Di Ambarawa terdapat wisata dan restoran dengan keindahan yang luar biasa di ketinggian 700 mdpl. Tempat wisata yang bernama Eling Bening ini, menawarkan pemandangan alam yang indah. Beberapa diantaranya adalah pemandangan pegunungan, danau, persawahan serta kota Ambarawa.

Resort yang menggabungkan aktvitas rekreasi dengan beragam fasilitas lengkap. Berada tidak jauh dari danau rawa pening dikelilingi deretean 8 pegunungan dan area persawahan. Semuanya siap menghibur wisatawan yang berekreasi ke tempat wisata ini.

Harga Tiket Masuk Eling Bening

Wisatawan yang datang dan berekreasi ke objek wisata ini akan dikenakan biaya tiket. Harga tiket masuk berlaku sama untuk periode kunjungan hari biasa atau akhir pekan.

Harga Tiket Masuk Eling Bening
Tiket MasukRp20.000
Tiket BerenangRp20.000
Harga MakananRp20.000 – Rp40.000

Baca: Candi Borobudur Magelang Tiket & Aktivitas

Jam Buka Eling Bening

Untuk bisa menikmati pemandangan dari kawasan wisata ini pengunjung bisa datang setiap hari. Tempat wisata ini buka dari pagi hingga sore hari.

Jam Operasional
Senin – Jumat08.00 – 18.00
Sabtu Minggu07.30 – 18.30

Kegiatan Wisata di Eling Bening

Berbagai aktivitas bisa dilakukan di keindahan alam. Tidak saja deretan pegunungan Merbabu, Ungaran tapi juga danau dan persawahan. Belum lagi kelezetan berbagai menu restoran yang ditawarkan. Sayang untuk dilewatkan jike berlibur ke daerah Ambarawa.

Keindahan Deretan Pegunungan

keindahan deretan pegunungan dari eling bening
Menikmati keindahan alam deretan pegunungan dari eling bening. Foto: Google Maps/Fransiska Ayu

Pengunjung yang datang ke sini dapat menikmati rentetan puncak gunung. Setidaknya, pengunjung bisa melihat 12 puncak gunung. Barisan gunung yang besar yang bisa dilihat adalah Gunung Merbabu, Andong, Telomoyo.

Deretan puncak gunung yang terlihat dari objek wisata ini bisa menjadi obat tersendiri untuk pecinta gunung. Terutama jika cuaca tidak memungkinkan dan membuat pendakian tertentu. Misalnya karena jalur pendakian yang ditutup untuk jangka waktu tertentu.

Salah satu spot yang bisa digunakan untuk menikmati pemandangan ini dari ayunan yang ada di Eling Bening. Wisatawan bisa memilih untuk memainkan ayunan yang menghadap atau membelakangi pemandangan Danau Rawa Pening. Atau Ayunan yang membelakangi pemandangan puncak gunung. Sangat cocok dijadikan spot foto dengan latar pemandangan yang menawan.

Baca: Taman Bunga Celosia Tiket & Aktivitas

Suasana Malam Hari di Eling Bening

suasana eling bening malam hari
Pemandangan suasana eling bening malam hari. Foto: Instagram/eling_bening

Dari atas keindahan Ambarawa bisa terlihat dengan jelas, termasuk Rawa Pening. Nuansa hijau alam perpaduan perkebunan karet dan kopi menjadi daya tarik tersendiri. Selain perkebunan, paduan pemandangan perkampungan dan jalan lingkar Ambarawa juga menarik perhatian.

Apalagi sore menjelang malam. Romantisme kerlip lampu kota Ambarawa sudah mulai menghiasi lanskap perbukitan. Ditambah lagi siluet samar gunung yang terlihat dari kawasan wisata ini. Keindahan sore menjelang malam hari ini bisa menjadi objek foto yang sangat cantik sebagai kenang-kenangan liburan.

Pemandangan matahari terbenam juga bisa dilihat dari kawasan wisata ini. Pengunjung bisa datang saat sore hari untuk melihat matahari terbenam. Mengambil foto perpaduan kemuning matahari, langit dan hijaunya pemandangan alam Ambarawa.

Baca: Museum Kereta Ambarawa Api Tiket & Aktivitas

Mengabadikan Keindahan Alam

panorama keindahan alam sekitar
Keindahan panorama keindahan alam sekitar objek wisata. Foto: Google Maps/Rizal Ajha

Eling Bening menawarkan keindahan panorama yang saying untuk dilewatkan. Selain pemandangan alam, taman bunga dan kolam renang menjadi tempat favorit untuk foto. Pengunjung bisa datang saat pagi hari agar bisa mendapatkan foto seperti sedang ada di atas awan.

Pengunjung juga bisa menaiki anjungan yang berbentuk naga. Di anjungan tersebut, pengunjung bisa leluasa berfoto dengan latar pemandangan alam. Namun, pengunjung tidak bisa terlalu banyak berada di anjungan agar tidak terjadi kelebihan muatan yang bisa membahayakan.

Jika ingin mendapatkan foto dengan latar pemandangan dan anjungan, bisa berfoto di dekat anjungan. Pengunjung dapat berdiri di sisi dekat kepala naga. Dengan pengambilan foto yang baik, foto dengan latar anjungan naga dan pemandangan alam, bisa diperoleh.

Baca: Atlantic Dreamland Salatiga Tiket & Wahana

Infinity Pool Berlatar Pegunungan

kolam renang infinity berlatar gunung
Berenang di kolam infinity dengan latar pegunungan. Foto: Google Maps/Shofani Ahmad

Pengunjung juga bisa berenang di Eling Bening. Sensasi berenang di atas awan di kolam renang berair jernih ini, menjadi salah satu favorit pengunjung. Apalagi saat berenang, pengunjung juga bisa berselfie dengan latar pemandangan alam Ambarawa.

Melakukan Senam

Khusus untuk hari Minggu area wisata ini buka lebih pagi. Hal tersebut disebabkan karena komunitas senam yang datang untuk melaksanakan senam. Udara pagi yang sejuk ditambah dengan dengan pemandangan yang indah, membuat senam lebih menyenangkan.

Menikmati Menu Restoran

Menu makanan di restoran eling bening
Berbagai menu makanan bisa dicoba di restoran yang tersedia di area wisata ini dengan harga bersahabat. Foto: Google Maps/Slamet Widodo

Eling Bening menawarkan beragam menu di restoran. Salah satunya adalah es krim yang pas untuk dinikmati kala cuaca terik. Pengunjung bisa memilih untuk menikmati masakan di dalam atau di luar restoran sambil menikmati pemandangan.

Berbagai menu makan tradisional juga bisa ditemui di restoran eling bening. Mulai dari ikan bakar, rawon, nasi goreng, bihun, soto, baso, sop dan masih banyak lagi. Harga makanan di Eling Bening juga tidak terlalu mahal mulai dari Rp20.000 – Rp40.000. Sangat layak dengan suasana dan pemandangan yang ditawarkan.

Baca: Ayanaz Gedongsongo Tiket & Spot Selfie

Kegiatan Outbound

Pengunjung terutama anak-anak bisa menikmati beragam kegiatan outbound. Mulai dari memanjat tali, menyusuri tali, menjaring ikan hingga flying fox. Kegiatan ini bisa memacu perkembangan motorik dan keberanian anak.

Di tempat outbound yang ada di sinijuga tersedia trampoline dan kuda. Anak-anak bisa melompat-lompat di trampoline yang dilengkapi dengan jaring agar tetap aman. Selain itu juga bisa merasakan menunggang kuda yang disewakan.

Bersepeda

bersepeda di Eling Bening
bersepeda di Eling Bening. foto: instagram/eling_bening

Untuk sampai ke sini pengunjung juga bisa menggunakan sepeda. Melalui lintasan yang kondisinya cukup bagus, mempermudah para pesepeda untuk sampai ke lokasi. Namun, sepeda hanya boleh sampai bagian luar, tidak boleh dibawa masuk, karena faktor keamanan.

Berkemah

Di tempat wisata ini juga memiliki camping ground. Di sini pengunjung dapat mendirikan tenda misalnya untuk mengadakan acara berkemah dengan keluarga. Sebelum menggunakannya, pengunjung bisa menghubungi pengelola untuk pemesanan tempat. Ataupun untuk mengetahui peraturan yang harus dipatuhi jika hendak berkemah.

Fasilitas Di Eling Bening

Eling Bening mmeiliki fasilitas seperti lahan parkir luas. Selain itu di kawasan objek wisata ini sudah dilengkapi dengan mini market, toilet, tempat ibadah, tempat makan. Terdapat pula taman bermain untuk anak-anak bagi wisatawan yang membawa anak.

Lokasi Eling Bening Ambarawa

Objek wisata ini berada di Jl. Sarjono, Amarawa, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Pengunjung bisa menghubungi 0857-2956-5656 atau d 0821-3300-6969 untuk informasi lebih lanjut.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,50 / 4 pembaca