Beranda Tiket Wisata

PUNCAK MANDEH Tiket Gratis Panorama Gugusan Pulau-pulau – Januari 2023

0
Puncak Mandeh Harga Tiket Masuk : Gratis. Jam Buka : 06:30 - 19:00 WIB. Nomor Telepon : -. Alamat : Jalan Mandeh Resort, Panorama 1, Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Indonesia, 25654.

Puncak Mandeh salah satu objek wisata favorit di Pesisir Selatan, bahkan kawasannya disebut Mirip Raja Ampat. Selain puncaknya, wisata bawah lautnya juga begitu memesona. Dari Puncak Mandeh, wisatawan dapat menyaksikan lautan luas dengan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Kemudian wisatawan dapat berfoto dari atas puncak, dengan latar pemandangan indah dari atas bukit. Selain itu, bisa juga menjelajah alam bawah lautnya yang indah menawan. Berbagai kawanan ikan lucu warna-warni serta terumbu karang yang begitu sehat siap menyambut. Bahkan, wisatawan dapat menyelam di bangkai kapal MV Boelongan yang sudah tenggelam bertahun-tahun.

Harga Tiket Masuk Puncak Mandeh Pesisir Selatan

Wisatawan tidak perlu membayar tiket masuk jika ingin mendaki puncaknya. Hanya perlu menyiapkan uang parkir, dan uang jika menikmati wahana lain. Misalnya untuk alat snorkeling, tenda, atau yang lainnya.

Harga Tiket Masuk
Tiket masuk Gratis

Baca: Pantai Carocok Painan Tiket Murah & Banyak Wahana

Jam Buka Puncak Mandeh

Objek wisata ini buka setiap hari. Wisatawan dapat menikmati keindahannya dari pagi hingga malam.

Jam Operasional
Setiap Hari 24 Jam

Berburu Spot Foto di Puncak Mandeh

Berfoto dari Puncak Mandeh
Berfoto dari Puncak Mandeh. Foto: Gmap/NINA KORDA

Puncak Mandeh sering kali dikenal dengan Puncak Panorama 1. Wisatawan dapat menyaksikan keindahan seluruh kawasan Mandeh dari puncak ini. Dari atas puncak ini, terlihat dengan jelas gugusan pulau karang di teluk. Karang, pantai, serta kapal-kapal yang menyeberang turut menjadi pemandangan yang memukau.

Favorit wisatawan adalah berhenti di jalan, kemudian mengabadikan foto dari sana. Jalanan yang rata dan indah seolah menyatu dengan latar belakang lautan birunya. Selain itu, ada juga dekorasi yang sudah tersedia untuk mempercantik foto. Seperti dekorasi gapura dari kayu yang terhubung dengan pagar kayu.

Selain itu di sekitar lokasi juga terdapat warung-warung kuliner. Wisatawan bisa bersantai di warung sambil menikmati berbagai hidangan. Secangkir minuman hangat dengan camilan akan menjadi teman yang pas menyaksikan pemandangan.

Baca: PULAU PAMUTUSAN Tiket & Pesona

Keindahan Gugusan Pulau Kecil

Pemandangan Indah Pulau yang Menyembul di Kawasan Mandeh
Pemandangan Indah Pulau yang Menyembul di Kawasan Mandeh. Foto: Gmap/Eva Mery

Puncak Mandeh memiliki kawasan lain yang seru untuk dijelajahi. Area ini memiliki luas kurang lebih 18.000 hektar, yang meliputi 7 desa dari 3 nagari. Di mana kawasannya sendiri terbentuk dari teluk dan gugusan pulau kecil. Pulau tersebut di antaranya Pulau Taraju, Setan atau Sutan, Sironjong Besar, Sironjong Ketek, Marak, Kapo-kapo.

