Museum Nasional Indonesia
Museum Nasional Indonesia. img: museumnasional.or.id

Museum Nasional Indonesia atau biasa disebut sebagai Museum Gajah terletak di kawasan Jakarta Pusat, tepatnya di Jalan Merdeka Barat 12. Bangunan dengan gaya klasik ini merupakan museum terbesar pertama di Asia Tenggara.

Gedung yang dibangun pada tahun 1862 ini adalah salah satu wujud pengaruh Eropa yang muncul sekitar abad ke 18. Dikenal sebagai Museum Gajah karena adanya patung gajah di halaman depan bangunan. Patung perunggu tersebut dihadiahkan oleh Raja Chulalongkorn yang berasal dari Thailand pada tahun 1871.

Awal mula berdirinya Museum Nasional Indonesia Tiket & Aktivitas pada saat terbentuknya Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen. Tujuan didirikan lembaga independen tersebut adalah untuk memajukan penelitian pada bidang seni dan ilmu pengetahuan.

Penelitian tersebut dikhususkan pada bidang ilmu biologi, arkeologi, fisika, kesusastraan, sejarah, dan etnologi. Lembaga ini memiliki semboyan berbunyi “Ten Nutte van Het Algemeen” yang artinya “Untuk Kepentingan Masyarakat Umum”.

Museum Nasional Indonesia banyak mengoleksi benda kuno dari seluruh Indonesia seperti arca-arca kuno, prasasti, barang-barang kerajinan, serta benda-benda kuno lainnya. Kemudian dikategorikan ke dalam beberapa bagian seperti etnografi, prasejarah, perunggu, keramik, dan tekstil.

Menurut catatan pada website Museum Nasional Republik Indonesia di tahun 2006, museum ini telah mencapai 140.000 buah koleksi benda-benda kuno. Hal inilah yang menjadikan Museum Nasional Indonesia disebut sebagai museum terlengkap yang ada di Indonesia.

Tiket Masuk Museum Nasional Indonesia

Tiket Museum Nasional Indonesia
DewasaRp5.000
AnakRp2.000
Tiket Rombongan Museum Nasional Indonesia
DewasaRp3.000
AnakRp1.000

Pengunjung dapat menghabiskan waktu liburan di Museum Nasional Indonesia untuk menambah ilmu pengetahuan. Untuk itu, pengunjung wajib membeli tiket masuk dengan tarif yang tergolong sangat terjangkau.

Siapkan biaya yang dibutuhkan untuk membeli tiket sesuai dengan golongan usia pengunjung. Setelah tiket sudah dibeli, maka pengunjung dapat masuk untuk menikmati berbagai koleksi dan beragam penjelasannya yang informatif.

Tiket Museum Nasional yang dikenakan untuk pengunjung dewasa adalah Rp5.000 per orang sedangkan untuk anak-anak dikenakan tarif Rp2.000 per anak. Untuk pengunjung mancanegara atau turis luar negeri dikenakan tarif masuk Museum Nasional sebesar Rp10.000 per orang.

Bagi rombongan harus berjumlah minimal 20 anggota yang akan dikenakan tarif Rp3.000 per orang dan Rp1.000 untuk anak-anak. Harga tiket Masuk Museum Nasional terbilang sangat murah dan terjangkau untuk dapat menikmati liburan dengan mengunjungi Museum Nasional Republik Indonesia.

Waktu Operasional Museum Nasional

Jam Operasional Museum Nasional Indonesia
Selasa – Jumat08.00 – 16.00 WIB
Sabtu – Minggu08.00 – 17.00 WIB

Museum Nasional atau Museum Gajah memiliki jam operasional yang sama dengan museum lain pada umumnya. Pengunjung hanya dapat mengunjungi museum pada hari Selasa sampai dengan hari Minggu. Di hari Selasa sampai Jumat, museum buka dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB.

Sedangkan di hari Sabtu dan Minggu, pengunjung dapat mengunjungi museum dari pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB. Museum tidak beroperasi atau tutup pada hari Senin dan hari libur nasional.

Atraksi & Aktivitas di Museum Nasional Indonesia

Setiap akhir pekan (weekend), Museum selalu memiliki aktivitas dari pagi hingga siang hari. Kegiatan itu biasa dilaksanakan di Gedung B seperti membatik, belajar tarian tradisional, dan pentas dongeng yang bekerja sama dengan Teater Koma. Hal ini ditujukan agar meningkatnya minat masyarakat dengan sejarah, artefak, dan museum itu sendiri. Peserta yang mengikuti pentas dongeng akan dibawa untuk mempelajari masa lalu melalui cerita dan lakon yang menarik.

Kegiatan Tari Tradisional

Kegiatan tari tradisional yang diselenggarakan oleh Museum dinamai sebagai Sekolah Tari Prajnaparamita. Program ini dilaksanakan dari tahun 2016 dan disambut antusias oleh masyarakat sehingga dilaksanakan kembali mulai tahun 2017. Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pengalaman dan wawasan peserta tentang kebudayaan.

Jika ingin mengikuti kegiatan sekolah tari ini, pengunjung dipersilakan mendaftar dan datang langsung pada hari Sabtu mulai pukul 09.30 WIB. Aktivitas tari ini dapat diikuti secara gratis tanpa dipungut biaya apa pun.

Aktivitas Membatik

Kegiatan lainnya yang diadakan oleh museum dan dapat diikuti pengunjung adalah membatik. Tujuan kegiatan ini untuk mengajari pengunjung bagaimana proses membatik dengan alat yang telah tersedia. Pengunjung akan dibimbing oleh pengajar yang ahli dalam proses mewarnai batik menggunakan canting. Aktivitas ini akan menjadi kegiatan akhir pekan yang bermanfaat bagi pengunjung Museum.

Pertunjukkan Teater

Selanjutnya adalah pertunjukan teater yang diadakan di museum yang dapat dinikmati para pengunjung. Cerita yang akan dibawakan para aktor adalah seputar kisah di balik koleksi Museum Nasional Indonesia. Setiap tahunnya museum bisa membawakan 5-7 kisah pertunjukan untuk para pengunjung. Biasanya untuk informasi jadwal pertunjukan akan diumumkan melalui media sosial resmi Museum Nasional Indonesia.

Baca: Alive Museum & Alive Star Ancol Tiket & Aktivitas Seru

Kids Corner

Ada pun aktivitas yang dapat diikuti oleh anak-anak di Museum Nasional Indonesia yaitu kids corner. Kegiatan satu ini biasa diikuti oleh rombongan anak-anak TK maupun PAUD. Tujuan kegiatan ini untuk mengasah kreativitas dengan melukis kendi, mewarnai, dan melukis di kertas. Selain itu, anak-anak juga diperkenalkan dengan permainan tradisional serta cara bermainnya, mengenakan baju adat, hingga menggunakan alat musik tradisional.

Belajar Gamelan

Selain itu ada juga kegiatan belajar gamelan bagi pengunjung yang ingin memainkannya. Gamelan adalah salah satu alat musik tradisional khas Indonesia yang disediakan oleh Museum Nasional Indonesia. Para pengunjung yang ingin mengenal alat musik ini bisa mencobanya secara langsung. Ini merupakan salah satu hal edukatif yang ditawarkan oleh Museum Nasional Indonesia.

Museum Keliling

Ada pula kegiatan yang dinamakan Museum Keliling yang rutin diadakan oleh Museum Nasional bagi pelajar. Tidak hanya disuguhkan dengan pertunjukan pameran bersejarah, Museum Keliling juga menyediakan kegiatan menarik seperti membatik, melukis, bercerita, menonton film, hingga melakukan tour museum virtual.

Baca: Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara) Tiket & Collection

Aktivitas ini tentu menarik karena tidak hanya menyuguhkan konten sejarah dan kebudayaan saja, namun juga pembelajaran kreativitas produk kebudayaan. Walaupun ditujukan bagi siswa sekolah dasar, kegiatan ini juga dipersilakan bagi masyarakat yang hendak turut menyaksikan.

Tour Museum Nasional Indonesia

Tersedia pula layanan aktivitas dan tour yang bertujuan meningkatkan apresiasi masyarakat pada warisan budaya. Kegiatan ini berupa layanan pemandu atau bimbingan kepada pengunjung seperti tamu negara, peneliti, maupun pelajar dan masyarakat umum.

Aktivitas ini akan dibantu oleh tenaga dari bidang kemitraan dan promosi atau oleh para kurator yang mengelola dan merawat koleksi. Hal ini akan memudahkan pengunjung untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai isi museum.

English Tour

Museum Nasional Indonesia juga bekerja sama dengan sebuah organisasi bernama Indonesian Heritage Society. Organisasi tersebut adalah sebuah kesatuan nonprofit yang membantu Museum Nasional Indonesia memandu pengunjung dengan bahasa asing.

Pengunjung yang berasal dari luar Indonesia akan dipandu sesuai dengan bahasa masing-masing negaranya. Para pengunjung dapat menyesuaikan hari apa yang dijadwalkan untuk bahasa yang diinginkan.

English tours biasanya dijadwalkan setiap hari Selasa pukul 10.30 WIB, dan hari Kamis pukul 10.30 WIB juga pukul 13.30 WIB. English tour juga terjadwal pada hari Sabtu kedua dan Sabtu keempat setiap bulannya.

Untuk French tours diadakan di hari Rabu ketiga setiap bulan pada pukul 09.30 WIB. Bagi Korean tours di hari Selasa pertama dan hari Rabu ketiga pada pukul 9.30 WIB. Dan Japanese tours diadakan setiap hari Selasa dan Sabtu pertama pada pukul 9.30 WIB.

Fasilitas di Museum Nasional

Museum Nasional Indonesia menawarkan fasilitas virtual tour bagi para pengunjung tanpa harus mengunjungi museum. Pengunjung dapat melihat lokasi museum dengan pemandangan 360⁰ seperti halnya mengunjungi museum secara nyata.

Pengunjung yang sedang berada di rumah pun kini dapat mengunjungi area Museum Nasional Indonesia melalui perangkat elektronik. Hal ini menjadi sangat menyenangkan bagi pengunjung yang tidak sempat keluar rumah, namun tetap ingin pergi ke museum.

Rute Angkutan Umum Menuju Museum Nasional

Akses untuk menuju Museum Nasional Indonesia bisa dijangkau menggunakan Bus Transjakarta jurusan Kota-Blok M atau Pulogadung. Penumpang dapat turun di Halte Monumen Nasional setelah itu bisa berjalan kaki sebentar.

Selain itu, bisa juga menggunakan Bus City Tour Jakarta yang dapat dijumpai di daerah Pasar Baru sampai Bundaran HI. Bagi penumpang layanan Bus City Tour Jakarta tidak dipungut biaya apa pun alias gratis.

Alamat dan Kontak Museum Nasional

Museum Nasional Indonesia beralamat di Jalan Medan Merdeka Barat No. 12, Gambir, Jakarta Pusat. Untuk informasi lebih lengkap pengunjung dapat menghubungi nomor telepon (021)3868172.

Nomor tersebut juga dapat digunakan sebagai informasi tentang rencana kunjungan melalui Layanan Edukasi. Pengunjung juga akan mendapatkan informasi lengkap mengenai jadwal kegiatan yang ada di museum dengan mengikuti Twitter @MuseumNasional.

Berikan Nilai: 4,21 Very PoorPoorAverageGoodExcellent 14 Voted
Loading...