PONDOK HALIMUN Tiket & 5 Aktivitas Seru Mei 2024

  • Harga Tiket Masuk Pondok Halimun: Rp5.000 - Rp1.500.000
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Nomor Telepon: 0216302039
  • Alamat: Jl. Selabintana, Perbawati, Sukabumi, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia, 43151

Sukabumi terkenal dengan sajian wisata alam yang menggoda. Salah satunya adalah Pondok Halimun. Area rekreasi yang menawarkan berbagai aktivitas outdoor. Utamanya memang sering digunakan sembagai tempat berkemah.

Namun jangan salah, selain berkemah berbagai kegiatan lain juga bisa dilakukan. Piknik di sungai, trekking di kebun teh, serta berbagai wahana outbond bisa dicoba. Baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Harga Tiket Masuk Pondok Halimun

Tiket masuk ke objek wisata Pondok Halimun tergolong cukup terjangkau mulai dari Rp5.000 – Rp1.500.000. Harga tiket masuk ini belum termasuk tiket untuk fasilitas hiburan yang tersedia.

Jenis TiketHarga
Tiket Masuk WisataRp5.000
Tiket Camp Non TendaRp20.000
Aula: Terbuka / TertutupRp500.000 / Rp1.500.000
CottageRp500.000
Wahana: Sepeda Gantung, Ayun Ambing, River Tubing, Flying FoxRp30.000
Paintball Minimal 30 OrangRp150.000
Harga Tiket Masuk Pondok Halimun

Baca: Alun-Alun Surya Kencana Sukabumi Tiket Masuk & Daya Tarik

Jam Operasional Pondok Halimun

Wisatawan dapat berkunjung 24 jam ke taman wisata alam ini setiap hari. Kecuali jalur pendakian Gunung Gede, objek wisata ini selalu terbuka untuk umum sepanjang tahun.

Aktivitas di Pondok Halimun

Pondok Halimun
Pondok Halimun adalah bumi perkemahan di Gunung Gede, Sukabumi, Jawa Barat – Foto: Google Maps/ILHAM ROHMAN RAMADHAN

Baca: Wisata Bukit Baros Sukabumi Kesejukan Perbukitan Hutan Pinus

Pondok Halimun adalah destinasi wisata alam di kaki Gunung Gede Pangrango. Meski memiliki nama yang sama, namun Pondok Halimun yang dimaksud ini bukanlah objek wisata di Bogor, melainkan di Kabupaten Sukabumi.

Menempati kawasan di kaki gunung, destinasi wisata ini menawarkan beragam pilihan rekreasi di alam terbuka. Bumi perkemahan, air terjun, dan aktivitas luar ruangan lainnya tersedia di sini. Kata “halimun” dalam Bahasa Sunda memiliki arti kabut. Asal-usulnya mungkin datang dari letak tempat yang berada di dataran tinggi sehingga cenderung berkabut ketika suhu turun.

Kegiatan Berkemah

Berkemah
Pengunjung berkemah di dalam kawasan Pondok Halimun – Foto: Google Maps/Reffy Andriani

Baca: GEOPARK CILETUH Sukabumi Tiket Masuk & Pesona Alam

Sudah sejak dulu objek wisata ini jadi tujuan bagi wisatawan yang ingin berkemah. Kawasan Pondok Halimun memiliki lahan yang luas. Lokasi untuk bermalam di alam terbuka pun tersebar di seluruh penjuru kawasan wisata ini.

Bumi perkemahan yang tersedia dimiliki oleh pengelola maupun perseorangan. Pengunjung tinggal memilih lokasi yang paling cocok sesuai kebutuhan dan keinginan. Dengan biaya terjangkau, pengunjung cukup membawa dan mendirikan peralatan berkemahnya sendiri di lahan yang ada.

Piknik

Sungai
Bermain di sungai dan piknik sambil menikmati keindahan alam sekitar – Foto: Google Maps/Unang Wilson

Baca: Curug Cikaso Sukabumi Tiket Masuk & Pesona Alam

Tidak ingin bermalam? Tidak perlu khawatir, karena Pondok Halimun tetap bisa dinikmati dengan cara yang berbeda. Di sini tersedia banyak gazebo dan lahan terbuka yang luas yang bisa dimanfaatkan untuk acara piknik. Setiap area memiliki lanskap yang berbeda-beda.

Wisatawan dapat membawa tikar sendiri atau menyewanya dengan harga terjangkau. Area yang ditawarkan antara lain di pinggir sungai, area bermain anak, dan lain-lain. Penjaja makanan pun siap dengan dagangannya apabila pengunjung tidak membawa bekal dan ingin mengisi perut. Nikmati pengalaman bersantap dikelilingi suara alam dan gemericik air sungai yang jernih.

Trekking

Kebun teh
Pemandangan hamparan kebun teh yang menyegarkan – Foto: Google Maps/Yuli Nuriskandar

Baca: Curug Sawer Sukabumi Tiket Masuk & Ragam Aktivitas

Memasuki kawasan Pondok Halimun, bersiap-siaplah dengan pemandangan kebun teh yang menyegarkan mata. Hamparan kebun teh ini merupakan bagian dari PTPN VIII. Sempatkan untuk sejenak berjalan-jalan dan berfoto di sini. Latar yang hijau dan udara yang sejuk tentu akan menyegarkan pikiran.

Curug Cibeureum di sekitar kawasan wisata Pondok Halimun
Air terjun yang berada di kawasan Pondok Halimun – Foto: Google Maps/Denda Priyatna

Baca: Santasea Waterpark Sukabumi Tiket Masuk & Wahana

Bagi wisatawan yang menyukai kegiatan trekking, tak ada salahnya mencoba jalur menuju Curug Cibeureum. Air terjun setinggi 60 meter ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Pengunjung akan dibawa menyusuri jalur menembus hutan dan sungai sejauh kira-kira 1,5 km. Meski terdapat posko peristirahatan, tetap pastikan kondisi badan fit ketika hendak trekking.

Outbond

Sepeda melayang di Pondok Halimun Sukabumi
Sedikit menguji adrenalin dengan menaiki sepeda melayang – Foto: Google Maps/Yuli Nuriskandar

Pondok Halimun memiliki banyak area terbuka hijau yang luas. Banyak lokasi yang cocok untuk dijadikan tempat aktivitas outbond. Salah satu wahana yang bisa dicoba di sini adalah sepeda gantung. Pengunjung bisa merasakan sensai mengayuh sepeda di udara–dengan tali pengaman tentunya.

River Tubing

River tubing di Pondok Halimun
River tubing adalah salah satu kaktivitas yang bisa dilakukan di Pondok Halimun – Foto: Google Maps/Ramdhani Fajrin037

Menyukai kegiatan yang penuh tantangan, tidak ada salahnya mencoba river tubing. Wisatawan akan merasakan pengalaman menyusuri sungai dalam posisi nyaris rebah menggunakan ban pelampung.

Jangan khawatir soal keamanan karena setiap pengunjung akan dilengkapi dengan jaket pelampung. Pemandu yang ahli juga selalu siap membimbing peserta river tubing melewati bebatuan sungai.

Baca: 8 Tempat Wisata Seru Di Sukabumi

Fasilitas Pondok Halimun

Pondok Halimun dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang memadai. Fasilitas umum seperti lahan parkir, toilet, mushola, dan warung makanan sudah pasti tersedia di sini. Fasilitas akomodasi dan hiburan yang ada antara lain beragam pilihan bumi perkemahan, penginapan, outbond, dan river tubing.

Akses ke Pondok Halimun

Akses ke lokasi wisata cukup memadai karena tersedia penunjuk arah yang tepat. Wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum berupa angkot nomor 10 jurusan Selabintana.

Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, cukup arahkan kendaraan ke Jalan Selabintana hingga mencapai pertigaan. Dari sini, belok ke kiri dan ikuti petunjuk hingga kira-kira 4 kilometer. Kondisi jalan di awal beraspal dan cukup baik. Namun, jalan berkerikil dan berlubang akan ditemui ketika mendekati lokasi.

Lokasi Pondok Halimun

Taman rekreasi wisata alam ini berada di kaki Gunung Gede Pangrango, tepatnya di Jalan Selabintana, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Objek wisata ini terletak di perbatasan Desa Perbawati dan Desa Sudajaya Girang. Jarak tempuh dari Kota Sukabumi sekitar 12 kilometer.

Berikan Rating

4.4 - 16 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

6 Komentar

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. Selamat pagi Kak Wahyu. Untuk tiket masuk ke area wisata Pondok Halimun dikenakan biaya Rp6.000-Rp8.500. Terima kasih

  2. Untuk harga masuk tanpa berkemah dan juga mendaki harga nya berapa ya??

  3. Selamat siang Kak Syahdan. Untuk informasi dan pertanyaan selanjutnya, silakan menghubungi pihak Pondok Halimun ke nomor +62 857-2007-1891. Terima Kasih

  4. saya mau booking tempat tgl 30-31 januari 2021
    kebutuhan
    Tenda Pleton
    makan 3x ( Siang,malam,sarapan)
    Peserta kira kira 40 orang