Beranda Tiket Wisata

DANAU BIRU Kolaka Tiket & Aktivitas Seru - November 2020

Danau Biru Kolaka
Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Walasiho,Wawo,Kolaka Utara,Sulawesi Tenggara,Indonesia,93552.

Danau Biru Kolaka merupakan wisata telaga alami dengan benteng batu-batu dan pohon-pohon rindang. Lokasi wisata ini dikelilingi oleh tebing batu karst yang menjadi pemisah dengan pantai. Berada cukup dekat, terdapat pantai pasir putih yang juga berpengaruh pada rasa air danau.

Danau ini menyuguhkan keindahan air sebening kaca yang berwarna kebiruan. Suasana kawasannya yang sejuk dan tenang memberikan daya tarik pada objek wisata alami ini.

Harga Tiket Masuk Danau Biru Kolaka

Memasuki kawasan danau wisatawan akan dikenakan tiket masuk. Harga tiketnya murah, cukup dengan beberapa ribu sudah bisa menikmati berbagai keindahan danau ini.

Harga Tiket Danau Biru Kolaka
Harga Tiket MasukRp. 5.000

Baca: 5 Tempat Wisata Terbaik Di Sulawesi Tenggara

Jam Buka

Waktu operasionalJam Buka
Setiap Hari24 Jam

Atraksi dan Aktivitas Wisata Danau Biru

Menempuh perjalanan menuju Danau Biru, wisatawan akan dibawa melewati hutan dan melihat hijaunya pepohonan. Keindahan pesona pantai dan hutan dari jalur aspal berkelok tersaji mendekati lokasi wisata. Wisatawan dari dalam maupun luar kota disarankan untuk menyiapkan fisik dan kendaraan yang prima. Hal ini karena medan yang ditempuh menuju danau cukup menantang.

Terdapat mitos dan kisah-kisah yang beredar menurut kepercayaan masyarakat sekitar area wisata ini. Memasuki kawasan hutan, wisatawan disarankan mematuhi tata laku kesopanan dalam berbicara dan bertindak. Hal ini sekaligus sebagai upaya menghormati kentalnya budaya warga lokal.

Baca: PANTAI CEMARA Wakatobi Tiket & Ragam Aktivitas

Treking Menuju Danau

Jalur treking yang ditempuh untuk menuju lokasi Danau Biru Kolaka
Jalur treking yang ditempuh untuk menuju lokasi  – Foto : Instagram/azwarfaizal

Tiba di penghujung jalan yang belum dapat diakses mobil, wisatawan harus memarkirkan kendaraannya. Danau Biru tersembunyi antara batuan pantai, karena posisinya yang langsung bersebelahan dengan laut. Dari lokasi parkir, wisatawan akan menempuh jalur jalan setapak sekitar 40 meter.

Aktivitas trekking dilakukan dengan melalui puluhan tangga menuju kawasan danau. Di sepanjang jalan, wisatawan dapat menikmati asrinya hutan Sulawesi yang masih lestari. Semakin dekat, pemandangan dinding batu kapur yang menjulang tinggi terlihat semakin jelas.

Baca: PULAU BUTON: 13 destinasi & atraksi wisata terbaik

Menikmati Keindahan Danau Biru Kolaka

Danau Biru Kolaka Utara Sulawesi Tenggara - imham_f
Danau Biru Kolaka Utara dikelilingi tebing batu kapur yang menjulang tinggi – Foto : Instagram/imham_f

Sesampainya di danau, wisatawan akan disambut danau dengan air sejernih kaca. Sesuai namanya, Danau Biru memiliki warna air yang biru, sebiru air di lautan. Di sisi danau, menjulang tebing karst dengan ketinggian mencapai 30 meter. Hamparan tebing hijau tersebut menjadikan Danau Biru makin terlihat eksotik.

Permukaannya terlihat begitu tenang, terbalut dengan suasana yang sejuk. Keberadaan danau ini tergolong unik, karena letaknya yang bersebelahan dengan laut. Pemisahnya hanya tebing kapur yang mengelilingi danau ini. Rasa air lautnya pun dapat berubah, sesuai pasang atau surutnya air laut.

Bersantai di Suasana Sejuk dan Tenang

Bersantai menikmati suasana ketenangan yang tersaji di Danau Biru Kolaka Utara Sulawesi Tenggara - fauzihm
Bersantai menikmati suasana ketenangan danau yang sangat jernih – Foto : Instagram/fauzihm

Danau Biru memiliki udara yang sejuk dan sangat menyegarkan. Suara deras air yang mengalir di sela-sela bebatuan dan kicauan burung-burung mewarnai nuansa alaminya. Angin yang berhembus sepoi-sepoi berpadu menciptakan harmoninisasi alam yang meneduhkan. Berada di tempat ini, wisatawan dapat merasakan suasana penuh ketenangan. Menemani suasana santai, wisatawan juga dapat menikmati sajian hidangan yang dijajakan di sekitar danau.

