Curug Cikaso Harga Tiket: Rp3.000 Jam Buka: 08.00 - 18.00 No. Telepon: - Alamat: Desa Ciniti,Cibitung,Sukabumi,Jawa Barat,Indonesia,43172.

Curug Cikaso merupakan salah satu air terjun terindah yang terdapat di Sukabumi Jawa Barat. Suasananya sejuk dengan air jernih hijau kebiru-biruan, dan dikelilingi pepohonan yang rimbun. Pesona keindahannya sangat menawan, bahkan banyak wisatawan yang mengatakan keindahannya mirip dengan lukisan.

Harga Tiket Masuk Curug Cikaso

Untuk menikmati keindahan alam dan air terjun, wisatawan tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Karena harga tiket masuk yang ditawarkan sangat murah.

Harga tiket masuk Curug Cikaso
 Senin – MingguRp3.000

Baca: Geopark Ciletuh Sukabumi Tiket & Pesona Alam

Jam Buka

Objek wisata ini buka setiap hari baik hari biasa maupun akhir pekan. Wisatawan bisa berkunjung dari pagi hingga sore hari.

Waktu operasional
 Senin – Minggu08.00 – 18.00

Ragam Aktivitas Wisata di Curug Cikaso Sukabumi

Curug Cikaso Sukabumi memiliki lebar 100 m dengan ketinggian mencapai 80 m
Curug Cikaso Sukabumi memiliki lebar 100 m dengan ketinggian mencapai 80 m. Foto : Google Maps/Entis Sulesutisna

Memasuki area air terjun, wisatawan akan merasa seperti memasuki taman yang indah. Pemandangan alami yang melingkupi sekitar air terjun bernuansa alam yang subur, segar dan alami.

Treking dan Naik Perahu

Pengunjung yang sedang naik perahu
Untuk menuju ke air terjun wisatawan dapat melalui jalur sungai dengan menyewa perahu berkapasitas 10 orang. Foto : Instagram/td.yudha85

Untuk menuju ke Curug Cikaso, wisatawan perlu melakukan treking terlebih dahulu. Perjalanan dengan berjalan kaki ditempuh sejauh kurang lebih satu kilometer.

Wisatawan akan menempuh perjalanan menyusuri jalan setapak berbatu ditemani pemandangan alami, sejuk, dan indah. Sebelum mencapai air terjun, wisatawan akan melewati persawahan, dan area hutan.  Mendekati lokasi, wisatawan akan mendengar suara gemuruh air terjun setinggi 80 meter itu.

Baca: Santasea Waterpark Sukabumi Tiket & Wahana

Opsi lainnya, wisatawan dapat menggunakan jalur sungai dengan menyewa perahu. Harga sewa per perahu Rp 50.000 – 70.000, dengan kapasitas sekitar 10 orang. Selama perjalanan, wisatawan dimanjakan dengan keindahan alam kawasan hutan tropis serta tebing-tebing menjulang.

Menyusuri Sungai Cikaso

Aktivitas wisata lainnya adalah menyusuri Sungai Cikaso yang mengalir setelah kolam. Pemandangan alam di sekitarnya terasa sejuk dan asri karena dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan. Sungai tersebut juga bertingkat dengan banyak bebatuan di tengahnya.

Aliran airnya yang sangat jernih membuat dasar sungai mudah terlihat. Sungai ini menjadi tempat yang terbaik untuk mendapatkan pemandangan air terjun. Karena dari sungai ini, Air Terjun akan terlihat megah nan indah.

Menikmati Pesona Air Terjun

Suasana di air terjun cikaso
Mengagumi pesona keindahan Curug Cikaso Sukabumi dari tepian aliran sungai. Foto : Google Maps/Ceng Chiang

Air terjun Cikaso memiliki tiga curahan air setinggi 80 meter, dengan lebar sekitar 100 meter. Suasana asri dan dinginnya udara membuat area sekitar air terjun terlihat begitu menawan. Suara deru gemuruh dari volume air tersebut juga menambah pesona dan keindahan curug.

Ketiga terjunan berasal dari satu sungai yang alirannya dibelah oleh bebatuan tebing. Paling kiri Curug Asepan, di tengah Curug Meong , dan paling kanan Curug Aki. Di bawah ketiga air terjun tersebut, terdapat sebuah kolam berwarna hijau kebiru-biruan. Airnya bermuara hingga muara Tegal Buleud yang berada di bawah Curu Cikaso.

Berburu Fose dan Objek Fotografi

suasana sungai dan air terjun
Berfoto dengan latar air terjun Curug Cikaso Sukabumi. Foto : Google Maps/imam muhajirin

Keindahan Curug Cikaso yang memesona kerap dijadikan ajang hunting foto. Mulai dari yang baru belajar hingga fotografer yang sudah profesional.

Berdiri di atas bebatuan menjadi angle favorit wisatawan untuk berfoto. Dengan latar belakang dua aliran air terjun dari Curug Asepan dan Curug Meong,

Peringatan Keamanan dan Mitos Curug Cikaso

Di bawah air terjun terdapat kolam besar dan dalam yang terbentuk dari hempasan deras. Beberapa papan peringatan dipasang agar wisatawan tidak berenang di bawah air terjun. Sebab selain dalam, dikhawatirkan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Di balik keindahannya, Curug Cikaso menyimpan cerita mistis yang berkembang menjadi mitos. Konon, bagian Curug Aseupan adalah lokasi bersemayamnya Nyi Blorong. Sementara, Curug Meong menjadi tempat Eyang Santang, dan Curug Aki didiami Prabu Siliwangi. Karena cerita mistis tersebut, wisatawan harus berhati-hati, terutama dalam berucap dan bertindak.

Bermain Air di Aliran Curug

berenang di curug cikaso
Bersantai di aliran sungai air terjun Cikaso Sukabumi. Foto : Instagram/yonk_05

Wisatawan yang ingin berenang dapat menggunakan aliran bawah sungai yang lebih dangkal. Aliran yang masih murni dan jernih membuat airnya terlihat berwarna hijau kebiruan. Sangat dilarang untuk berenang tepat di bawah terjunan karena wisatawan dapat terhanyut.

Bagi yang ingin sekedar berbasah-basah ria dan bermain air dapat melangkah ke Curug Aki di sisi barat. Di dekat Curug Aki, wisatawan dapat mandi dan berfoto ria di bawah terjunan.

Akses

Akses jalan menuju Curug Cikaso cukup baik dengan aspal hitam mulus dilengkapi marka jalan yang cukup jelas. Jalan yang meliuk-liuk dengan pemandangan nan menghijau cukup memberikan kesegaran tersendiri. Jalan agak menurun dan berbatu sekitar 100 meter menjelang memasuki areal parkir kendaraan.

Dari pusat Kota Sukabumi, air terjun ini berjarak sekitar 70 kilometer atau sekitar 1,5 jam perjalanan. Wisatawan akan melintasi Jampang Kulon dan Surade, kemudian tiba di Ujung Genteng. Letak air terjun persis sebelum memasuki kawasan Surade di kiri jalan.

Fasilitas

Wisatawan disarankan untuk membawa baju ganti jika berencana bermain air di Curug Cikaso. Fasilitas umum seperti toilet dan ruang ganti telah cukup memadai di kawasan wisata ini. Diharapkan setiap wisatawan membawa kantong sampah, karena di area ini belum tersedia tempat sampah.

Di sekitar air terjun terdapat beberapa warung yang menjual makanan dan minuman hangat. Wisatawan juga dapat beristirahat di warung-warung tersebut.

Beberapa toko cindermata juga tersedia di sekitar area wisata air terjun. Mereka menjual souvenir seperti kaos dan pernak-pernik lainnya.

Lokasi Curug Cikaso

Wisata alam air terjun ini terletak di Desa Ciniti, Cibitung, Sukabumi, Jawa Barat 43172. Kurang lebih 3 jam berkendara dari kota Sukabumi.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here