Trans Metro Deli Tarif, Rute dan Jadwal

Trans Deli

  • Harga Tiket: Rp2.000 - Rp4.300
  • Nomor Telepon: -
  • Jadwal Bus: 04.30 WIB - 19.41 WIB
  • Rute: Lapangan Merdeka, Medan Tuntungan, Pinang Baris, Belawan, Beratagi, dll
  • Alamat: Jl. Bunga Pariama I, Baru Ladang Bambu, Medan Tuntungan, Medan, Sumatera Utara, Indonesia, 20138

Trans Deli atau Trans Metro Deli memiliki daya tarik yang kuat bagi warga Medan untuk naik angkutan umum yang bersih dan aman. Gerakan sosialisasi ini semakin mempengaruhi gaya hidup warga agar beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan publik.

Pasalnya, Trans Metro Deli tak hanya memberi fasilitas yang memadai, tetapi juga menjadi andalan karena tiketnya yang ekonomis. PT. Medan Bus Transport sebagai operator sangat suportif dalam pengembangan sistem. Serta peningkatan kualitas armada sehingga transportasi ini telah berkembang pesat dengan kenaikan jumlah penumpang.

Tarif Trans Metro Deli Medan

Trans Metro Deli resmi meluncur tanggal sejak 22 November 2020. Pada saat itu pemerintah pusat masih memberi subsidi sehingga penumpang tak perlu membayar sama sekali alias gratis. Kemudian tarif baru pun mulai berlaku sejak tanggal 31 Oktober 2022.

Dengan tarif Trans Metro Deli berlaku flat, jauh dekat sama saja. Hali ini tentu saja sangat menguntungkan bagi penumpang yang sedang bepergian jauh.

Jenis PenumpangTarif
Pelajar, Lansia, DisabilitasRp2.000
Masyarakat umumRp4.300
Tarif Trans Metro Deli Medan

Baca: BATIK SOLO TRANS BST Tarif, Jadwal, dan Rute

Pembayaran Tiket Trans Metro Deli

Untuk saat ini pembayaran tiket menggunakan sistem cashless atau tanpa uang tunai. Hal ini supaya memudahkan penumpang bila tidak membawa uang tunai. Penumpang perlu memiliki kartu elektrik yang sudah berisi saldo untuk dapat menaiki transportasi publik ini.

Kemudian di dalam bus telah tersedia alat “tap on bus” untuk membaca kartu tersebut. Penumpang dapat membeli kartu elektrik di tempat-tempat yang sudah terafiliasi dengan pembelian kartu elektrik.

Sementara itu untuk pelajar, lansia, dan disabilitas juga tetap harus menggunakan kartu dengan desain khusus. Selanjutnya untuk jenis kartu yang dapat penumpang gunakan seperti E-money, Flazz, Tapcash, dan Brizzi.

Baca: TRANS BANYUMAS Tarif, Jadwal, & Rute Jalur Koridor 1, 2, 3

Rute Trans Metro Deli Medan Tuntungan, Belawan, dan Lapangan Merdeka

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia mulai mencanangkan adanya transportasi berintegrasi dan salin terhubung. Dengan tujuan agar penumpang tidak kesulitan jika harus bepergian ke area yang jauh.

Layanan rute pun semakin bertambah banyak seiring dengan meningkatnya penumpang. Yang selanjutnya berdampak pada meningkatnya jumlah halte dan armada.

Koridor 1 Rute Terminal Pinang Baris – Lapangan Merdeka

Bus akan mengawali perjalanan dari Terminal Pinang Baris menuju Sundari, Simpang Pinang Baris, Lotte Mart, Imigrasi, RRI, RS Advent, Berastagi Supermarket, RS SMEC, Gajah Mada, Cambridge, Tugu Guru Patimpus, Kantor Walikota, Bank Indonesia, dan selanjutnya ke Lapangan Merdeka Pusat.

Koridor 2 Rute Terminal Amplas – Lapangan Merdeka.

Bus melaju dari Terminal Amplas menuju Amplas, SMK Parulian, ALS, Tritura, Marendal, kehutanan, Simpang Limun, Budi Dharma, Teladan,  Juanda, Taman Sri Deli, Kolam Renang Paradiso, PDAM Tirtanadi, Gedung Juang 45, Kesawan, kemudian ke Bank Indonesia, dan Lapangan Merdeka Pusat untuk selanjutnya kembali ke Terminal Amplas.

Koridor 3 Rute Belawan – Lapangan Merdeka.

Bus bergerak dari Pasar Belawan ke arah Stasiun Kereta Api, Simpang Pahlawan, RS Prima Husada, Simpang PLN, Pertamina, Simpang Syahbudin Yatim, Simpang Serwai, Pasar Impress, Pasar Titi Papan, Rusunawa Kayu Putih, Pabrik Swallow, Pasae Palapa, Simpang Brayan, Maju Bersama, Methodist, Gaharu, kemudian menuju Lapangan Merdeka.

Koridor 4 Rute Lapangan Merdeka – Medan Tuntungan

Bus Trans Metro Deli berangkat dari Lapangan Merdeka menuju ke Pajak Ikan, Bank Mestika, Taman Ahmad Yani, Taman Beringin, Simpang Wahid Hasyim, SDN Jamin Ginting, Simpang Harmonika, GBI Jamin Ginting, RS Bukit Permai, selanjutnya menuju SMP 31 Medan, setelah itu ke Simpang Pasar Siur dan terakhir di Simpang Tuntungan.

Koridor 5 Rute Lapangan Merdeka – Tembung

Bus Trans Metro Deli melakukan perjalanan dari Lapangan Merdeka, Bank Indonesia, Gaharu, Taman Budaya, Metodis, Masjid Juang, Simpang Ibrahim Umar, Sentosa, Aksara, Simpang Mandala, Tol Bandar Selamat, Sai Padang, selanjutnya ke Pejuang Letda Sujono, hingga Prayatna lalu kembali lagi ke titik awal.

Baca: TRANS BANJARBAKULA Tarif, Jadwal, Rute & Aplikasi Pembelian Tiket

Jadwal Trans Metro Deli

Jadwal di tiap halte berbeda sesuai dengan urutan halte. Penumpang dapat memastikan jam keberangkatan dengan melihat di papan jadwal yang telah tersedia di tiap halte. Penumpang juga dapat mencari keberadaan bus dengan mengecek GPS di aplikasi Teman Bus.

Jadwal dapat berubah bila terjadi penambahan halte atau perubahan yang dibuat oleh operator. Biasanya ketika hari besar karena penutupan jalan. Jalur yang dilewati juga bisa saja berubah di kemudian hari bila terjadi kemacetan.

KoridorJadwal Paling Awal / Jadwal Paling Akhir
Koridor 104.30 WIB / 19.41 WIB
Koridor 204.30 WIB / 19.41 WIB
Koridor 304.30 WIB / 19.41 WIB
Koridor 404.30 WIB / 19.41 WIB
Koridor 504.30 WIB / 19.41 WIB
Jadwal Trans Metro Deli

Jenis Moda Transportasi Trans Metro Deli

Interior Trans Deli yang mengutamakan kebersihan dan keamanan. Sumber: Instagram/ Riskyanandasetiawan..
Interior Trans Metro Deli yang mengutamakan kebersihan dan keamanan. Sumber: Instagram/Riskyanandasetiawan.

Trans Metro Deli menggunakan Mercedes Benz dan Hino keluaran Karoseri Piala Mas. Dengan warna hijau khas Deli Serdang memberi pengalaman berbeda ketika penumpang menaikinya.

Bus dalam kota ini melengkapi interiornya dengan CCTV, AC Pendingin, kebersihan yang selalu terjaga, dan kursi yang nyaman sehingga penumpang dapat menikmati perjalanan dengan nyaman.

Di tiap armada juga telah menyediakan 2 pintu agar penumpang tak perlu berdesakan saat naik maupun turun. Satu pintu di depan untuk jalur naik dan pintu lebih lebar yang berada di tengah untuk turun.

Bus Medan modern ini juga telah memiliki 72 unit armada agar dapat mengantar para penumpang di 5 koridor berbeda. Terdapat 2 jenis armada, yaitu yang berkapasitas 40 penumpang dan 60 penumpang. Setiap armada telah tersedia bangku spesial untuk lansia, ibu hamil, disabilitas, hingga untuk orang sakit.

Pemerintah kota setempat bersama operator terus mengupayakan perbaikan armada dan halte agar penumpang merasa lebih nyaman. Masyarakat dapat bersama-sama menjaga fasilitas umum ini dengan baik sehingga dapat lebih awet dan bermanfaat bagi banyak orang di Sumatra Utara dan sekitarnya.

Berikan Rating

4.8 - 6 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *