Beranda Tempat Wisata

14 Aktivitas Seru di Pulau Seribu Jakarta

Tgl. Update:Jumat, Agustus 30, 2019

Pulau Seribu merupakan wisata bahari gugusan pulau Kepulauan Seribu di utara Teluk Jakarta. Destinasi wisata ini ditetapkan pemerintah pusat sebagai salah satu dari 10 lokasi ‘Bali Baru’. Dengan berbagai infrastruktur pendukung pariwisata, suasana Pulau Seribu tak kalah dengan pantai Maldives.

14 Ragam Aktivitas Wisata di Pulau Seribu

Kepulauan Seribu menjadi salah satu destinasi liburan warga Jakarta dari wisata bahari sampai sejarah. Banyak objek dan spot menarik dapat dinikmati di kabupaten administrasi di DKI Jakarta itu.

Dari sekian gugusan pulau wisatanya, banyak destinasi yang bisa dikunjungi di Kepulauan Seribu. Pulau Ayer memiliki cottage apung, Pulau Kelor memiliki peninggalan sejarah Benteng Martello. Ada pula Pulau Tidung yang terkenal dengan jembatan cintanya, Pulau Pramuka dan banyak lainnya.

1. Menikmati Pemandangan Pulau

Jembatan Cinta pulau tidung di Kepulauan Seribu
Jembatan Cinta adalah spot yang menjadi daya tarik Pulau Tidung di Kepulauan Seribu. Foto : Google Maps/Duwie Studio78

Tanpa penduduk maupun berpenghuni, pulau-pulau di kawasan wisaata Pulau Seribu menyuguhkan pemandangan indah. Dengan kebersihan terjaga, wisatawan dapat menikmati jernihnya air laut dan cantiknya hamparan pasir putih. Kebanyakan pulau memiliki area pantai yang landai yang memesona.

Tidak hanya memiliki ombak yang tenang, Pulau Seribu juga memiliki banyak spot panorama cantik. Salah satunya Jembatan Cinta yang memiliki panjang 800 meter dengan mitos langgeng jodohnya. Jembatan penghubung Pulau Tidung Besar-Tidung Kecil ini merupakan salah satu spot favorit wisatawan.

Baca: 5 Tempat Wisata Jakarta Murah & Gratis

2. Berenang, Snorkeling, dan Diving di Pulau Seribu

aktivias snorkling di kepulauan seribu
Bermacam-macam ikan dan terumbu karang yang masih terjaga membuat wisatawan tidak merasa bosan saat snorkeling di Pualu Seribu. Foto : Google Maps/emarasit sela

Pulau Seribu merupakan kawasan dengan perairan tropis dengan keindahan ekosistem alam bawah lautnya. Wisatawan langsung disuguhi pemandangan bawah laut yang mempesona tersebut begitu berjalan di dermaga. Dengan pulaunya yang eksotis, wisatawan juga bisa melihat ikan yang menari di bawahnya.

Gugusan pulau di Pulau Seribu merupakan tujuan favorit untuk wisatawan untuk bersnorkling. Salah satu spot terbaik untuk snorkeling yaitu kawasan laut di sekitar Jembatan Cinta di Pulau Tidung. Dikelilingi pantai-pantai halus dan arus yang aman dan ramah anak, wisatawan juga dapat berenang sepuasnya.

Baca: WATERBOM Jakarta PIK Tiket & 4 Wahana

Untuk diving ke laut yang lebih dalam, Pulau Patondan Timur dapat menjadi pilihan. Wisatawan akan dibuat kagum dengan keindahan terumbu karang yang masih terjaga saat menyelam.  Selama menyelam di Taman laut, wisatawan juga akan ditemani beragam ikan cantik.

3. Memancing dan Berburu Ikan Target

Kepulauan Seribu masuk dalam daftar salah satu destinasi tujuan para pecinta hobi memancing. Di sejumlah lokasi dalam kawasan Pulau Seribu, wisatawan dapat memasang target ikan. Jenis ikannya mulai dari Tengiri, Red Snapper, Grouper, Trevally hingga Skipjack Tuna.

Waktu dan momen yang tepat untuk berburu ikan target tersebut adalah periode Maret hingga September. Tempat casting-nya meliputi karang dalam, karang dangkal, rumpon hingga karang sekitar Pulau Seribu.

Pulau-pulau untuk mencoba aktivitas ini antara lain Pulau Macan, Pulau Bokor, dan Pulau Pari.

4. Bermain dengan Hiu di Pulau Seribu

bermain dengan hiu di pulau seribu
Wisatawan juga dapat memberi makan dan bercengkrama dengan hiu di Penangkaran Hiu gugusan Kepulauan Seribu. Foto : Instagram/pulautidung_bahari

Di Pulau Seribu, wisatawan dapat membuktikan bahwa tidak semua Hiu itu ganas. Bahkan tidak jarang dari spesies ini yang ramah dan bisa diajak bermain.

Penangkaran Hiu di gugusan Kepulauan Seribu letaknya tak jauh dari Pulau Pramuka. Selain melihat mereka berenang, wisatawan juga dapat memberi makan dan bercengkrama dengan hiu.

5. Mengunjungi Penangkaran Penyu Sisik

Wisatawan berjiwa petualang dan peduli alam dapat ikut menyelamatkan kelestarian penyu sisik. Setidaknya ada tiga spot di Kepulauan Seribu untuk aktivitas penangkaran penyu sisik ini. Yaitu Pulau Kelapa Dua, Pulau Pramuka, dan Pulau Semak Daun.

Penangkaran juga terdapat di Taman Biota Laut bagian belakang pulau Harapan. Jika beruntung, di sini wisatawan dapat melihat aktivitas penyu dewasa bertelur. Wisatawan juga berkesempatan menunggu telur-telur penyu menetas dan membantu tukik (anak penyu) kembali ke laut.

6. Spot Jembatan Pengantin dan Pantai Saung Cemara Kasih

jembatan cinta berbentuk simbol hati
Jembatan Pengantin Pulau Seribu dibangun berbentuk hati yang mengelilingi Pohon Pengantin.
Foto : Instagram/dimas.andaru

Jembatan Pengantin dibangun dari beton dan plastik PVC berbentuk hati yang mengelilingi Pohon Pengantin. Di tepi jembatan ini dipasang pembatas sebagai tempat swafoto sekaligus menikmati pemandangan mangrove.

Sedangkan Pantai Saung Cemara Kasih memiliki spot untuk bermain ayunan di tengah laut. Sekitar lima buah ayunan menjadi spot foto populer di tempat ini.

Ada juga spot favorit dengan ayunan berjajar tiga di mana wisatawan rela antri untuk bisa menggunakannya. Selagi antri, wisatawan dapat bersantai di saung atau ‘bale-bale’ dan menikmati semilir hembusan angin laut.

wahana ayunan pantai
Wisatawan dapat bermain ayunan di tengah laut Pantai Saung Cemara Kasih di Pulau Seribu.
Foto : Google Maps/paul liant

7. Menjelajahi Benteng dan Peninggalan Sejarah

Bukan hanya wisata alamnya saja yang menarik untuk dikunjungi di Pulau Seribu. Melihat Pulau Seribu dari sisi berbeda, wisatawan dapat menelusuri museum hingga melihat sisa reruntuhan benteng. Kesan adanya sejuta peninggalan sejarah terasa saat mengunjungi Pulau Onrust, Cipir dan Kelor.

Pulau Kelor memiliki Benteng Martello sebagai daya tariknya, sedangkan meriam berusia lebih dari 17 abad tersaji di Pulau Onrust. Berkeliling di museum Pulau Onrust, wisatawan dapat mengetahui catatan sejarah yang melibatkan Kepulauan Seribu.

Wisatawan juga dapat berwisata ziarah dengan berkunjung ke lokasi makam bersejarah. Menurut masyarakat setempat, makam tersebut merupakan tempat disemayamkannya Raja Pandhita dan Panglima Hitam. Pandhita dipercaya menemukan Pulau Tidung, sedangkan Panglima Hitam merupakan pejuang melawan kolonial Belanda.

8. Bermain Wahana Water Sport

wahana kayak di pulau seribu
Pulau Seribu memiliki berbagai fasilitas yang sudah memadai, termasuk aneka pilihan water sport. Foto : Instagram/ibeth_3005

Pulau Seribu memiliki berbagai fasilitas yang sudah memadai, termasuk aneka pilihan water sport. Di sini, wisatawan dapat bersenang-senang menikmati serunya wahana water sport pemacu adrenalin.

Pulau Tidung memiliki flying fish, donut ride, jet ski, banana boat di dekat Jembatan Cinta. Wahana jet ski juga menjadi water sport andalan di Pulau Ayer. Sedangkan Pulau Sepa menyediakan jet ski, water ski, aqua board hingga knee board.

9. Menikmati Senja

meinkmati senja dan matahari tenggelam
Menyaksikan senja nan syahdu menjadi suatu kenikmatan tersendiri di Kepulauan Seribu. Foto : Google Maps/Edy Krisnadi

Menyaksikan senja nan syahdu menjadi suatu kenikmatan tersendiri di Kepulauan Seribu. Saat langit cerah, Keindahan matahari terbenam dapat wisatawan nikmati mulai pukul 17.30 WIB. Tak jarang wisatawan melakukan aktivitas memancing sambil menunggu matahari terbenam.

Di Pulau Pramuka, pemandangan matahari terbenam dapat disaksikan di berbagai tempat dekat dermaga utama. Baik dari dermaga, pantai pasir antara bakau dan tebing-tebing beton di sekelilingnya, maupun gazebo. Gazebo-gazebo kayu di sepanjang jalanan juga dimanfaatkan untuk duduk santai dan beristirahat.

10. Trekking Kawasan Hutan Mangrove Pulau Seribu

kawasan hutan mangrove pulau seribu
Wisatawan dapat melihat sentra budidaya bakau dan ikut mencoba menanam mangrove di Pulau Seribu. Foto : Google Maps/rifai b putra

Wisatawan dapat melihat sentra budidaya bakau dan ikut mencoba menanam mangrove di Pulau Seribu. Kawasan untuk aktivitas ini antara lain di Pulau Harapan dan Pulau Tidung Kecil. Di sana, wisatawan dapat belajar mengenai jenis tanaman bakau yang digunakan sebagai penyeimbang ekosistem.

Wisatawan dapat sekaligus melihat dan menikmati keindahan alam di sekitar tracking mangrove. Angin sepoi-sepoi berhembus dengan suara deburan ombak timur kawasan vegetasi hutan mangrove.

Baca: Wisata Mangrove Jakarta Tiket & Aktivitas

11. Melihat Langsung Elang Bondol sang Maskot Jakarta

Elang Bondol merupakan maskot Jakarta yang habitat aslinya berada di wilayah tepi laut. Tempat mereka adalah wilayah pantai berlumpur seperti hutan mangrove, muara sungai dan pesisir pantai.

Pulau Kotok menjadi pusat konservasi Elang Bondol, yang kini berada di ambang kepunahan. Wilayah konservasi di kawasan Pulau Seribu ini dibuat semirip mungkin dengan habitat aslinya. Tujuannya agar setelah dilepas nanti, Elang Bondol dapat langsung beradaptasi dengan kehidupan liar.

12. Menginap di Cottage

penginapan da cottage laut kepulauan seribu
Di pulau Ayer, Pulau Seribu terdapat beberapa cottage terapung dari material kayu dengan nuansa etnik. Foto : Instagram/pulauayerresort

Wisatawan dapat menikmati liburan dengan nuansa berbeda dan sedikit menantang di Pulau Seribu. Kawasan wisata ini memungkinkan bagi wisatawan untuk menginap di cottage terapung.

Di pulau Ayer, terdapat beberapa cottage terapung dari material kayu dengan nuansa etnik. Cottage ini menjadi keunikan dan keunggulan yang menjadi daya tarik untuk berkunjung ke pulau tak berpenghuni tersebut. Berada di cottage yang terhubung dengan jembatan ini seakan membawa wisatawan ke Maldives.

Fasilitas hiburan dan rekreasi air yang tersedia pun tergolong cukup lengkap. Di antaranya ruang rapat, kolam renang, arena bermain anak, karaoke, dan sarana water sport. Terdapat juga pemancingan, art market, penyewaan sepeda, serta lapangan basket.

13. Island Hopping Pulau Seribu

Island Hopping merupakan serangkaian aktivitas mengunjungi satu pulau ke pulau lainnya yang berdekatan. Aktivitas wisata ini sedang populer di kalangan wisatawan, terutama di kawasan gugusan pulau.

Banyaknya pulau indah yang dapat dikunjungi di Kepulauan Seribu memungkinkan dilakukannya Island Hopping ini. Dimulai dari meeting point, wisatawan dapat memaksimalkan waktu berlibur sesuai arus air laut. Dengan karakteristik dan keunikannya masing-masing, tiap pulau memberikan sajian warna-warni pesonanya sendiri.

Island Hopping dari Pulau Harapan dilakukan ke beberapa pulau di sekitarnya dengan perahu motor. Seperti Pulau Perak, Pulau Bira Besar, Pulau Bulat, Pulau Putri, dan Pulau Gosong. Menariknya, beberapa pulau hanya muncul saat air laut sedang surut.

14. Gugusan Pulau Wisata

Pulau yang menjadi destinasi wisata di Pulau Seribu di antaranya Pulau Tidung dan Pulau Harapan. Ada juga Pulau Pari, Bidadari, Ayer, Putri, Sepa, Pantara, Pelangi, Kotok, Macan, dan Pulau Kelapa. Selain itu terdapat Pulau H, Payung, Genteng Kecil, Bintang, dan juga Pulau Royal.

Beberapa pulau yang dapat menjadi pilihan wisata di Pulau Seribu antara lain :

  • Pulau Harapan, merupakan salah satu tujuan wisata bahari dengan berbagai aktivitas alam terbuka. Dibutuhkan 3 jam perjalanan dari Muara Angke atau 1,5 jam dari Marina Ancol.
  • Pulau Tidung, termasuk salah satu pulau berpenghuni dengan fasilitas yang cukup memadai. Satu spot terkenal yang dinamakan ‘Jembatan Cinta’ menjadi penghubung Tidung Besar dan Tidung Kecil. Dengan hamparan pasir putih dan jernihnya air laut, berbagai water sport tersedia di sini.
  • Pulau Pari, memiliki pantai elok dengan ekosistem bawah laut yang indah bernama Pantai Pasir Perawan. Waktu tempuhnya sekitar 2 jam dari Muara Angke, atau 1 jam dari Marina Ancol.
  • Pulau Bira, pulau tak berpenghuni yang menjadi tujuan favorit bersnorkling. Pantai landai berpasir putih ini memiliki bermacam-macam ikan dan terumbu karang yang masih terjaga. Sekitar 4 jam dari Muara Angke atau 2 jam dari Marina Ancol dibutuhkan untuk mencapainya.
  • Pulau Ayer, pulau tak berpenghuni ini memberikan sensasi liburan berbeda dengan adanya cottage terapung. Jarak tempuh Pulau Ayer hanya sekitar 30 menit dari Marina Ancol.

Fasilitas

Fasilitas yang ditawarkan wisata Pulau Seribu sangat lengkap. Mulai dari tempat makan, penginapan, moda transportasi, hingga menikmati hidangan laut di pantai. Bagi wisatawan yang ingin menginap, berbagai resort menawarkan aneka fasilitas lengkap.

Demi kenyamanan wisatawan, Kementerian PUPR juga telah membangun sejumlah infrastruktur bagi warga di pulau seribu. Pembangunan infrastruktur terpadu baik penataan kawasan, jalan, penyediaan air bersih, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk.

Lokasi Pulau Seribu

Wisata Pulau Seribu meliputi gugusan kepulauan di Teluk Jakarta, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here