Berenang

Berenang di jernihnya air danau berwarna biru kehijauan
Berenang di kesegaran jernihnya air Danau Biru – Foto : GoogleMaps/jhura raja ali

Danau Biru sering disebut kolam tersembunyi dengan benteng batu-batu dan pohon-pohon rindang. Begitu jernihnya, dasar danau dapat terlihat dengan jelas oleh wisatawan. Saat cuaca cerah, wisatawan dapat menikmati kesegaran air danau dengan berendam maupun berenang. Pemandangan tebing dan pepohonan di sekitar danau yang tak kalah memukau menambah pesonanya.

Kedalaman normal danau sekitar 6 meter, sedangkan saat pasang mencapai 11 meter. Kondisi tersebut membuat wisatawan harus waspada saat berenang maupun bermain air di danau. Seusai berenang, wisatawan dapat memanfaatkan fasilitas umum yang tersedia untuk bilas dan berganti pakaian. Di sekitar danau juga terdapat gazebo yang disediakan sebagai tempat bersantai wisatawan.

Snorkeling

Memiliki air yang jernih, Danau Biru menjadi lokasi yang cocok untuk aktivitas snorkeling. Dengan diameter sekitar 164 meter, wisatawan dapat leluasa menjelajah perairannya. Wisatawan dapat mengamati berbagai spesies ikan dan keindahan alam bawah danau. Dengan kejernihannya, jarak pandang cukup tinggi sehingga wisatawan dapat melihat dasar danau dengan jelas.

Free Jump dari Tebing Kapur

Danau Biru dikelilingi oleh tebing batu kapur yang tinggi. Wisatawan yang menyukai aktivitas pemacu adrenalin dapat mencoba free jump dari atas tebing. Dari ketinggian tujuh meter sisi kanan danau, wisatawan dapat melompat terjun ke danau.

Untuk melakukan aktivitas yang cukup ekstrim ini, wisatawan diharapkan memperhatikan faktor keamanan. Selain itu, wisatawan harus dapat berenang di kedalaman danau setelah mendarat di permukaan airnya.

Pesona Legenda Danau Biru Kolaka

Danau Biru Kolaka Utara menyimpan pesona dan legenda sang putri yang diceritakan masyarakat turun-temurun. Menurut legenda, putri raja ini yang menyebabkan munculnya danau di tengah hutan penuh bebatuan. Putri yang  bernama Mokole tersebut memiliki permintaan kepada raja yang juga ayahnya.

Karena permintaannya tak dikabulkan, Putri Mokole pun pergi dari istana dan menyendiri di hutan. Saat hidup menyepi, sang putri bertapa dan duduk di atas sebuah batu. Setelah sekian lama, utusan raja datang memangggil Mokole pulang ke istana.

Saat berdiri dari duduknya, memancarlah air yang lama-kelamaan membentuk menjadi Danau Biru. Cerita rakyat ini menjadi warisan sekaligus daya tarik destinasi wisata danau tepi laut ini. Menikmati suasana ketenangan danau, wisatawan dapat merasakan suasana saat sang putri duduk menyendiri.

Berburu Foto Berlatar Danau

Danau Biru dengan segala daya tariknya juga menjadi lokasi yang tepat untuk aktivitas fotografi. Setiap sudut danau selalu memberikan hasil foto indah dengan latar alaminya. Salah satu lokasi swafoto favorit wisatawan adalah di ujung tangga yang menjorok ke danau.

Dengan latar belakang air berwarna biru, hasil foto akan terlihat memukau. Saat siang hari, matahari bersinar penuh tanpa terhalang tebing. Momen inimemberikan kualitas gambar yan baik untuk hasil foto wisatawan.

Berkemah

Danau Biru menjadi salah satu lokasi pilihan yang tepat untuk berkemah. Saat cuaca sedang cerah, waktu malam terasa berkesan bersama rekan-rekan maupun keluarga. Dengan suasana asri, sajian alam terbuka di sekitar danau pun terasa begitu alami.

Momen Sunset dan Paduan Keindahan Pantai

wisatawan menikmati sunset di tepi pantai
Menikmati momen sunset di perbatasan danau dan pantai – Foto : GoogleMaps/Oki Baihaqqi

Danau Biru dikeliling oleh tebing batu tinggi dengan barisan pepohonan. Paduan objek-objek alam tersebut akan membentuk siluet sempurna ketika matahari terbenam. Berjarak cukup dekat dari kawasan danau, wisatawan dapat menemukan pantai berpasir yang landai. Pasir putih membentang pada garis pantai sepanjang dua kilometer.

Di antara pantai dan danau hanya terpisahkan oleh bukit kapur. Dari pantai, wisatawan juga dapat menikmati keindahan panorama terbenamnya matahari. Momen sunset di tempat ini menyuguhkan sajian perpaduan wisata danau dan pantai sekaligus.

Lokasi dan Akses Wisata Danau Biru Kolaka

Objek wisata danau ini berada di Walasiho, Wawo, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara 93552. Jaraknya sekitar 320 kilometer dari Kendari atau sekitar tiga jam perjalanan. Sedangkan Bandara Internasional Haluoleo menuju ke Kolaka Utara memakan waktu sekitar 5,5 jam. Jalur udara juga dapat ditempuh dari Bandara Internasional Hasanudin Makassar ke Bandara Sangia Nibandera di Kolaka.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,67 | 3 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini