Beranda Tiket Wisata

CANDI AGUNG AMUNTAI Tiket & Daya Tarik - Oktober 2020

Candi Agung Amuntai
Harga Tiket: Rp3.000 - Rp4.000 Jam Buka: 10.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Sungai Malang,Amuntai Tengah,Hulu Sungai Utara,Kalimantan Selatan,Indonesia,71471.

Candi Agung Amuntai merupakan salah satu situs peninggalan Kerajaan Negara Dipa. Situs ini dibangun oleh pendiri kerajaan tersebut yakni Empu Jatmika pada abad ke-14. Kerajaan Negara Dipa merupakan cikal bakal kota Amuntai yang berdiri saat ini.

Candi Agung Amuntai kini berada di bawah pengelolaan Disporapar Kabupaten Hulu Sungai Utara. Obyek wisata ini memiliki sejumlah spot menarik yang bernuansa sejarah. Pengunjung pun bisa melakukan wisata edukasi sejarah dan budaya di situs candi ini.

Harga Tiket Masuk Candi Agung

Pengunjung tak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk masuk ke bangunan bersejarah ini. Karena tiket masuknya tidak dipatok dengan harga yang cukup murah.

Harga Tiket Masuk
AnakRp 3.000
DewasaRp 4.000

Baca: Destinasi Wisata Terbaik Di Hulu Sungai Utara

Jam Buka

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Candi Agung Amuntai adalah siang hari. Sambil beristirahat, pengunjung bisa berjalan-jalan ke spot-spot menarik di dalam obyek wisata ini.

Jam Buka
Setiap Hari10.00 – 17.00

Ragam Daya Tarik Wisata Candi Agung Amuntai

Pintu masuk Candi Agung Amuntai
Pintu masuk yang menyambut kedatangan pengunjung Candi Agung Amuntai.
Foto: Google Maps/ Fathur Rachim

Kawasan situs sejarah yang satu ini memiliki luas sekitar 1 hektar. Tak lupa ada banyak spot unik yang kental akan sejarah. Ada juga hal-hal menarik berbau mistis yang menarik untuk diketahui.

Museum Candi Agung

Melakukan wisata edukasi di museum di kompleks Candi Agung Amuntai
Pengunjung bisa melakukan wisata edukasi di museum Candi Agung Amuntai.
Foto: Google Maps/ Razma Razma

Di dalam kompleks candi Agung terdapat museum untuk wisata edukasi. Museum tersebut berbentuk rumah adat Banjar yang menggambarkan kearifan lokal daerah setempat. Lokasi museum ini berada di depan kompleks, sehingga mudah terlihat oleh pengunjung.

Museum tersebut menyuguhkan sejumlah benda peninggalan zaman kerajaan. Salah satunya yakni batu bata yang diduga merupakan material untuk membangun situs tersebut. Pengunjung juga bisa menyaksikan beberapa benda temuan para arkeolog. Benda temuan yang dimaksud yakni berbagai macam tembikar dengan huruf China.

Pengunjung juga bisa mempelajari sejarah tentang Candi Agung di museum ini. Informasi mengenai sejarah Candi Agung bisa didapat dari foto-foto yang dipajang. Di dinding museum ini dipasang sejumlah foto dokumentasi saat ditemukannya Candi Agung.

Telaga Darah

Setelah mengunjungi museum, pengunjung bisa melanjutkan kunjungan ke telaga darah. Letak spot ini tak jauh dari museum yakni di belakangnya. Telaga darah memiliki bentuk yang menyerupai sumur.

Menurut sejarahnya, sumur ini dinamakan telaga darah karena pernah dijadikan tempat pembunuhan. Konon pada zaman kerajaan, tempat ini pernah menjadi saksi bisu terbunuhnya dua saudara. Peristiwa pembunuhan tersebut melibatkan Sukmaraga dan Patmaraga sebagai korban. Sedangkan pelakunya adalah paman mereka yang bernama Lambung Mangkurat.

Pertapaan Pangeran Suryanata

Spot favorit pengunjung yang ingin melakukan ritual
Pertapaan Pangeran Suryanata sebagai tempat ritual.
Foto: Google Maps/ andi felani

Selanjutnya, pengunjung bisa masuk ke pertapaan Pangeran Suryanata. Lokasi pertapaan ini berada di depan situs Candi Agung. Pengunjung dapat menyaksikan sejumlah orang yang melakukan ritual di tempat tersebut. Tak heran jika di pertapaan ini banyak ditemukan kain kuning sebagai perlengkapan ritual.

Situs Candi Agung

situs candi agung amuntai yang kental suasana mistis
Pengunjung bisa menyaksikan situs Candi Agung Amuntai yang kental akan kemistisannya.
Foto: Google Maps/ ratna afriani

Meski namanya candi, namun situs ini tidak berbentuk bangunan candi pada umumnya. Situs candi Agung hanya berupa sejumlah bongkahan batu bata. Situs tersebut memiliki tinggi sekitar 25 centimeter.

Banyak yang menyebut situs Candi Agung seperti pondasi bangunan. Situs ini di tengahnya terdapat kolam kecil. Beberapa bagian susunan bata diberi penutup untuk mencegah terjadinya kerusakan pada situs ini.

Suasana mistis sangat terasa karena banyak pengunjung yang berthawaf di situs ini. Pengunjung yang melakukan ritual tersebut biasanya berkeliling sebanyak 3, 5, hingga 7 kali. Ritual ini mereka lakukan karena memiliki hajat tertentu.

Sumur Tiang Sembilan

Selain sebagai obyek wisata, Candi Agung Amuntai juga difungsikan untuk sejumlah ritual. Salah satu ritual yang biasanya dilakukan pengunjung adalah Mandi Bedudus. Ritual tersebut biasanya dilakukan di Sumur Tiang Sembilan. Ritual ini sering dilakukan oleh pengunjung yang memiliki hajat.

Ritual mandi ini menggunakan air yang diambil dari sumur Putri Junjung Buih. Perlengkapan lainnya untuk ritual ini yakni sebuah kain kuning. Kain tersebut nantinya harus disimpan pengunjung di pemandian ini.

Selain kain kuning, ada banyak hal yang perlu disiapkan. Sejumlah hal yang harus disediakan mulai dari sesajen, mayang pinang, dan lain sebagainya. Tempat pemandian tersebut tak hanya dijadikan sebagai ritual Mandi Bedudus. Banyak pengunjung yang memandikan bayinya agar terhindar dari penyakit.

Fasilitas

Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola sudah cukup lengkap. Sejumlah fasilitas yang ada antara lain tempat parkir yang luas, toilet, hingga warung. Pengunjung bisa memanfaatkan fasilitas yang ada sesuai kebutuhan.

Rute & Lokasi Candi Agung Amuntai

Candi Agung beralamat di Sungai Malang, Kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara. Lokasi obyek wisata yang satu ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Amuntai. Sehingga, pengunjung dianjurkan berangkat ke sini dari pusat kota.

Obyek wisata ini juga mudah dicapai dari ibukota Kalimantan Selatan yakni kota Banjarmasin. Perjalanan menuju lokasi candi hanya membutuhkan waktu 4 jam dari Banjarmasin. Dari Banjarmasin, sebaiknya pengunjung mengambil arah kota Kandangan. Selanjutnya tinggal mengikuti arah hingga menemukan papan petunjuk bertuliskan Candi Agung Amuntai.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini