Beranda Tempat Wisata

Tempat Wisata Jakarta Murah & Gratis

Tgl. Update:Senin, Juni 4, 2018
tempat wisata jakarta murah
tempat wisata jakarta murah. img: wikicommons/amelia.guo

Liburan di Jakarta tidak selalu mahal. Beragam Tempat wisata Jakarta murah bahkan gratis bisa menjadi pilihan. Berbagai tempat rekreasi keluarga menawarkan harga tiket masuk mulai dari Rp3000 bahkan tanpa dikenakan biaya.

Meskipun murah dan gratis, tempat-tempat wisata berikut tidak kalah dari yang berbayar. Bahakan tempat wisata yang mahal sekalipun. Sebut saja monumen, museum, atau taman-taman kota, menawarkan aktivitas dan atraksi yang tidak kalah seru.

Berikut beberapa tempat wista Jakarta murah dan bahkan Gratis yang bisa menjadi pilihan.

Monumen Nasional – Monas

Monas menjadi salah satu ikon kota Jakarta. Selain melambangkan perjuangan kemederkaan, tugu setinggi 132 meter ini juga menjadi objek wisata Jakarta. Total luas area Monas tidak kurang dari 80 hektar, dengan luas plataran monumen kurang lebih 2000 meter.

Bagi pengunjung yang ingin berwisata ke Monas tidak dikenakan biaya tiket masuk. Pengunjung hanya akan dikenakan tiket masuk jika ingin mengakses dalam Monumen Nasional. Harga tiket ke dalam Monas juga tidak mahal hanya Rp10.000.

Di dalam bangunan Monumen Nasional pengunjung bisa melakukan banyak hal. Mulai dari mempelajari sejarah di Museum Sejarah Nasional sampai naik ke puncak Monas untuk melihat panorama kota Jakarta.

Bagi yang tidak masuk ke dalam bangunan, beragam aktivitas juga bisa dilakukan di lingkungan taman Monas. Misalnya: Berolahraga, menonton atraksi air mancur, atau melihat rusa, dll.

Museum Nasional Indonesia – Museum Gajah

Museum Nasional Indonesia tempat wisata murah Jakarta yang bisa menjadi pilihan. Menyimpan ribuan benda koleksi warisan budaya mulai dari zaman pra sejarah. Tercatat tidak kurang dari 140.000 benda yang kini dirawat Museum Nasional Indonesia.

Tidak saja benda-benda koleksi budaya, di Museum Nasional juga terdapat berbagai atraksi yang menarik untuk disaksikan. Beragam pameran dan eksibisi, pegelaran budaya, pementasan teater serta kegiatan edukatif lainnya.

Bagi pengunjung yang berencana ke Museum Nasional, tidak perlu menyiapkan budget khusus. Karena harga tiket masuk Museum Nasional sangat murah mulai dari Rp2000 rupiah saja. Dengan harga tiket beberapa ribu pengunjung sudah mendapatkan pengalam wisata yang tak ternilai.

Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan berlokasi di tengah kota Jakarta. Bisa menjadi Oase taman kota yang saya untuk dilewatkan. Bagi pencinta hewan, tempat wisata jakarta murah ini bisa menjadi pilihan.

Memiliki koleksi lebih dari 2000 satwa dan 20.000 flora bermukin di areal tidak kurang dari 140 Ha. Tidak hanya itu, Kebun Binatang Ragunan menjadi salah satu Pusat Primata Indonesia yang khusus menampung berbagai primata dari seluruh Indonesia.

Kebun Binatang Ragunan menwarkan berbagai kegiatan menarik. Mulai dari berkeliling melihat flora dan fauna sampai interaksi langsung dengan satwa.

Harga tiket tempat wisata ini sangat murah. Pengunjung bisa membeli tiket dengan harga mulai Rp3.000 rupiah. Memang beberapa area dan wahana masih dikenakan biaya tambahan. Namun harganya juga tidak mahal mulai dari Rp5000an.

Museum Sejarah Jakarta

Tempat wisata Jakarta murah lainnya antara lain Museum Sejarah Jakarta. Arsitektur bangunan yang bergaya Neoklasik yang pada era pemerintahan kolonial merupakan balai kota Batavia.

Pengunjung dapat menikmati berbagai koleksi sejarah perjalanan kota Jakarta. Selain berbagai benda-benda arkeologi hasil penggalian di daerah Jakarta. Aktivitas menarik yang bisa dilakukan pengunjung antara lain: Wisata Kampung Tua, Jelajah Malam Museum, Workshop Sketsa Gedung Tua, Pentas Seni Ala Jakarta dan masih banyak lagi.

Harga tiket masuk Museum Sejarah Jakarta bisa dikatakan sangat murah. Pengunjung cukup membayar tiket mulai dari Rp3.000 sudah bisa berkeliling museum.

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Idah salah satu pioner tempat wisata murah Jakarta yang terintegrasi satu sama lain. Puluhan permainan, area serta zona wisata bisa dinikmati. Baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Bagi pengunjung yang ingin bermain ke Taman Mini hanya akan dikenakan biaya tiket masuk Rp15.000. Memang untuk bermain atau berkunjung ke wahana dan berbagai zona akan dikenakan biaya tambahan.

Tentu masih banyak tempat wisata Jakarta murah dan gratis lainnya. Seperti taman kota, Gedung tinggi, atau festival budaya. Jadi buat yang mau rekreasi dengan dana terbatas tempat-tempat wisat tersebut bisa menjadi pilihan.