Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk Harga Tiket: Rp15.000-Rp1.500.000 Jam Buka: 08.00-17.00 WIB No. Telepon: (021) 29033066/0811 1787 890 Alamat: Jalan Garden House RT.8/RW.1 Kamal Muara,, Penjaringan, Jakarta Utara, DKI Jakarta, Indonesia, 14470.

Jangan anggap di Jakarta tidak ada wisata alam. Langsung meluncur ke Jakarta Utara, tepatnya di Kamal Muara Penjaringan atau Pantai Indah Kapuk. Di daerah ini terdapat area wisata alam yaitu Taman Wisata Mangrove Jakarta yang sekarang dan beberapa tahun belakangan tengah hits.

Di kawasan ini terdapat tiga area, satu berupa Suaka Margasatwa Muara Angke yang tertutup untuk umum, Hutan Mangrove milik Pemprov DKI tetapi kurang begitu menarik untuk wisata. Selanjutnya Taman Wisata Alam Mangrove Angke yang memang merupakan area wisata berbasis konservasi mangrove.

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Mangrove Jakarta

Pengunjung yang ingin menjelajah kawasan mangrove perlu membayar biaya tiket yang cukup murah. Harga Tiket Masuk Wisata Mangrove Jakarta mulai dari Rp15.000. Namun perlu diingat untuk membawa kamera masuk ke kawasan terdapat biaya tambahan yang cukup mahal.

Harga Tiket Masuk Wisata Mangrove Jakarta
Jenis TiketHari BiasaSabtu, Minggu dan Hari Libur 
DewasaRp30.000Rp35.000
Anak-AnakRp15.000Rp20.000
WNA Tanpa KitasRp150.000Rp170.000
Wisata Air 
Speedboat Kapasitas 6 OrangRp350.000
Speedboat Kapasitas 8 OrangRp450.000
Sepeda Air Kodok, Perahu Kano, Perahu Dayung Max 4 OrangRp100.000
Penanaman Mangrove/PohonRp150.000
Penanaman Nostalgia (1 Pohon+Papan Nama)Rp500.000
Kamera poket /goproRp150.000
Kamera DSLR keperluan pribadiRp300.000
Kamera DSLR utk keperluan khususRp1.500.000
Tiket Parkir 
Tiket Parkir MotorRp5.000
Tiket Parkir MobilRp10.000
Tiket Parkir BisRp50.000

Beberapa hal yang perlu mendapat perhatian sebelum berkunjung: 

  1. Selama masa pandemi Covid-19, Pengunjung usia di atas 60 tahun, di bawah 5 tahun atau ibu hamil tidak boleh memasuki kawasan wisata.
  2. Pengunjung dapat membeli tiket langsung di loket.

Baca: ECOPARK ANCOL Tiket Wahana & 9 Aktivitas Seru

Pengunjung yang menginap di salah satu villa boleh membawa maksimal 1 kamera secara gratis. Misalnya membawa kamera untuk keperluan khusus seperti event, photoshoot, prewedding atau foto produk. Sedangkan untuk penggunaan kamera HP atau ipad di dalam kawasan tidak dikenakan biaya tambahan atau gratis.

Jam Buka

Kawasan wisata mangrove buka mulai pagi hingga sore hari. Dengan jam buka Taman Wisata Alam Mangrove mulai pukul 08.00 pagi.

Jam Buka Taman Wisata Mangrove Jakarta 
Weekday08.00 – 17.00 WIB
Weekend07.00 – 17.00 WIB

Daya Tarik dan Aktivitas Wisata

kawasan wisata mangrove jakarta
Taman Wisata Alam Mangrove Jakarta bisa menjadi pilihan wisata alam ditengah panasnya ibukota. Menawarkan beragam aktivitas wisata yang tidak kalah seru. foto:  chandra arikho

Meskipun merupakan wilayah konservasi mangrove, bukan berarti di taman wisata ini hanya sekedar wisata melihat mangrove. Taman Wisata Alam (TWA) Mangrove Angke nyatanya memberikan pengalaman yang berbeda dari wisata alam biasa. Terutama di era serba media sosial ini, kebiasaan mencari spot foto yang lucu dan unik menjadi kebiasaan banyak orang.

Karena itulah di TWA Mangrove Angke juga mendesain kawasannya agar terlihat cantik ketika dibidik kamera. Hanya saja perlu diingat kalau hanya boleh memotret menggunakan ponsel, sedangkan kalau ingin memotret menggunakan kamera profesional seperti DSLR atau kamera pocket, maka dikenakan biaya yang cukup tinggi.

Baca: Tiket Masuk SEAWORLD Ancol & 9 Aktivitas Seru

1. Mengelilingi Kawasan Hutan Mangrove di Jembatan Kayu

Jembatan kayu berkeliling kawasan mangrove
Mengelilingi kawasan hutan melalui jembatan kayu yang tersedia. foto: giselva caroline

Sebuah jembatan beralas kayu selalu saja menarik perhatian untuk menjadi tempat berfoto. Ditambah dengan area lebat pepohonan mangrove dan air pesisir yang tenang, menjadikan suasananya sangat dramatis. Selanjutnya pengunjung bisa mengelilingi kawasan melewati jembatan ini masuk kedalam hutan mangrove.

Baca: HUTAN WISATA MANGROVE Surabaya Tiket & Aktivitas

2. Mengamati Burung

Di kawasan hutan wisata mangrove jakarta adalah habitat bagi banyak burung pesisir. Agar tidak melewatkan kesempatan melihat fenomena yang jarang ada di kota besar ini, pengunjung bisa menuju area jembatan pengamatan burung.

Untuk mencapainya memang harus berjalan lebih jauh karena lokasinya di ujung kawasan. Namun apa yang akan disaksikan akan membayar jarak yang cukup jauh itu karena selain bisa melihat burung, pemandangan dari gedung pencakar langit di sekitar area juga menarik untuk diabadikan dalam foto.

3. Menanam Bibit Mangrove

bibit tanaman bakau
Ikut menjaga alam dengan berpartisipasi menanam tanaman bakau. foto: Yosie Yulias

Jika tertarik untuk mencoba menanam mangrove, maka pengunjung bisa juga membeli bibit dan ikut menanam. Biasanya atraksi ini diikuti oleh pengunjung rombongan seperti dari sekolah atau perusahaan.

Baca: Kebun Binatang Ragunan Tiket & Atraksi Satwa

4. Wisata Air

Masih di dalam area hutan mangrove, jika ingin merasakan pengalaman lebih menarik dari sekedar berjalan kaki, cobalah menyewa perahu mesin yang sudah tersedia. Ada tiga jenis perahu yaitu yang kecil untuk 2 orang penumpang, perahu untuk 6 penumpang, hingga yang terbesar untuk 8 orang penumpang. Aktivitas ini akan mengajak pengunjung keliling kawasan hutan mangrove dan lebih seru karena di beberapa bagian suasananya seperti memasuki hutan sungai tropis.

Baca: Jakarta Aquarium Tiket & Atraksi Lucu Biota Laut

5. Taman Bermain Anak

Sebagai wahana tambahan, wisata mangrove jakarta juga menyediakan satu area kecil yang berisi beberapa wahana permainan anak. Sehingga pengunjung yang membawa anak-anak tak perlu khawatir ketika anaknya bosan karena tinggal diajak bermain disini.

6. Menginap di Villa dalam Kawasan Hutan Mangrove

penginapan villa hutan mangrove jakarta
Tidak hanya aktivitas wisata di kawasan wisata mangrove jakarta pengunjung juga bisa menginap di berbagai villa. foto: Andri Kotek

Pada bagian area villa juga tempat paling sering dijadikan latar berfoto. Hal ini karena areanya penuh dengan hijaunya hutan mangrove, terdapat deretan bangunan kayu berbentuk atap segitiga dengan jalan berupa jembatan kayu di depannya. Panorama ini nampak sangat kontras dengan beberapa gedung bertingkat yang masih bisa dilihat dari beberapa sisi.

Bangunan ini sendiri merupakan pondok penginapan yang juga bisa disewa. Meskipun bertema tradisional, tapi fasilitas di dalamnya sangat lengkap termasuk ada juga yang menyediakan AC.

Baca: Dufan Ancol Tiket & 12 Wahana Top

Fasilitas Taman Wisata Alam Mangrove

Jika ingin berkeliling kawasan dengan naik sepeda, maka di TWA Mangrove Angke ini juga ada jalur khusus untuk bersepeda. Biasanya banyak yang datang bersepeda saat sore hari karena suasananya menjadi lebih menarik.

Untuk fasilitas lain seperti toilet juga tersedia. Selain itu rumah makan berupa kantin terdapat di dekat pintu masuk. Kantin ini juga menarik karena berkonsep alam tradisional berupa saung-saung.

Lokasi Wisata Mangrove Jakarta

Kawasan wisata mangrove jakarta ini berada di Pantai Indah Kapuk (PIK Jakarta) tepatnya di Jalan Garden House RT.8/RW.1 Kamal Muara Penjaringan, RT.8/RW.1, Kamal Muara, Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14470. Informasi dan kontak lebih lanjut silahkan menghubungi (021) 29033066.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,61 | 44 Pembaca

46 KOMENTAR

    • Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi pihak TWA Mangrove melalui telepon atau kirim pesan ke nomor 08111 7878 90. Terima Kasih

    • Dari informasi yang kami dapat. TWA Mangrove belum memperbolehkan anak usia di bawah 5 tahun untuk memasuki kawasan wisata. Terima Kasih

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini