Beranda Berita Wisata

Wisata Kuliner Mawarung Baimbai Buka Lagi

0

Pernah mendengar wisata Mawarung Baimbai? Wisata Mawarung Baimbai ini adalah salah satu tempat wisata di Kalsel. Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalsel (Kalimantan Selatan) memberikan izin bagi tempat wisata kuliner ini untuk buka kembali. Berada di bawah Jembatan Banua Anyar di Banjarmasin Utara. Akhirnya tempat wisata kuliner ini dibuka setelah hampir 2 tahun lamanya tutup akibat dampak Pandemi COVID-19.

Lokasi dari Wisata Mawarung Baimbai ini dekat dengan Museum Wasaka. Di mana Museum Wasaka sendiri menyimpan berbagai macam benda di masa peperangan pimpinan Brigjen Hasan Basri di Provinsi Kalsel melawan penjajah Belanda.

Nama Wisata Mawarung Baimbai ini pun memiliki arti yang harus pengunjung ketahui. Mawarung dalam bahasa Banjar artinya nongkrong di warung untuk minum dan makan. Sedangkan untuk Baimbai sendiri artinya bersama-sama.

Baca: Waterboom Banua Anyar Tiket & Wahana

Bagi yang belum tahu, wisata kuliner Mawarung Baimbai yang berada di bawah jembatan Banua Anyar ini sudah berdiri sejak tahun 2019. “Setelah harus tutup akibat dampak Pandemi COVID-19 sekitar kurang lebih hampir 2 tahun. Sabtu tadi wisata kuliner Mawarung Baimbai kembali buka ujar Ikhsan Al-Haq, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin.

Area Wisata Mawarung Baimbai ini menyediakan sebanyak 32 usaha kecil atau pedagang kuliner khas Banjar. Mulai dari penjual makanan, kue, hingga minuman. Pengunjung bisa menemukan berbagai kuliner khas Banjar dengan harga terjangkau. Kawasan wisata kuliner buka mulai dari haru Selasa hingga Sabtu, mulai dari jam 15.00 WITA sampai selesai.

“Banyak sekali jenis kuliner yang bisa kita temukan di sini. Mulai dari ketupat, lapat, mie habang, nasi kuning. Kemudian untuk kue khas Banjar ada kakoleh, putu mayang, dan banyak lagi jenis kue khas lainnya. Dijamin suka semuanya“ Imbuh Ikhsan.

Baca: Amanah Borneo Park Tiket & Wahana

Meski kasus COVID-19 di Banjarmasin sendiri sudah sangat turun, namun Pandemi COVID-19 belum berakhir. Pemerintah Kota tetap meminta masyarakat yang datang ke tempat wisata kuliner Mawarung Baimbai ini mematuhi protokol kesehatan yang ada. Seperti dengan tetap menggunakan masker dan jaga jarak, menghindari kerumunan. “Pedagang dan juga pengunjung wajib untuk disiplin protokol kesehatan“ tegas Ikhsan.

H Muhammad Yamin, Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin mengatakan bahwa pihaknya mendukung penuh pembukaan obyek wisata kuliner di bawah Jembatan Banua Anyar tersebut. “Kami mendukung langkah pemerintah kota, tentunya harus ketat diterapkan protokol kesehatan. Karena seperti yang kita tahu bahwa Pandemi COVID-19 ini belum berakhir“ ucap Yamin.

“Kami berharap juga dengan adanya langkah ini, ekonomi masyarakat bisa kembali bangkit. Namun kita juga harus tetap waspada, karena kasus COVID-19 dengan varian baru yaitu Omicron semakin tinggi. Jangan semua kendor untuk disiplin protokol kesehatan“ imbuh Yamin.