Trans Metro Dewata Tarif dan Jam Operasional

Trans Dewata

  • Harga Tiket: Rp2.000-Rp4.400
  • Nomor Telepon: 0361-756211
  • Jadwal Bus: 04.30 - 20.23
  • Rute: Kuta, Denpasar, Tabanan, Sanur, Ubud, Benoa, Serangan, Bandara Ngurah Rai, dll
  • Alamat: Jl. Raya Kuta No.67, Kuta, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Indonesia  , 80361

Trans Dewata atau Trans Metro Dewata menjadi angkutan umum andalan di Provinsi Bali. Tujuannya untuk menghubungkan Bandara Ngurah Rai ke berbagai daerah seperti Denpasar, Ubud, dan Tabanan agar mobilisasi masyarakat menjadi lebih mudah.

Program layanan transportasi pemerintah yang bekerja sama dengan pemerintah daerah dan PT Trans Metro Dewata ini digadang-gadang menjadi transportasi yang murah dengan fasilitas yang tak murahan.

Trans Metro Dewata Tarif

Tiket untuk sekali naik sangat terjangkau agar dapat menjangkau semua lapisan masyarakat. Penggunaan tarif sekali naik yang berlaku sejak 31 Oktober 2022 ini meringankan penumpang. Terutama yang akan menempuh perjalanan jarak jauh karena harganya sama saja.

Misalnya untuk tarif naik dari titik awal keberangkatan bus menuju ke titik terakhir bus, penumpang tetap membayar harga yang sama sebesar Rp4.400. Menarik, bukan?

Jenis PenumpangHarga
Pelajar, Lansia, DisabilitasRp2.000
Masyarakat umumRp4.400
Tarif Trans Metro Dewata

Baca: TRANS METRO BANDUNG Tarif, Rute & Jadwal

Rute Trans Metro Dewata Bandara, Ubud, Sanur, Kuta, dan Denpasar

Bus Trans Metro Dewata memiliki rute khusus dan hanya melewati halte-halte tertentu. Penumpang juga hanya bisa naik dan turun di halte yang telah ditetapkan tersebut agar tertib dan aman. Sejauh ini, telah ada 5 koridor yang tersedia di Pulau Bali.

Koridor 1 Rute Sentral Parkir Kuta Badung – Terminal Persiapan Tabanan

Trans Metro Dewata akan berangkat dari Sentral Parkir Kuta Badung menuju Trans Studio Barat, Banjar Buagan Utara, Terminal Tegal, Cineplex Denpasar, Puri Kawan JRO Kuta, Terminal Ubung, Pos Kargo Barat, dan RSUD Kapal.

Selanjutnya bus akan mengarah ke Pasar Kapal Barat, Terminal Mengwi, Warung Kita Dewi Sri, Simpang Kauripan, Sanggulan, Simpang Grogak Selatan, Surya Abadi, dan berikutnya ke Terminal Persiapan.

Koridor 2 Rute Gor Ngurah Rai – Bandara

Trans Metro Dewata melaju dari Gor Ngurah Rai menuju SMAN 7 Denpasar, Banjar Kayumas, RS Udayana, Matahari Mall, Amaris Hotel, Banjar Buagan Selatan, Pasar Abiantimbul Timur, Imam Bonjol Square, Trans Studio Timur, Joger, The Keranjang Kuta, Krisna Kuliner, Perum Komplek Burung Selatan, dan Bandara Ngurah Rai.

Koridor 3 Rute Terminal Ubung – Pantai Matahari Terbit

Perjalanan berawal dari Terminal Ubung ke RS Manuaba, Puri Jero Kuta, Surapati, RS Udayana, Pojok Sudirman, Kantor Samsat, Plaza Renon, SDN 2 Sanur, lalu KFC Sanur, terakhir ke Halte Matahari Terbit untuk kemudian lanjut ke arah Hangtuah, Cineplex, lalu kembali ke Terminal Ubung.

Koridor 4 Terminal Ubung – Sentra Parkir Monkey Forest

Trans Metro Dewata bergerak dari Terminal Ubung ke arah Dharma Alaya Lumintang, Happy Puppy Gatsu, Pasar Agung Timur, Banjar Tembawu Kaje, Asrama Brimob, dan Terminal Batu Bulan.

Kemudian lanjut ke Cening Bagus Barat, Bale Banjar Kalah, Lapangan Candramuka, RS Ganesha, Kantor Desa Celuk, Pasar Seni Sukawati, Banjar Peninjau, Simpang Sakah, RS Ari Santi, Hanoman 1 hingga 3, selanjutnya ke Halte Sentral Parkir Monkey Forest Ubud.

Trans Metro Dewata Koridor 5 Rute Sentral Parkir Kuta – Terminal Ubung

Apabila penumpang naik bus Trans Metro Dewata berangkat dari Sentral Parkir Kuta, maka akan menuju Banjar Abian Base Barat, Grand Mega, Mangrove 2, Kepaon 2, Pelabuhan Benoa, RS Bali Mandara, SMPN 9, Sindu, KFC Sanur, RS Dharma Yadnya Selatan, dan SMPN 14.

Setelah itu bus juga mengarah ke Pura Kesiman, SMAN 7 Denpasar, Terminal Kreneng, Bali Post, Suli, Cellular World Gatsu, Pizza Hut Gatsu, SMPN 10 Denpasar, dan terakhir menuju Terminal Ubung lalu kembali ke Gor Ngurah Rai kemudian mengarah ke Sentral Parkir Kuta.

Baca: TRANS BANJARBAKULA Tarif, Jadwal, Rute & Aplikasi Pembelian Tiket

Jam Operasional Trans Dewata

Menurut jadwal, bus akan datang setiap 15 menit agar penumpang yang ketinggalan Trans Metro Dewata bisa naik armada selanjutnya. Jarak kedatangan yang dekat ini juga memudahkan supaya banyak penumpang tidak terlambat ke sekolah atau tempat kerja.

Penumpang dapat mengecek keberadaan bus melalui aplikasi agar bisa mengantisipasi jam kepergian. Berikut jam keberangkatan yang pertama dan terakhir di masing-masing koridor.

Nama HalteKeberangkatan Pertama / Keberangkatan Terakhir
Central Park Kuta04.30 WITA / 17.50 WITA
Terminal Persiapan06.00 WITA / 19.20 WITA
Gor Ngurah Rai04.30 WITA / 18.15 WITA
Bandara Ngurah Rai06.00 WITA / 19.50 WITA
Terminal Ubung04.30 WITA / 18.20 WITA
Pantai Matahari Terbit06.00 WITA / 20.23 WITA
Sentral Parkir Monkey Forest06.00 WITA / 19.45 WITA
Jam Operasional Trans Dewata

Baca: BATIK SOLO TRANS BST Tarif, Jadwal, dan Rute

Pembayaran Tiket Trans Metro Dewata

Teman Bus Denpasar yang menaungi Trans Metro Dewata ini telah menyediakan beragam cara pembayaran agar memudahkan penumpang. Sistem cashless payment juga sudah berlaku di seluruh Teman Bus Indonesia sehingga terjadi keselarasan.

Penumpang dapat membeli kartu pembayaran di Alfamart dan Indomart yang menyediakan pembelian kartu E-money. Selain itu juga bisa melakukan pengisian saldo agar dapat mengurangi penggunaan uang tunai.

Bila penumpang tak membawa kartu, juga dapat menggunakan E-Wallet dari aplikasi berbayar seperti QRIS.

Bagi penumpang yang masuk golongan pelajar, lansia, dan disabilitas tidak perlu tap kartu. Lansia cukup membawa kartu identitas yang menunjukkan tahun kelahiran sebelum tahun 1962.

Sedangkan untuk pelajar, bila dapat menunjukkan kartu pelajar, berseragam sekolah, maupun anak kecil atau balita, maka tidak perlu membayar. Hal tersebut berlaku agar para pelajar dapat mandiri naik angkutan umum.

Baca: TRANS METRO Deli Tarif, Rute & Jadwal

Bus Bersih dan Rapi Untuk Kenyamanan Penumpang

Trans Dewata dengan tiket ekonomis dan pelayanan prima. Sumber: Gmaps/trans metro Dewata Tabanan Soekarno.
Bus dengan tiket ekonomis dan pelayanan prima. Sumber: Gmaps/trans metro Dewata Tabanan Soekarno.

Bus dengan mesin Isuzu dan Mitsubishi Fuso yang ada sejak September 2020 ini telah memiliki 128 unit. Operator selalu berusaha menjaga kebersihan dan keamanan mesin agar dapat bekerja dengan optimal.

Fasilitas yang ada di dalam bus yaitu AC, APAR, seatbelt di setiap kursi supaya penumpang terjaga keamanannya. Kemudian terdapat pintu darurat dan CCTV yang berada di depan dan di belakang bus agar meminimalkan tindak kejahatan di dalam bus.

Sejauh ini bus Trans Metro Dewata memiliki 2 jenis armada. Bus ukuran sedang dengan kapasitas 40 penumpang dan ukuran besar dengan kapasitas 60 penumpang dengan masing-masing bus dilengkapi 2 kursi khusus untuk lansia dan disabilitas agar bus ini dapat dinikmati oleh beragam penumpang.

Berikan Rating

4.4 - 13 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan konten ke: