Beranda Wisata Kuliner

7 Cafe Populer Di Salatiga Nyaman Buat Nongkrong

0

Kota Salatiga salah kota tujuan wisata di Jawa Tengah. Selain menawarkan berbagai atraksi wisata juga wisata kuliner. Tak heran jika banyak bermunculan cafe-cafe dengan beragam tema. Tak hanya asik buat anak muda juga untuk keluarga. Bagi yang ingin menghabiskan waktu sekedar nongkrong berikut 7 Pilihan Cafe di Salatiga yang nyaman untuk bersantai.

1. Kafeole

Suasana adem di Kafeole
Suasana adem di Kafeole. Foto: istagram/kafeole.salatiga

Cafe yang berlokasi di Jalan Tentara Pelajar ini memiliki konsep cafe di taman. Sebagian besar area luarnya berupa taman yang penuh dengan tanaman. Mulai dari bunga hingga pohon-pohon besar yang rindang. Di bagian taman juga tersedia meja dan kursi bagi yang ingin menikmati suasana yang lebih alami. Sedangkan di bagian dalam berkonsep semi terbuka tanpa jendela dan pintu yang sama nyamannya seperti di luar. Bedanya, di dalam ruangan lebih adem terutama ketika datang di siang hari yang panas.

Untuk menu makanannya, tersedia menu nusantara dan western. Seperti Gado-gado, Lasagna, atau Caesar Salad Ole yang porsinya cukup besar dan mengenyangkan. Jika ingin makanan yang lebih ringan, wajib mencoba Udang Mayo dan Pisang Goreng Coklat yang spesial di Kafeole. Sedangkan minumannya, yang menjadi favorit adalah Milkshake Chocolate,
Milkshake Strawberry dan Wedang Uwuh yang cocok diminum hangat-hangat.

Baca: ELING BENING Tiket & Wahana

2. Aromia Coffee

Klepon Coffee yang spesial dari Aromia Cafe
Klepon Coffee yang spesial dari Aromia Cafe. Foto: Instagram/aromia_coffee

Cafe ini memiliki area indoor yang cukup luas dengan konsep nyaman dan hangat seperti di rumah sendiri. Meja dan kursi terbuat dari kayu dan besi, serta dinding bata ekspos mendominasi interior cafe. Meski berlokasi di jalan utama yang padat suasana di dalam cafe tetap tenang dan nyaman. Ruangannya memang tidak terlalu luas, namun tetap terasa lapang. Karena cahaya bebas masuk melalui jendela kaca yang besar di bagian depan.

Untuk makanannya, cafe ini menyajikan beragam menu baik nusantara maupun western, seperti Nasi Goreng spesial Aromia, Krispie Buttermilk Burger, Chicken Cheese Aglio Olio, Sate Rembiga, dan Tuna Dabu-dabu. Jika sedang ingin makan makanan yang lebih ringan, bisa memesan Crispy Chicken Skin yang gurih, atau Chewy Soft Cookies yang manis. Kemudian untuk minumannya yang spesial dari cafe ini adalah Klepon Coffee dan Speculoos Frappe.

3. Soklatok Cafe Salatiga

deretan bangku cafe menghadap jalan
Suasana cafe dengan bangku-bangku serta dekorasi tanaman hias. Foto: Google Map/ Anisti R. Rahardjo

Berlokasi di Jalan Kartini, Salatiga ini, cafe ini mempunyai konsep cafe di taman dengan ruangan indoor semi terbuka. Tidak ada jendela di dalam cafe ini. Meja dan kursi untuk pengunjung tertata dalam ruangan luas yang terbuka hingga ke taman di bagian belakang cafe. Udara dan cahaya bebas masuk dari luar, dengan siluet-siluet cantik dari tanaman gantung dan taman vertikal di sore hari.

Sesuai namanya, cafe ini banyak sekali menyajikan hidangan berbasis coklat, terutama di menu minuman dan makanan ringan. Yang paling istimewa tentunya minuman andalan Soklatok, yakni Soklatok Premium. Ada juga makanan penutup cukup favorit yaitu Puding Choco Cheese Cake dan Puding Talas Choco.

Bagi yang kurang menyukai coklat bisa memesan menu lain seperti Pisang Ngangkang dengan Es Krim, Tropical Juice, Jahe Teh Lemon, atau Salad Buah. Sementara untuk makanan beratnya tersedia Iga Dimadu, Steak Soklatok, dan Chicken Mashed Potato.

4. Pinog Coffee

Menu sarapan favorit di Pinog Coffee
Menu sarapan favorit di Pinog Coffee. Foto: instagram/pinogcoffee.salatiga.

Cafe ini menempati bangunan dua lantai di Jalan Nakula Sadewa Raya. Di lantai satu merupakan ruangan indoor yang menggunakan pendingin ruangan dan bebas dari rokok. Sedangkan di lantai dua merupakan ruangan outdoor yang ditujukan khusus untuk para perokok. Dengan dekorasi dan furnitur dari kayu serta pernak-pernik etnik di setiap dinding.

Untuk makanannya, cafe ini menyajikan beragam menu mulai dari Chicken Twister, Nasi Telur Setan, Chicken Wrap, hingga Lasagna. Untuk makanan yang lebih ringan, bisa mencicip Croffle,
Waffle Strawberry, dan Egg Toast. Sebagai teman minumnya, coba yang segar dan spesial dari Pinog Coffee yakni Fruit Punch dan Asinan Bogor.

5. Langit Senja Cafe Salatiga

Gorengan kekinian dalam Mix Platter di Langit Senja Cafe
Gorengan kekinian dalam Mix Platter di Langit Senja Cafe.

Langit Senja Cafe salah satu cafe outdoor di Salatiga yang nyaman dan cantik pemandangannya. Berlokasi di
Jalan Kutowinangun Kidul tepat di bawah kaki Gunung Merbabu. Dengan kontur yang naik dan turun yang membuat pemandangan sekitar cafe tidak biasa.

Mengusung konsep rumah kaca, cafe ini menawarkan hijaunya bentang alam sejauh 360 derajat langsung dari tempat duduk pengunjung. Belum lagi hawa yang sejuk dan menyegarkan, membuat semakin betah berlama-lama nongkrong.

Menunya yang tersedia cukup lengkap. Untuk makanan ringan teman nongkrong, bisa memesan mulai dari Pisang Goreng Coklat dengan cita rasa lokal, hingga Matcha Waffle yang bernuansa western. Kalau mau gorengan dalam tampilan yang lebih modern, pesan saja Mix Platter, berisi gorengan yang tersaji dalam keranjang cantik yang instagramable. Sedangkan untuk minumannya, wajib mencoba yang spesial dari cafe ini, yaitu Grandpa Coffee Cream dan Coco Beericano.

6. Waroeng Lawas

Coffee Beer yang legendaris dijual di Waroeng Lawas
Coffee Beer yang legendaris dijual di Waroeng Lawas.

Sesuai namanya, cafe ini memiliki konsep serba lawas. Terlihat dari pemilihan furnitur dan dekorasi interiornya. Pengunjung dapat melihat koleksi lawas yang cukup lengkap, mulai dari pesawat telefon hingga sepeda motor kuno. Semua terpajang dan terawat dengan baik. Ada juga sebuah studio musik lawas yang biasanya menjadi tempat untuk live music.

Berlokasi di Jalan Patimura, Salatiga, cafe ini menyajikan masakan khas nusantara yang jarang ada di tempat lain. Misalnya seperti Nasi Tumpang Koyor, Gendar Pecel Rica Ayam, atau Nasi Pecel Peyek. Meskipun sebenarnya makanan sederhana, namun karena sulit ditemukan di masa kini, membuat cafe ini selalu ramai yang ingi bernostalgia.

Jangan lewatkan juga untuk mencoba kue-kue lawas seperti Proll Tape, Pisang Karamel, atau Roti Bakar Kacang. Kue-kue ini pas sekali dinikmati bersama minuman spesial cafe ini, yakni Vanilla Coffee dan Coffee Beer, yang merupakan bir lokal tanpa alkohol yang legendaris.

7. Cafe Kalimera Coffee Salatiga

A Day in Java, signature drink di Kalimera Coffee
A Day in Java, signature drink di Kalimera Coffee.

Salah satu cafe yang wajib didatangi pecinta kopi di Salatiga adalah Kalimera Coffee. Menawarkan menu kopi yang spesial, yakni A Day in Java. Sebuah perpaduan jamu dan kopi yang melebur menjadi satu, antara kunyit dan asam jawa dengan kopi Arabika. Tidak hanya itu, ada juga minuman favorit lainnya yaitu non kopi, seperti Black Peach dan Red Pineapple. Untuk menemani minuman-minuman ini, coba pesan yang spesial di cafe ini seperti Nasi Goreng dan Mie Goreng Kalimera, Egg Toast, dan Chicken Steak.

Cafe ini berlokasi di Jalan Seruni, Salatiga, yang memiliki konsep modern minimalis. Dengan ruangan yang tidak seberapa luas -hanya dapat menampung tujuh meja-, pengelola memilih furnitur yang simpel dan modern, yang membuat suasana tidak sumpek dan terasa lebih luas. Dinding kaca yang tembus pandang ke luar memberi kesan lapang dan tidak membosankan. Cahaya yang bebas masuk ke dalam cafe membuat suasana lebih hangat, membuat pengunjung betah berlama-lama di akhir pekan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini