Beranda Tiket Wisata

Taman Kota Kendari : 7 Pilihan Aktivitas Menarik - September 2020

Taman Kota Kendari
Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Mandonga,Mandonga,Kendari,Sulawesi Tenggara,Indonesia,93111.

Taman Kota Kendari merupakan ruang terbuka hijau tempat rekreasi di tengah kota Kendari. Taman yang terletak di depan kantor Wali Kota ini ditetapkan sebagai ikon Kendari. Dengan luas kurang sekitar lima hektar, lokasinya sangat strategis dan mudah dijangkau wisatawan. Tempatnya yang nyaman, indah, dan sejuk menjadi favorit wisatawan terutama kalangan kaum muda.

Harga Tiket

Berekreasi di taman ini pengunjung tidak dikenakan biaya tiket karena merupakan taman kota. Pengunjung cukup data dan menikmati kesejukan area taman.

Harga Tiket
Harga Tiket MasukGratis

Baca: 3 Tempat Wisata Terbaik di Sulawesi Tenggara

Jam Buka

Waktu operasionalJam Buka
Setiap Hari24 Jam

Beragam Aktivitas di Taman Kota Kendari

Area sekitar Taman Kota Kendari Sulawesi Selatan - Andi Prabowo
Area sekitar taman menjadi lokasi favorit bersantai bersama rekan dan keluarga – Foto : GoogleMaps/Andi Prabowo

Pemerintah Kota Kendari berencana untuk mengganti nama Taman Kota Kendari menjadi Taman Kalosara. Nama yang spesifik ini dibarengi dengan pembangunan dan penataan taman menjadi lebih ramah wisatawan.

Taman kota yang merupakan ruang terbuka hijau tersebut hampir setiap hari dikunjungi masyarakat. Terutama di akhir pekan, aktivitas taman kota dan sekitarnya selalu dipadati ribuan wisatawan. Mulai dari rekreasi santai bersama keluarga, berolahraga, belajar, hingga berburu sajian kudapan.

Baca: PANTAI CEMARA Wakatobi Tiket & Ragam Aktivitas

Rekreasi Santai di Taman Kota Kendari

Taman Kota ini telah menjadi tempat alternatif untuk berekreasi. Di sore hari, taman ini ramai dikunjungi untuk jalan-jalan santai bersama keluarga. Taman ini memiliki meja dan kursi yang dibangun permanen sebagai tempat bersantai bagi wisatawan. Anak-anak dan remaja pun menjadikan lokasi ini sebagai tempat hang out andalan mereka.

Menikmati Suasana Sejuknya Taman

Area rekreasi dengan ruang terbuka hijau yang dipadati pepohonan
Ruang terbuka hijau sekitar taman yang dipadati pepohonan – Foto : GoogleMaps/s Ning

Berada di tengah-tengah kota tak lantas menjadikan taman ini bernuansa hiruk pikuk. Tempat wisata kendari ini memiliki suasana yang nyaman, indah dan asri. Kawasannya sejuk dan teduh sehingga membuat wisatawan betah menikmati waktu berlibur di tempat ini.

Ruang terbuka hijau ini memiliki setidaknya seratusan pepohonan dengan jenis dan ukuran bervariasi. Seperti mahoni (switenla mahagoni), cendana (pterocaspus indicus) dan ketapang (terminalia katapa). Pepohonan yang tumbuh subur tersebut sudah ada yang memiliki umur hingga belasan tahun.

Olahraga

Senam aerobik bersama di Taman Kota Kendari Sulawesi Selatan - Agus Setiawan
Senam aerobik bersama di area taman- Foto : GoogleMaps/Agus Setiawan

Setiap sore hari, di sini ramai digunakan sebagai tempat untuk aktivitas olahraga. Jumlah wisatawan taman ini akan semakin bertambah pada saat akhir pekan. Momen car free day  dimanfaatkan untuk aktivitas olahraga rutin.

Taman Kota Kendari  memiliki jalur pejalan kaki yang biasa digunakan wisatawan untuk berjalan santai. Track jalan setapak dengan pepohonan di tiap sisinya merupakan jalur wisatawan untuk jogging.

Selain itu, wisatawan juga gemar bersepeda di jalur-jalur pada area luas di sekitarnya. Wisatawan biasanya berolahraga dalam taman dan berkeliling mengitari tugu religi menyusuri jalan Abunawas.

Santap Kuliner

Kawasan taman merupakan area yang ramai oleh penjaja makanan dan minuman. Banyak pedagang menjajakan berbagai kuliner seperti bubur kacang ijo, gado-gado, bubur ayam dan lainnya.

Baca: PULAU BUTON: 13 destinasi & atraksi wisata terbaik

Di dalam area taman juga terdapat kantin kecil yang menyediakan berbagai hidangan dan kudapan. Seusai berrolahraga, wisatawan dapat mengobati rasa lapar dan dahaga di tempat ini. Harga yang ditawarkan pun cukup bersahabat bagi wisatawan.

Wahan Bermain Anak

Di dalam area taman juga menyediakan beberapa fasilitas permainan bagi anak-anak yang berkunjung ke tempat ini. Bagi orang tua yang berolahraga bisa sekaligus membawa buah hatinya untuk bermain di sini.

Tak sedikit wisatawan yang sengaja datang membawa putra-putri mereka untuk bermain di taman ini. Beberapa mainan yang ada antara lain ayunan, jungkat-jungkit, serta aneka jenis permainan lain.

Area Kumpul Komunitas

Berkumpul bersama komunitas hobi di Taman Kota Kendari Sulawesi Selatan - Jean Christine
Berkumpul bersama komunitas hobi di area sejuk dan teduh – Foto : GoogleMaps/Jean Christine

Taman Kota Kendari juga menjadi lokasi pilihan bagi mahasiswa ataupun para pelajar. Tempat ini cukup ideal untuk aktivitas belajar kelompok bersama teman serta komunitas. Berbagai komunitas hobi dan olahraga juga rutin mengadakan kegiatannya di taman ini.

Didukung oleh tempatnya yang begitu nyaman, akan membantu meningkatkan kemampuan berpikir. Di tengah-tengah hawa sejuk dari pepohonan rindang membantu menciptakan ide-ide kretif dan inovatif.

Taman kota ini juga dilengkapi dengan jaringan Wi-Fi yang dapat diakses dengan bebas. Adanya jaringan hotspot tersebut dapat membantu akses untuk menyelesaikan tugas kuliah atau sekolah. Selain itu, listrik untuk pengisian daya perangkat elektronik seperti laptop pun tersedia di sini.

Berbagai Event Taman Kota Kendari

Taman ini acapkali menjadi tuan rumah penyelenggaran berbagai acara dan festival. Lokasinya yang berada di tengah kota membuatnya menjadi tempat pilihan yang mudah diakses. Salah satu event yaitu lomba masak serba ikan dalam rangkaian peringatan HUT Kota Kendari. Kategori yang diperlombakan adalah menu untuk keluarga, balita dan kudapan berbahan baku ikan. Adanya gelaran seperti ini menambah daya tarik wisata taman ini bagi pengunjung yang datang.

Lokasi Wisata Taman Kota Kendari

Taman ini berada di wilayah Kecamatan Mandonga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93111. Lokasinya berada di tengah-tengah kota, persis di depan kantor Walikota Kendari. Tepatnya di depan jalan menuju gerbang walikota.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini