Beranda Tiket Wisata

PANTAI TORONIPA Konawe Tiket & Aktivitas - November 2020

Pantai Toronipa
Harga Tiket: Gratis - Rp250.000 Jam Buka: 07.00 - 18.00 No. Telepon: - Alamat: Toronipa,Soropia,Konawe,Sulawesi Tenggara,Indonesia,93351.

Pantai Toronipa merupakan salah satu destinasi wisata tepi laut Banda di Konawe, Sulawesi Tenggara. Berada di paling ujung timur teluk, hamparan pasir putihnya membentang sekitar empat kilometer memutari teluk. Garis pantai yang panjang tersebut menjadi salah satu faktor besarnya daya tampung lokasi wisata.

Pantai ini menjadi favorit wisatawan Kendari dan sekitarnya, terutama kaum muda saat akhir pekan. Banyak wisatawan datang untuk menikmati suasana berlibur santai serta momen sunset. Pantai ini juga merupakan destinasi wisata keluarga dengan garis pantai landai dan relatif dangkal.

Harga Tiket Masuk Pantai Toronipa

Wisatawan yang datang ke pantai ini tidak dikenakan tiket masuk. Biaya yang perlu dikeluarkan hanya untuk parkir kendaraan dan menyewa gazebo jika menginginkan.

Daftar Tarif
Kendaraan roda empat (termasuk penumpang di dalamnya)Rp 40.000
Kendaraan bermotor roda duaRp10.000
Sewa GazeboRp 200.000 – Rp 250.000

Baca: 4 Tempat Wisata Terbaik di Sulawesi Tenggara

Jam Buka

Waktu operasionalJam Buka
Senin – MingguPk. 07.00 – 18.00

9 Aktivitas Wisata Menarik di Pantai Toronipa

Pantai Toronipa terutama diramaikan wisatawan lokal khususnya warga Kota Kendari, Kabupaten Konawe dan sekitarnya. Jumlah wisatawan dapat mencapai belasan ribu orang pada masa puncak liburan. Berbagai aktivitas wisata dapat dilakukan di area pantai.

Menikmati Keindahan Panorama Pantai Pasir Putih

Panorama Pantai Toronipa Konawe Sulawesi Selatan
Panorama Pantai Toronipa Konawe Sulawesi Selatan merupakan perpaduan bentang pasir putih dengan birunya laut berair jernih dan alam sekitarnya – Foto : GoogleMaps/Eni Maisaroh

Pantai Toronipa merupakan sebuah pantai yang membentang panjang nan indah menghadap Laut Banda. Letaknya tepat di ujung timur salah satu teluk yang mengapit Kota Kendari dan Kabupaten Konawe. Toronipa berasal dari bahasa Bugis, yaitu toro nipa yang berarti pohon nipa yang turun. Beberapa pohon nipa masih tampak terlihat di lokasi dekat gerbang masuk pantai.

Baca: PANTAI CEMARA Wakatobi Tiket & Ragam Aktivitas

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih sekitar empat kilometer yang tak terputus memutari teluk. Panorama alam, deburan ombak Laut Banda, serta pasir putih yang terbentang berpadu dengan indah. Bibir pantai yang dipenuhi pepohonan kelapa membuat suasana pantai semakin asri, sejuk, dan damai.

Menyusuri Garis Pantai

Pantai Toronipa memiliki garis pantai sepanjang empat kilometer yang memanjang dari utara ke timur. Dengan kontur tepi laut yang landai, tinggi air laut berkisar hanya satu meter. Kondisi tersebut memberikan keleluasaan bagi wisatawan untuk bermain dan berjalan-jalan menyusuri pasir putihnya.

Pohon kelapa berjajar di kawasan pesisirnya memberikan nuansa keteduhan pada pantai yang bersih ini. Hamparan pasir putihnya terasa lembut ketika bersentuhan dengan kaki.

Bersantai di Gazebo

Pondok-pondok gazebo tersedia di area pesisir sebagai tempat bersantai
Pondok-pondok gazebo tersedia di area pesisir sebagai tempat bersantai bagi wisatawan – Foto : Instagram/winda.chu.566

Berbagai fasilitas dihadirkan di area wisata Pantai Toronipa untuk mengakomodasi kebutuhan wisatawan. Di sepanjang pantai tersedia pondok atau gazebo yang dapat disewa sebagai tempat untuk bersantai. Dari tempat ini, wisatawan dapat duduk rileks sambil menikmati keindahan panorama alam Pantai Toronipa.

Berenang di Segarnya Air Jernih Kebiruan

Menjadi bagian dari pesisir Laut Banda, perairan Pantai Toronipa memiliki warna hijau kebiruan. Air yang jernih dengan hutan belukar di sisinya berpadu dengan pasir putih keemasan. Awan biru melengkapi indahnya keeksotisan pemandangan tepi laut yang alami.

Jernihnya air laut menggoda wisatawan untuk merasakan kesegarannya. Ketinggian air yang hanya satu meter di sepanjang pantai memungkinkan wisatawan mengapung santai di permukaannya.

Baca: PULAU BUTON: 13 destinasi & atraksi wisata terbaik

Di area pantainya juga menyediakan penyewaan ban bagi wisatawan. Ruang ganti pakaian serta ruang bilas seusai renang pun tersedia di kawasan pantai.

Bermain Air dan Banana Boat di Pantai Toronipa

Mencoba wahana Banana Boat di Pantai Toronipa Konawe
Wisatawan bisa mencoba wahana banana boat- Foto : GooglMaps/Rahman al

Kondisi dataran Pantai Toronipa yang sangat landai membuatnya cocok sebagai destinasi wisata keluarga. Bahkan saat air laut pasang, wisatawan dapat menikmati air dangkal berketinggian sekitar satu meter. Hal ini memberikan kenyamanan dan rasa aman saat bermain bersama keluarga terutama anak-anak.

Saat laut sedang surut, terlihat masyarakat lokal mengumpulkan hewan laut untuk santapan. Wisatawan dengan anak-anak dapat membuat istana dari pasir dengan pasir putihnya yang lembut. Area pepasir tersebut juga cocok untuk bermain voli pantai bersama wisatawan lainnya.

Baca: Taman Kota Kendari : 7 Pilihan Aktivitas Menarik

Wisatawan yang menyukai ativitas pemacu adrenalin dapat mencoba wahana Banana Boat di Pantai Toronipa. Bersama-sama berpacu mengimbangi kecepatan wahana dapat menambah keseruan berlibur.

Santap Kuliner

Di belakang jajaran gazebo, terdapat area sentra kuliner yang menjajakan makanan dan minuman. Wisatawan dapat mencoba makanan khas pantai Toronipa, yaitu sate pokea atau sate kerang. Selain itu juga banyak tersedia menu pilihan khas pantai lainnya seperti kelapa muda serta ikan bakar.

Menikmati Momen Sunset dan Sunrise

Lokasi Pantai yang berada di ujung timur teluk dan memutar ke arah utara. Hal tersebut membuat pantai ini menjadi lokasi ideal untuk menikmati momen sunset maupun sunrise.

Banyak wisatawan memilih untuk menginap di pantai tersebut untuk menikmati momen terbaik sang surya. Di sore hari, maka lembayung bersama sekawanan burung camar yang mendekat ke pantai. Sedangkan saat pagi hari, matahari terlihat begitu lembut menyapa di garis cakrawala.

Spot Foto

wahana ayunan tepi pantai
Ayunan tepi pantai  – Foot : Instagram/felitairenes

Beberapa spot foto turut hadir untuk membuat wisatawan merasa senang dan nyaman. Terdapat dua buah ayunan yang menjorok ke laut sebagai tempat bersanati sekaligus berfoto. Berlatarkan pemandangan pesisir yang berpadu dengan keindahan laut menyajikan gambar yang mempesona.

Lokasi Wisata Pantai Toronipa

Objek wisata pantai ini berada di Toronipa, Soropia, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara 93351. Pantai ini berjarak sekitar 14 kilometer sisi timur kota atau 20 kilometer dari Kendari.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini