Beranda Tiket Wisata

Pantai Jikomalamo Ternate Tiket Gratis Pesona Memukau - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Jikomalamo : GratisJam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Jl. Syaikh Muhammad Al-Khidhir, Sulamadaha, Pulau Ternate, Ternate, Maluku Utara, Indonesia, -

Maluku memang terkenal dengan keindahan pantainya, salah satunya yaitu Pantai Jikomalamo di Ternate. Objek wisata yang menawarkan keindahan alami pantai pasir putih dan air laut yang jernih. Tak hanya itu, ombak di sini pun sangat tenang. Sehingga aman untuk bermain di laut. Ditambah dengan pepohonan yang ada di sekitar pantai semakin meneduhkan kawasan ini.

Aktivitas favorit di pantai yang terkenal yaitu snorkeling dan diving. Karena keindahan alam bawah lautnya yang tak kalah menawan dengan daratnya. Kemudian jejeran warung di tepi pantai menjadi jaminan wisatawan tak akan kelaparan. Dan tentunya, waktu yang tepat jika tidak ingin ramai adalah saat hari biasa.

Harga Tiket Masuk Pantai Jikomalamo

Beberapa pantai di Maluku masih menggratiskan biaya tiket masuk. Pantai Jikomalamo termasuk salah satunya. Meskipun gratis, wisatawan tetap perlu membayar tarif parkir untuk kendaraan.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis
Tarif Parkir
MotorRp5.000
MobilRp10.000

Baca: FORT ORANJE Ternate Saksi Bisu Sejarah Kolonial Portugis

Jam Buka Pantai Jikomalamo

Objek wisata ini selalu buka sehingga bisa dikunjungi kapan saja. Bahkan hingga malam hari, wisatawan masih dapat mengunjungi objek wisata ini. Umumnya yang datang berkunjung di pagi dan sore hari. Dan waktu yang tepat berkunjung adalah saat musim kemarau, di mana air laut sangat jernih.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Menikmati Keindahan Pantai Jikomalamo Maluku

Pantai Jikomalamo memiliki pemandangan alam laut yang sangat memesona. Wisatawan akan mendapat sambutan hamparan pasir putih yang lembut. Sayangnya, hamparan pasir putih ini hanya sejauh 100 meter saja. Meski begitu, wisatawan tetap dapat bermain dan berjalan-jalan di kawasan pasir pantai ini. Pasirnya pun begitu lembut dan halus, bermain istana pasir tak jadi masalah karena pasir mudah dibentuk.

Kemudian kawasan perairan pantainya begitu jernih, dari kejauhan pun tampak gradasi warna birunya. Biru kehijauan di dekat pantai dengan kawasan yang masih dangkal. Bertambah biru tua ke arah lautan yang menandakan perairan yang sudah dalam. Saking jernihnya, keindahan terumbu karang akan terlihat jelas hanya dari permukaan saja.

Di tepi pantai terdapat pepohonan yang rimbun, seolah menutupi kawasan pesisirnya. Tak hanya pohon kelapa, pepohonan lain pun turut menjadi penghuni dari pesisir pantai ini. Selain itu terdapat banyak warung yang menyediakan berbagai kuliner. Uniknya, warung-warung ini berdiri di atas air dengan gaya panggung.

Menyelam di Keindahan Pantai Jikomalamo

Menyelam di Pantai Jikomalamo
Menyelam di Pantai Jikomalamo. Foto: Gmap/Muhammad Ikhsan Setyadi

Objek wisata ini terkenal akan pemandangan bawah lautnya yang menawan. Oleh karena itu, kebanyakan wisatawan datang untuk menyelam. Baik snorkeling ataupun diving, bisa menjadi pilihan sesuai dengan kemampuan dan keinginan. Di sini juga terdapat tempat penyewaan peralatan selam, yang bernama La Conna Dive Club.

Wisatawan dapat melihat keanekaragaman biota laut yang begitu indah. Terumbu karang yang sehat, berpadu dengan anemon yang seolah menari-nari. Ikan-ikan kecil pun tak ketinggalan berenang ke sana kemari. Dengan warna-warni yang cantik, dan tampak menyala oleh sorotan sinar matahari.

Selanjutnya untuk lokasi snorkeling sendiri tak jauh dari bibir pantai, dan di dekat warung-warung. Sementara untuk diving sedikit lebih ke tengah, menjauh dari warung-warung. Jika ingin menyelam di titik tertentu, pemandu akan mengantarkan wisatawan ke titik yang dituju.

Berenang di Tepi Pantai

Berenang Santai di Pantai Jikomalamo
Berenang Santai di Pantai Jikomalamo. Foto: Gmap/Totok Orisa

Jika tak ingin snorkeling, wisatawan tetap dapat menikmati laut dengan berenang. Tentunya lokasi berenang tak jauh dari bibir pantai. Supaya tidak menginjak karang dan anemon-anemon laut yang tumbuh. Terlebih, kawasan pantai masih terbilang dangkal dan tidak berombak.

Wisatawan bebas bermain dengan nyaman. Di salah satu sudut bibir pantai pun terdapat dermaga dari beton. Dari dermaga ini, wisatawan dapat melompat ke laut. Dan langsung berenang ria bersama teman ataupun keluarga.

Berfoto di Kawasan Pantai

LOVE Landmark yang menjadi Spot Foto Favorit
LOVE Landmark yang menjadi Spot Foto Favorit. Foto: Gmap/Totok Orisa

Pantai Jikomalamo memiliki berbagai spot foto yang unik. Sayang jika terlewat begitu saja. Pemandangan alamnya dapat menjadi latar belakang foto alami yang memukau. Wisatawan dapat berfoto di area dermaga dengan latar belakang lautan.

Atau berfoto di dermaga dengan latar belakang warung-warung di tepian pantai. Beberapa penyelam juga menyempatkan berfoto di depan La Conna Dive Club. Divmana terdapat sebuah patung penyelam dengan peralatan selam lengkap. Biasanya wisatawan akan berfoto di depan patung ini sambil menenteng peralatan selam.

Landmark yang ada di Pantai Jikomalamo juga tak kalah menarik sebagai spot foto. Di area depan tepatnya di kawasan parkir, terdapat tulisan Pantai Jikomalamo yang dapat menjadi spot foto. Masuk ke kawasan pantai, ada landmark bertuliskan “LOVE” bertumpuk seperti di Amerika. Ditambah dengan sebuah landmark bertuliskan “Ternate Strait” yang ada di depan pantai.

Menikmati Kuliner Khas di Warung Tepi Pantai

Jajaran Warung di Tepian Pantai
Jajaran Warung di Tepian Pantai. Foto: Gmap/SALDI AKBAR

Setelah beraktivitas di pantai, tentunya akan lebih menyenangkan jika mengisi perut. Tak perlu khawatir karena di tepian pantai telah berdiri warung-warung yang menyediakan berbagai makanan. Mulai dari ikan dan seafood yang diolah dengan berbagai masakan. Jangan lupa mencoba ikan kuah kuning khas Indonesia Timur yang rasanya nagih.

Namun jika ingin yang sederhana seperti mie instan, tentu disediakan juga di warung-warung ini. Meskipun sajian mie instan sederhana, namun jika disantap dengan pemandangan memukau Pantai Jikomalamo, tentu akan istimewa.

Aneka minuman juga siap menemani wisatawan dalam berkuliner. Berbagai minuman dari yang hangat hingga minuman dingin juga tersedia. Kelapa muda dingin pun menjadi pilihan mayoritas wisatawan setelah lelah beraktivitas di pantai.

Lokasi Pantai Jikomalamo Maluku

Pantai ini berlokasi di Jalan Syaikh Muhammad Al-Khidhir, Sulamadaha, Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara. Dari pusat Kota Ternate berjarak kurang lebih 18 Kilometer. Dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 1 jam.

Tanggapan:

4.8 / 5. dari 22

Berikan Rating