7 Toko Oleh-oleh Bandung Terlengkap

Toko oleh-oleh Bandung memang selalu jadi incaran wisatawan saat liburan di Kota Kembang. Ada banyak pilihan istimewa dari Kota Bandung yang cocok menjadi buah tangan. Mulai dari makanan khas hingga kerajinan buatan masyarakat setempat.

Saking beragamnya kuliner Bandung bahkan sudah diakui oleh dunia internasional. Bandung juga menjadi kota terbaik ke-11 di dunia untuk  makanan tradisional. Daripada lama-lama, langsung saja simak daftar Toko oleh-oleh Bandung berikut ini!

1. Toko Oleh-oleh Kartika Sari Bandung

Toko oleh-oleh Bandung dengan aneka pilihan roti dan kue
Kartika Sari menjadi salah satu pusat oleh-oleh paling legendaris di Kota Bandung yang menawarkan aneka kue khas Kota Kembang. Foto: Gmaps/Sunaryat Hasan

Para pecinta wisata kuliner pasti tahu toko kuliner legendaris satu ini. Yang terkenal di Kartika Sari yaitu molennya. Molen yaitu makanan dengan isian pisang, coklat, keju dan lain-lain yang  terbungkus adonan tepung. Bukan hanya molen, ada juga berbagai oleh-oleh lainya, seperti brownies kukus, bagelen oval hingga cheese roll.

Jangan lewatkan pula aneka macam jajanan tradisional seperti kroket, risoles, lemper, bika ambon dan masih banyak lainnya. Saat ini, Kartika Sari memiliki cabang hampir di seluruh wilayah Kota Bandung. Wisatawan bisa menemui toko kue ini di Dago, Antapani, Kopo, Ujung Jerung dan Buah Batu.

Baca: 5 Roti Bakar Bandung Legendaris, Rasanya Bikin Kangen

2. Toko Oleh-oleh di Pasar Kosambi Bandung

Wisatawan bisa membeli aneka jajanan kering dengan harga terjangkau di Toko oleh-oleh Pasar Kosambi Bandung
Kue kering, dodol hingga aneka kerupuk tersedia di Pasar Kosambi, bukan itu saja, harga di sini juga relatif lebih terjangkau. Foto: Gmaps/Imei Ho

Kalau ingin membeli camilan kering sebagai oleh-oleh, datang saja ke Pasar Kosambi. Lokasinya berada di Jalan Jenderal Ahmad Yani No.221-223, Kota Bandung. Pengunjung bisa menemui banyak toko oleh-oleh di pasar ini. Beberapa toko juga menjual aneka camilan popular seperti keripik singkong, brownies kering hingga aneka kerupuk.

Salah satu toko oleh-oleh di Pasar Kosambi adalah Sindang Laris yang berada tepat di gerbang utama. Selain berbagai camilan kering, ada pula penjual yang menawarkan lauk ringan tradisional. Salah satunya yaitu tutut yang merupakan keong sawah. Tutut dimasak dengan rempah-rempah khas Sunda dan bisa menjadi lauk. Untuk harga, aneka camilan di sini dijual per kilogram.

Baca: 7 Cafe di Bandung Tempat Nongkrong Asyik Sambil Ngopi

Wisata Populer Bandung

3. Bandung Makuta Cake

Bandung Makuta merupakan oleh-oleh Bandung yang sedang hits dan wajib dicoba
Oleh-oleh Bandung yang lagi ngehits ini punya banyak varian rasa yang enak dan patut dicoba pastinya! Foto: Gmaps/Kuliner Selebriti

Bandung Makuta Cake menjadi salah satu toko oleh-oleh Bandung yang sering menjadi incaran wistawan. Hal ini tidak lepas dari pemiliknya yang merupakan seorang artis asal Bandung. Yups! Toko kue ini milik Laudya Cynthia Bella. Sejak awal kehadirannya, toko kue satu ini langsung hits dan menjadi oleh-oleh wajib saat berlibur ke Bandung.

Bandung Makuta Cake memiliki produk andalan berupa snow cake.  Setidaknya ada lima rasa yang tersedia, yaitu blueberry, coklat, keju dan karamel. Harganya juga cukup ramah di kantong, yakni sekitar Rp55.000-Rp60.000 saja. Penasaran dengan rasanya? Langsung saja datang ke tokonya yang beralamat di Jalan Van Deventer No.2, Kota Bandung.

Baca: 7 Warung Seafood Bandung Enak dan Murah

4. Mayasari Bakery

Bolen pisang menjadi produk oleh-oleh khas Bandung unggulan Mayasari
Manis legit dari bolen pisang Mayasari memang pantang dilewatkan, sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh setelah liburan di Bandung. Foto: Gmaps/dana lina

Perpaduan pisang dengan balutan kulit pastry ini menjadi cemilan khas Bandung. Saat memakannya, kombinasi rasa lembut, manis dan renyah menjadikan camilan satu ini oleh-oleh wajib dari Bandung. Salah satu tempat  membelinya yaitu di Mayasari Bakery. Lokasinya ada di Jalan Kebon Kawung, tepatnya di dalam Stasiun Bandung.

Buka pukul 08.00-19.00 WIB, pengunjung bisa membeli pisang bolen aneka rasa. Mulai dari pisang molen coklat, pisang molen keju, cheese twist hingga pisang molen peuyeum. Kalau tidak punya waktu untuk datang ke tokonya secara langsung, Mayasari Bakery melayani pembelian secara online kok.

Baca: 7 Rekomendasi Steak Di Bandung Enak & Populer

5. Toko Oleh-oleh Prima Rasa Bandung

Prima Rasa menjadi pusat oleh-oleh lainnya di Bandung yang menyediakan aneka kue
Pilihan yang tepat untuk berburu kue khas Bandung sebagai buah tangan setelah berkunjung ke Bumi Parahyangan. Foto: Gmaps/Tendy Austin Christian

Seperti Kartika Sari, Prima Rasa adalah sebuah toko kue terkenal di Bandung. Berbagai jenis kue, pastry, bolu hingga jajanan tradisional tersedia. Yang tidak boleh terlewatkan dari Prima Rasa adalah browniesnya. Tersedia brownies kukus dan brownies panggang, keduanya enak! Gerai Prima Rasa berada di beberapa lokasi, salah satunya di Jalan Buah Batu No.167A.

6. Cibaduyut

Cibaduyut merupakan pusatnya penjual sepatu hingga tas kulit buatan lokal
Cibaduyut memang tempat yang cocok untuk berburu sepatu dan tas kulit buatan Bandung dengan harga yang terjangkau. Foto: Gmaps/Rezare A

Ingin beli oleh-oleh sepatu atau tas berkualitas tinggi khas Bandung tapi punya budget minim? Nah, Kawasan Cibaduyut, Bandung, bisa menjadi solusinya. Di sini adalah pusat penjualan tas dan sepatu buatan lokal. Sebagian besar terbuat dari bahan kulit dan sangat cocok dijadikan Oleh-oleh Bandung.

Dibuat oleh para pengrajin lokal, produk yang ditawarkan di tempat ini cukup terjangkau. Untuk kualitasnya, gak perlu khawatir! Bandung memang sudah dikenal sebagai industri sepatu terbesar di Indonesia dengan kualitas terbaik. Kalau tertarik, langsung saja ke Jalan Cibaduyut Raya No.7, Kb. Lega, Bojongloa Kidul, Kota Bandung.

7. Bolu Bakar Tunggal

Meski terlihat serupa, bolu bakar ini beda ya dengan roti bakar Bandung
Oleh-oleh satu ini juga enak dijadikan bekal perjalanan, ada aneka varian rasa, bahkan bisa pilih mix isian loh! Foto: Gmaps/denny adrian

Oleh-oleh Bandung berikutnya adalah Bolu Bakar Tunggal. Tempat ini menghidangkan bolu bakar lengkap dengan aneka pilihan rasa. Tidak hanya varian rasa manis, tersedia pula rasa gurih yang layak dicoba. Untuk rasa manisnya ada coklat, nanas, kelapa susu, keju, hingga yang paling spesial roombutter.

Sementara varian rasa asinnya ada abon dan tuna. Pembeli juga bisa memesan varian rasa mix lho! Jadi, bisa mencicipi beberapa rasa sekaligus. Kalau tidak mau antri, Bolu Bakar Tunggal juga menerima pesanan secara online. Praktis kan?

Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *