Selain wahan air, Taman Wisata Pasir Putih juga menyediakan area outbond. Terdapat flying fox, ATV, circuit games, playground dan tangkap ikan. Dilengkapi juga dengan Giant Donut, Toxic Waste, Galon Bocor, Pipe Line, Triangle, serta Kotak Penyelamat. Kemudian berbagai aktivitas uji tangkas maupun latihan kepemimpinan dikemas dalam paket keluarga maupun sekolah.

Areanya merambah juga Bungalow dengan kapasitas 7 hingga 300 orang. Sedangkan untuk fasilitas lainnya berupa tempat karaoke, lapangan bermain futsal, aula, dan kolam pemancingan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini