PULAU MANDEH Biaya Menyeberang, Penginapan & Daya Tarik April 2024

  • Harga Tiket Masuk Pulau Mandeh: Rp600.000 - Rp1.500.000
  • Jam Buka: 24 jam
  • Nomor Telepon: 081365059630
  • Alamat: Mandeh, , Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Indonesia, 25654

Pulau Mandeh kawasan wisata di Teluk Tarusan Sumatera Barat. Untuk menuju ke pulau tersebut wisatawan harus menggunakan kapal wisata. Destinasi wisata ini menawarkan panorama gugusan pulau-pulau kecil. Sekilas bila diperhatikan pemandangan gugusan pulaunya mirip seperti Raja Ampat.

Pihak pengelola telah menyediakan paket paket wisata dan trip. Harga paket wisatanya pun bervariasi tergantung pilihan rute. Selama paket trip ini akan membawa pengunjung ke beberapa pulau-pulau lain di sekitarnya. Pengunjung juga bisa melakukan aktivitas seru seperti snorkeling, camping, water sport, dan sebagainya.

Biaya Nyebrang Ke Pulau Mandeh & Paket Trip

Harga dari paket trip Pulau Mandeh ini dapat dipilih sesuai budget pengunjung. Opsi lain adalah dengan menumpang kapal dari Pelabuhan Muaro Padang. Tarif kapalnya mencapai ratusan ribu rupiah.

Paket Trip dan Biaya Nyebrang Ke Pulau Mandeh
Paket tripRp650.000 – Rp1.500.000
Sewa kapal wisata di Pelabuhan Muaro Padangsekitar Rp300.000

Baca: PUNCAK MANDEH Tiket Gratis Panorama Gugusan Pulau-pulau

Jam Buka

Tempat wisata ini buka setiap hari selama 24 jam. Pengunjung bisa berencana pergi ke tempat ini kapan saja. Waktu terbaik adalah berangkat di pagi hari saat sinar matahari belum terik.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Daya Tarik Wisata Pulau Mandeh

Bagi masyarakat suku Minangkabau, pulau ini ibarat sebagai induk kepulauan untuk kawasan tersebut. Hal itu karena menurut bahasa Minangkabau arti dari kata “Mandeh” ialah bunda atau ibu.

Kawasan pulau tersebut mulai terbuka untuk destinasi pariwisata sejak tahun 2000. Wisatawan sering datang ke sini karena Pulau Mandeh mempunyai sejumlah daya tarik sebagai berikut.

Keindahan Gugusan Pulau Kecil di Pulau Mandeh

Pemandangan di kawasan wisata Pulau Mandeh
Pemandangan pulau-pulau kecil seperti Raja Ampat. Foto: google maps/Eva Mery

Barisan pulau kecil serta air laut yang jernih adalah daya tarik utama kawasan wisata ini. Alamnya pun terjaga kelestariannya sungguh memanjakan mata pengunjung saat berlibur ke sini.

Tempat ini terkenal sebagai Raja Ampatnya Sumatera Barat. Terdapat juga barisan batu besar pinggir pantai mirip seperti di film laskar pelangi.

Pulau Mandeh cocok untuk liburan ala musim panas bersama teman, keluarga, atau pasangan. Tiap pulaunya memiliki bukit-bukit yang cukup tinggi untuk pengunjung naiki.

Pemandangan laut lepas dari ketinggian membuat hati hanyut dan sadar akan kebesaran Tuhan. Melihat pemandangan bisa dari pinggir jalan atau dari warung-warung sekitar.

Baca: PANTAI NIRWANA Padang Tiket & Daya Tarik

Wisata Bahari

Bila pengunjung melihat lebih jauh ke dalam lautnya, maka akan menemukan pemandangan spektakuler. Pengunjung bisa melakukan kegiatan snorkeling, menyelam atau melakukan sesi foto underwater.

Selama kegiatan ini wisatawan bisa melihat dengan jelas gerombolan ikan sedang melintas. Ikan tersebut juga akan menemani pengunjung yang melakukan diving.

Hal itu menandakan tempat ini juga terjaga ekosistem dasar lautnya. Pulau Mandeh memang menyimpan kekayaan alam yang luar bisa. Terdapat terumbu karang, rumput laut, anemon laut, ikan badut (Nemo), serta yang lainnya.

Baca: Batu Malin Kundang Tiket Murah Penuh Legenda

Hopping Island

Menyewa perahu untuk ke pulau seberang
Menyewa perahu untuk ke pulau seberang. Foto: google maps/Andri Iskandar

Suatu kegiatan rekreasi seru selama berada di sini adalah melakukan hopping island. Kegiatan tersebut berarti berkeliling dari pulau satu ke pulau lainnya.

Wisatawan bisa mendatangi sejumlah pulau yang ada di kawasan tersebut menggunakan perahu. Beberapa paket wisata sudah menyediakan fasilitas hopping island.

Beberapa pulau misalnya ada Pulau Setan yang terkenal sebagai lokasi camping dan memiliki fasilitas penyewaan pondok penginapan.

Kemudian ada Pulau Cubadak yang memiliki pasir lembut, cocok untuk tempat bersantai. Jika suka lompat tebing setinggi 15 meter atau terjun payung bisa mencoba Pulau Sironjong. Masih banyak pulau indah lain seperti Pulau Swarnadwipa, Kapo-Kapo, Pamutusan, Pagang dan Pasumpahan.

Baca: MIFAN WATERPARK Padang Tiket & Wahana

Water Sport

Bermain donat boat di kawasan wisata Pulau Mandeh
Bermain donat boat di perairan sekitar pulau. Foto: google maps/Mandeh Trip

Pulau Setan merupakan ikon dari kawasan pariwisata Pulau Mandeh. Di sini tersedia fasilitas permainan air yang menyenangkan bagi semua pengunjungnya.

Pengunjung bisa bermain banana boat atau donat boat di tempat tersebut. Untuk biayanya sekitar Rp30.000, harga bisa berubah sewaktu-waktu).

Hutan Mangroove

Pulau ini juga memiliki kawasan hutan Mangrove dengan luasnya sekitar 389 hektar. Lokasi tersebut juga masuk ke dalam paket wisata. Hutan Mangrove tumbuh dengan baik di kawasan pasang surut laut yang asri itu. Mangrove juga menjadi rumah dari banyak fauna laut yang bernilai ekonomis bagi warga sekitar.

Air Terjun dan Sungai Sei Gemuruh

Lokasi ini terkenal sebagai rest area bagi pengunjung setelah berkeliling kawasan Pulau Mandeh. Di sini pengunjung bisa menikmati pemandian air tawar yang sejuk dan segar. Sebaiknya pengunjung mandi di air terjun tersebut atau berendam di sungainya. Airnya bagus untuk membilas diri setelah berenang di air laut.

Rumah Apung

Rumah Apung di kawasan Pulau Mandeh
Rumah Apung. Foto: google maps/Delvi Andre

Setelah puas menjelajahi setiap pulau yang ada, pengunjung akan diperlihatkan sebuah obyek yang unik. Obyek tersebut adalah rumah apung yang ada di tengah laut.

Rumah apung tersebut berada di atas bangkai kapal kolonial Belanda yang karam ketika tahun 1942. Nama kapal bersejarah itu yakni MV Boelongan, yang tenggelam akibat serangan dari tentara Jepang.

Penginapan Di Pulau Mandeh: Resort, Cottage dan Berkemah

Bagi yang ingin merasakan lebih lama di tempat wisata ini bisa bermalam dan menginap. Tersedia berbagai tipe penginapan meskipun belum ada hotel. Beberapa misalnya: berkemah atau camping, resort dan cottage.

Berkemah

Kawasan Pulau Mandeh memiliki banyak area kosong untuk tempat mendirikan tenda. Pulau yang paling populer dijadikan lokasi perkemahan adalah di Pulau Setan.

Meskipun memiliki nama yang menyeramkan, nyatanya pulau ini merupakan surga wisata. Pulau yang tak berpenghuni ini sangat cocok untuk camping karena suasananya tenang.

Resort dan Cottage

Jika ingin lebih nyaman pengunjung bisa menyewa penginapan di sekitar pulau. Salah satunya di Labuan Sunday Mandeh Resort. Penginapan tepi laut yang menyediakan kamar-kamar lengkap dengan tempat tidur dan kamar mandi. Kemudian tersedia juga sarapan.

Selain itu terdapat penginapan di Pulau Mandeh dengan tipe cottage. Salah satunya di Kapo-Kapo Beach Cottage yang juga berada di tepi laut. Bangunannya unik dengan arsitektur rumah panggung. Di dalamnya terdapat ruang dengan tempat tidur berjejer yang bisa digunakan secara beramai-ramai.

Fasilitas

Fasilitas bagi pengunjung yakni banyak warung kuliner laut, water sport, penginapan, area camping. Tersedia paket wisata mencakup fasilitas kapal, asuransi, alat snorkeling, dokumentasi, konsumsi.

Ada juga fasilitas P3K, gratis tiket masuk pulau, pemandu wisata, dan tikar. Fasilitas tempat ibadah, gazebo, toilet dan ruang bilas ada di area Sungai Sei Gemuruh.

Lokasi Pulau Mandeh

Wisata gugusan pulau kecil ini berlokasi di Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat 25654. Jaraknya dari Padang ke Pulau Mandeh sekitar 55 Kilometer. Bisa ditempuh menggunakan kendaraan selama kurang lebih 1 jam 30 Menit.

Namun jika berencana mengelilingi pulau-pulau wisatawan perlu menyeberang menggunakan kapal-kapal wisata. Kapal wisata banyak tersebar di sekitar area wisata. Atau bisa juga mengikuti paket trip yang juga bayak dijumpai.

Berikan Rating

4.9 - 26 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *