Beranda Berita Wisata

TN Kelimutu Tutup Sementara Akibat Cuaca Buruk

0

Taman Nasional Kelimutu yang ada di NTT terpaksa tutup untuk sementara. Alasan penutupan sementara ini karena cuaca yang ekstrem dan tak menentu. Namun pihak dari Taman Nasional menyatakan bahwa penutupan ini hanya selama 2 hari saja. Kabar tutup sementara TN Kelimutu ini diketahui lewat surat edaran yang diunggah di laman Instagram BTN Kelimutu.

Unggahan surat edaran pada hari Rabu kemarin tanggal 26 Januari 2022. Dalam suratnya, pihak dari BTN Kelimutu menjelaskan bahwa penutupan tempat wisata ini berdasarkan pada bibit siklon tropis yang terjadi pada periode waktu yang tertera.

“Sobat Kelimutu, berdasar dari surat Deputi Bidang Meteorologi Klimatologi dan Geofisika tanggal 26 Januari 2022 perihal Peringatan Dini Cuaca 26 Januari – 28 Januari 2022. Terpantau adanya bibit Siklon Tropis 91W di Laut Sulu yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari perairan Filipina bagian Selatan hingga laut Sulu“ Penjelasan pihak BTN Kelimutu pada surat edaran.

Baca: Pesona Wisata DANAU KELIMUTU Ende

Dari informasi BMKG, hujan lebat, kilat, dan petir telah terjadi di sejumlah kawasan di NTT. Berdasar dari pengamatan petugas lapangan, belakangan ini memang sering terjadi cuaca buruk. Yaitu hujan dengan angin kencang di Taman Nasional Kelimutu dan berpotensi membahayakan pengunjung. Karena adanya cuaca buruk dan tak menentu, daripada beresiko membahayakan pengunjung maka lebih baik tutup sementara saja.

“Maka bersama dengan informasi ini kami melakukan penutupan mulai dari tanggal 27 Januari hingga 28 Januari 2022 dan selanjutnya akan dilakukan evaluasi lebih lanjut“ Bunyi informasi lengkap yang ada di dalam surat edaran tersebut.

Hendrikus Rani Siga — Kepala Balai Taman Nasional Kelimutu juga membenarkan kabar penutupan sementara Taman Nasional Kelimutu ini.

“Jadi hanya berlaku selama dua hari saja yakni mulai Kamis, 27 Januari hingga Jumat, 28 Januari“ jelas Hendrikus. Harapannya setelah penutupan dua hari ini. Cuaca bisa kembali cerah sehingga Taman Nasional Kelimutu bisa buka kembali.

Baca: TAMAN NASIONAL WAKATOBI Tiket & Aktivitas

Taman Nasional Kelimutu akan buka kembali setelah beberapa bulan harus tutup selama penerapan PPKM Level 4. Bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga, bisa memilih Taman Nasional Kelimutu sebagai destinasi alam. Taman Nasional Kelimutu dan wisata danau 3 warna kembali memang sudah buka untuk umum. Namun tetap harus mematuhi protokol kesehatan dengan ketat.

Pembukaan kembali Taman Nasional dengan batas maksimum pengunjung per harinya 300 orang. Pihak BTN Kelimutu juga menambahkan bahwa syarat pengunjung bisa masuk ke dalam Taman Nasional Kelimutu adalah sudah melakukan vaksinasi sebanyak 2 kali. Syarat lainnya yang juga harus dicatat, adalah pengunjung harus membeli tiket secara online, dan minum menggunakan tumbler atau tempat minum bukan air kemasan.