Ada juga pulau yang bahkan terkenal hingga mancanegara, yaitu Pulau Cubadak. Dari atas, wisatawan akan melihat hijaunya pulau-pulau ini. Kemudian jika dikunjungi, wisatawan dapat melihat alam bawah lautnya yang begitu menawan. Salah satu aktivitas yang ditawarkan selama di gugusan pulau ini yaitu diving dan snorkeling di alam bawah laut ini.

Ikan warna-warni, terumbu karang yang sehat dan indah, menjadi suguhan utama. Yang lebih unik lagi, ada bangkai kapal MV Boelongan yang tenggelam di alam bawah lautnya. Wisatawan dapat melakukan diving menyelami bangkai kapal ini. Tentu akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan, dapat menyelam di bangkai kapan puluhan tahun.

Teluk yang Menenangkan

Kawasan Pantai yang Damai
Kawasan Pantai yang Damai. Foto: Gmap/Eva Mery

Di pulau ini terdapat kawasan teluk yang membentuk pantai. Pasir putih yang menyala terkena sinar matahari, menjadi karpet yang menyambut wisatawan. Apalagi, perairannya begitu jernih, tampak dari kejauhan berwarna biru bergradasi. Tenangnya permukaan laut pun menjadikan tempat ini cocok untuk bersantai.

Kawasan pantainya masih tampak asri. Selain pasir putih dan lautan birunya, di sekitar pantai ini juga tumbuh berbagai pohon. Pepohonan ini dapat menjadi peneduh, sekaligus membuat pemandangan lebih asri.

Wisatawan dapat berpiknik di siang hari dengan menggelar tikar. Jika ingin berkemah, wisatawan juga dapat mendirikan tenda di kawasan ini. Atau di pulau-pulau yang memiliki area untuk mendirikan tenda.

Bermain di Perairan Objek Wisata Mandeh

Diving dan Snorkeling menjadi Aktivitas Favorit Wisatawan
Diving dan Snorkeling menjadi Aktivitas Favorit Wisatawan. Foto: Gmap/Kawasan Wisata Mandeh

Berenang dapat menjadi pilihan bermain di sekitar pulau kawasan Mandeh. Di tepian pulau, air lautnya masih cukup dangkal. Bahkan, hanya dengan berenang wisatawan dapat melihat keindahan bawah lautnya. Saking jernihnya pemandangan bawah laut akan tampak dari permukaan.

Supaya lebih seru, wisatawan juga dapat mencoba wahana banana boat. Untuk mencoba wahana ini, tarifnya sekitar Rp 30.000 sekali permainan. Wisatawan dapat seru-seruan bersama teman dan keluarga. Apalagi ketika pelampung berbentuk pisang ini dibawa kapal berkecepatan tinggi, dan dihempaskan di lautan.

Jika ingin lebih tenang, wisatawan dapat berkeliling menaiki perahu. Perahu-perahu sewaan ini akan membawa pengunjung ke tujuh pulau di Kawasan Mandeh. Wisatawan bisa mampir sejenak di setiap pulau untuk menikmati keindahannya. Atau sekedar berfoto untuk mengabadikan momen.

Hutan Mangrove yang masih Asri

Bukan hanya kawasan laut dan pantainya yang indah, tempat ini juga memiliki kawasan hutan Mangrove. Tak main-main, luasnya mencapai 389 hektar. Berbeda dari kawasan laut yang berair biru, di sungai hutan Mangrove memiliki air berwarna hijau. Namun, hijaunya ini tetap tampak jernih dan sangat bersih.

Wisatawan dapat menyusuri kawasan Mangrove ini dengan perahu kayu. Tanaman Mangrove tumbuh di kanan kiri sungai, memamerkan akarnya yang besar-besar. Di sini, wisatawan dapat berhenti sejenak untuk berfoto meski tidak harus turun dari perahu. Jika beruntung, wisatawan dapat menjumpai burung yang bertengger di sela-sela tanaman Mangrove.

Lokasi Puncak Mandeh Pesisir Selatan

Objek wisata ini berlokasi di Jalan Mandeh Resort, Panorama 1, Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Tanggapan:

4.8 / 5. dari 29

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini