Trans Banyumas Tarif dan Jadwal

Trans Banyumas

  • Harga Tiket: Rp2.000-Rp3.900
  • Nomor Telepon: -
  • Jadwal Bus: 05.00 WIB - 20.50 WIB
  • Rute: Pasar Pon, Terminal Ajibarang, Terminal Notog, Terminal Baturraden, Terminal Bulupitu, dll.
  • Alamat: Jl. Raya Notog No.51-73, Cilibang, Notog, Kec. Patikraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah , Indonesia , 53171

TRANS BANYUMAS adalah transportasi darat murah warga Banyumas di Purwokerto dan sekitarnya. Bus merah desain batik dan Bagong ini memiliki letak halte yang strategis sehingga penumpang tak kesulitan bila ingin bepergian di dalam kota.

Berawal dari program pemerintah yang menggalakkan “Gerakan Nasional kembali ke Angkutan Umum”, membuat daerah pedesaan terjamah transportasi massal. Tujuan lainnya adalah untuk mengurai kemacetan di titik tengah kota sehingga pengguna jalan akan nyaman dalam berkendara.

Harga Tiket Trans Banyumas

Harga tiket bus yang ditetapkan untuk sekali naik bus keren ini sangat terjangkau hanya Rp3.900. Hal ini bertujuan kalangan masyarakat menengah ke bawah dapat menikmatinya. Apalagi dengan tersedianya banyak jalur ke tempat-tempat wisata membuat warga menggandrungi Trans Banyumas.

Jenis PenumpangHarga Tiket
Masyarakat umumRp3.900
Pelajar, Lansia, DisabilitasRp2.000
Tarif Tiket Bus Trans Banyumas

Baca: TRANS BANJARBAKULA Tarif, Jadwal, Rute & Aplikasi Pembelian Tiket

Rute Trans Banyumas Ajibarang, Notog, Baturraden dan Bulupitu

Jalur Trans Banyumas melayani rute seperti notog, baturraden, purwokerto, dll. Sumber: Gmaps/ Trans Banyumas - Halte BTS Notog.
Jalur Trans Banyumas melayani rute seperti notog, baturraden, purwokerto, dll. Sumber: Gmaps/ Trans Banyumas – Halte BTS Notog.

Bus yang mewakili jati diri warga Banyumas yang tertib dan taat ini telah tersedia untuk 3 rute berbeda. Tiga rute ini saling terintegrasi satu sama lain untuk memudahkan mobilisasi.

Jalur Trans Banyumas Koridor 1

Pasar Pon – Terminal Ajibarang dan sebaliknya. Bus akan melaju dari Pasar Pon menuju SMK Wirotomo, Simpang Banaran, RS Hermina, Terminal Karanglewas, Ponpes Ainul Yaqin, dan terakhir di Pangsar Sudirman.

Selanjutnya bus mengarah ke SMPN 1 Karanglewas, Kecamatan Karanglewas, Pasar Cilongok, Pernasidi, Puskesmas 1 Cilongok, Karanglo, SMPN 3 Ajibarang, SMPN 1 Ajibarang, RSUD Ajibarang, dan terakhir di Terminal Ajibarang. Kemudian kembali ke halte Pasar Pon lagi.

Bus Trans Banyumas Koridor 2

Terminal Notog – Terminal Baturraden. Bus Trans Banyumas akan berangkat dari Terminal Notog ke SMK Aryasatya Utara, Pasar Patikraja Barat, SMAN Patikraja Barat, Ketyasa Kedungrandu Barat, Kantor Desa Sidabowa, Lapangan Sidabowa Barat, Kantor Desa Sidabowa Barat, dan Trowongrejo,

Kemudian ke Kantor Desa Kedungwringin Barat, Perum Kedungwringin, Simpang Pengasinan Barat, Alfamart Tanjung Barat, Taman Makam Pahlawan, Kelurahan Muncang muncang Barat, SDN 4 Kedungwuluh, Pratis Harsa Utara, Pintu DPRD, Omnia, Broderan, SMAN 1, SMKN 2, Simpang Selektif Kebondalem, dan SMAN 4.

Bus selanjutnya menuju RST Wijayakusuma, Simpang 3 Glempang, Unsoed Barat, Graha Widyatama Unsoed, Masjid Al-Ihya, SDN 2 Pabuwaran, Puri Intan Barat, Kantor Desa Pandak Barat, Sapphire Village, SMP PGRI Baturraden, Gerbang Mandala Baturraden, GWK, Desa Wisata Ketenger Barat, dan Terminal Baturraden.

Jalur Trans Banyumas Koridor 3

Terminal Bulupitu Purwokerto – Terminal Kebondalem. Bus melaju dari Terminal Bulupitu Purwokerto ke RS Dadi Keluarga, Universitas NU/POOL BTS, Andang Pangrehan, Griya Karang Indah, SMP Muhammadiyah 2, Keluarahan Tanjung, TMP Tanjung Nirwana, SDN 3 Kedungwuluh hingga ke Terminal Pasar Pon.

Selanjutnya ke Sapphire Regency, Pasar Parakanonje, Apotik Karangsalam, Universitas Wijayakusuma, Tugu Ikan Beji, Beji Lebak, TK Pertiwi, Perum Purwosari Indah, Tugu Batu, Langentirto, SDN 1 Pabuaran, Griya Alam Pesona, Masjid Al-Hidayah,

Setelah itu menuju Kantor Desa Tambaksogra, Tambaksari, Ponpes Darussalam, TPB Simpang Dukuwaluh, TPB UHB, TPB Kelurahan Mersi, TPB Apotek Sehat Sentosa, TPB MI Negri Banyumas, Pasar Wage, CIMB Niaga, dan terakhir di Terminal Kebondalem.

Baca: TRANS METRO BANDUNG Tarif, Rute & Jadwal

Jadwal Trans Banyumas

Jadwal Trans Banyumas tersedia setiap 15 menit: Gmaps/ Trans Banyumas - Halte BTS Notog.
Bus Trans Banyumas memiliki jadwal berangkat setiap 15 menit mulai dari pagi hingga malam hari. Sumber: Gmaps/ Trans Banyumas – Halte BTS Notog.

Jadwal Bus tiap halte berbeda. Bagi penumpang yang ingin berangkat ke sekolah atau tempat kerja di pagi hari bisa memastikan jadwal terlebih dulu agar tidak terlambat. Jadwal bus tersedia di tiap halte. Bisa juga bertanya ke petugas pengemudi atau kru yang lainnya.

Penumpang tak perlu khawatir bila ketinggalan bus atau bus dalam keadaan penuh karena bus akan datang tiap 15 menit jika jalanan lancar.

Nama HalteJadwal paling awal / Jadwal paling akhir
Terminal Ajibarang – Pasar Pon05.00 / 20.50
Terminal Notog – Terminal Baturraden05.00 / 20.50
Terminal Bulupitu – Terminal Kebondalem05.00 / 20.50
Jadwal Trans Banyumas

Cara Pembelian Tiket

Trans Banyumas menjadi angkutan umum murah andalan warga Purwokerto dan sekitarnya. Sumber: Gmaps/ Trans Banyumas - Halte BTS Notog.
Trans Banyumas menjadi angkutan umum murah andalan warga Purwokerto dan sekitarnya. Sumber: Gmaps/ Trans Banyumas – Halte BTS Notog.

Kementrian Perhubungan Republik Indonesia selaku penggagas program “Teman Bus” ini telah tersebar di banyak wilayah di Indonesia, salah satunya di Banyumas.

Direktorat Jendral Perhubungan Darat sebagai penanggung jawab juga saling berkoordinasi dengan pemerintah kota setempat untuk memberi pelayanan transportasi modern dan murah agar memudahkan warga.

Oleh karena itu, sistem pembayarannya pun dipermudah dengan membayar dengan kartu khusus yang dapat diisi kuota. Penumpang dapat membeli kartu tersebut di Alfamart, Indomart, atau Multimart lainnya yang memiliki pelayanan kartu berbayar.

Sementara itu, telah tersedia scan barcode di banyak aplikasi perbankan dan BUMN yang memudahkan penumpang dalam bertransaksi. Sedangkan khusus untuk pelajar, lansia, dan lansia tetap harus menunjukkan kartu khusus walaupun gratis.

Kenyamanan Bus

Interior bus yang bersih dan modern. Kursi dibuat senyaman mungkin. Sumber: Gmaps/ Trans Banyumas - Halte BTS Notog.
Interior bus yang bersih dan modern agar penumpang merasa senyaman mungkin. Sumber: Gmaps/ Trans Banyumas – Halte BTS Notog.

Bus yang khusus diperuntukkan untuk masyarakat umum ini sangat memudahkan dan menguntungkan. Terutama untuk anak sekolah yang harus menempuh perjalanan jarak jauh. Di samping itu, bus berukuran 3/4 ini berusaha menampung banyak penumpang untuk sekali perjalanan.

Sasis Isuzu NQR71 keluaran Karoseri New Armada membuat jenis bus untuk Trans Banyumas semakin terdepan. Bus yang berada dalam naungan PT. Banyumas Raya Transportasi ini menyediakan 52 unit bus dengan 19 kursi dan 2 kursi khusus prioritas di tiap armada.

Interiornya yang elegan dan bersih menjunjung visi untuk menomor satukan penumpang agar terjaga kenyamanan, keamanan, kesejahteraan, serta kesehatannya.

Adanya CCTV di dalam bus juga sangat menunjang keamanan. Bila penumpang merasa ketinggalan barang di dalam bus, dapat segera menghubungi pihak Bus Trans Banyumas dan akan segera menindaklanjuti laporan.

Pada beberapa unit bus Trans Banyumas juga tersedia besi penyangga di depan bus yang berfungsi untuk mengangkut sepeda. Maka bila penumpang ingin melakukan perjalanan dengan membawa sepeda tak perlu khawatir, karena sepeda juga dapat terangkut. Untuk sepeda lipat dapat dibawa serta ke dalam bus.

Berikan Rating

4.4 - 7 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan konten ke:

4 Komentar

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. Selamat malam Kak Anam. Menurut informasi yang kami ketahui, kartu uang elektronik berlaku bagi 1 orang penumpang. Terima Kasih

  2. one words for government : We are Happy. good job
    God bless you

  3. Kenapa trans banyumas tidak ada yg menuju alun alun banyumas atau ke somagede