8 Destinasi Kondang Wisata Bandung Barat

Wilayah Bandung Barat terkenal di kalangan wisatawan sebagai surganya wisata. Daerah berhawa sejuk ini menjadi lokasi bagi banyak destinasi populer yang tak pernah sepi pengunjung. Setiap daya tariknya menjadi magnet bagi wisatawan lokal maupun luar daerah. Wisata ke wilayah Bandung Barat, berikut 8 destinasi wisata populer:

1. Farm House Susu Lembang

Nuansa ala tradisional Eropa di Farm House Susu Lembang Bandung Barat.
Nuansa ala tradisional Eropa di Farm House Susu Lembang Bandung Barat. Foto: Instagram/quiverz

Farm House Susu Lembang menawarkan sensasi berwisata dengan nuansa tradisional Eropa. Mulai dari bangunan di dalamnya hingga aneka penganan yang dijual seperti waffle, pie, dan roti. Di pintu masuk, wisatawan dapat langsung meminum produk susu setelah mendapatkan tiket. Destinasi ini juga menyediakan berbagai produk olahan susu seperti bolu susu hingga tahu susu.

Berada di jalan raya Lembang, Kabupaten Bandung Barat, areanya memiliki luas sekitar 2 hektar. Berbagai landmark khas Eropa seperti kincir angin Belanda serta gembok cinta Paris ditemukan di sini. Wisatawan juga bisa menyewa kostum tradisional Eropa untuk berfoto berlatar area bernuansa serasi.

Buka sejak 2015, setiap harinya destinasi wisata Bandung Barat ini bisa mendapat kunjungan hingga ribuan wisatawan. Namun sebagai langkah mematuhi protokol kesehatan, kini pembatasan dilakukan hanya untuk 4.000 orang wisatawan per hari.

Tak kalah menarik, lokasi ini memiliki atraksi Petting Zoo yang difavoritkan anak-anak. Berisi hewan ramah anak seperti kelinci serta anak domba, wisatawan bisa berinteraksi langsung. Kemudian ada pula area My Secret yang memungkinkan wisatawan melihat seisi rumah hobbit yang estetis.

2. Floating Market Lembang

FLoating Market Lembang Bandung Barat.
FLoating Market Lembang Bandung Barat. Foto: GMap/LILIK MUNRAHARJO

Floating Market Lembang merupakan destinasi dengan pasar apung di Bandung Barat. Lokasi wisata ini dikemas dengan konsep wisata kuliner dengan berbagai wahana seru. Aneka barang seperti makanan, pakaian, dan banyak lainnya dijajakan oleh pedagang dengan perahu. Sajian utamanya merupakan kuliner tradisional seperti siomay, batagor, tutut, tahu gejrot, sekoteng, hingga lotek.

Dengan luas lahan lebih dari 11 hektar, setiap sudut Floating Market memiliki daya tarik. Seperti  Rainbow Garden, Floating and Hijab Swimming Pool, Kota Mini, Kyotoku, serta Taman Kelinci. Wisatawan tentunya dapat mencoba serunya mengelilingi perairan danau Floating Market menggunakan perahu.

Keunikan Floating Market yaitu transaksinya yang menggunakan pecahan koin token. Sebelum membeli di pasar apungnya, wisatawan terlebih dulu menukarkan uang ke loket. Koin tersebutlah yang digunakan untuk pembayaran makanan serta barang lainnya, termasuk tiket wahana.

3. Orchid Forest Cikole

Jembatan sepanjang 50 meter menyala kala redupnya sore di Orchid Forest Bandung Barat
Jembatan sepanjang 50 meter menyala kala redupnya sore di Orchid Forest Bandung Barat. Foto: GMap/Akash Senjaliya

Memiliki koleksi 157 jenis anggrek, Orchid Forest Cikole merupakan wisata taman anggrek terluas di Indonesia. Koleksinya mencakup spesies langka dengan jenis lokal Indonesia juga dari berbagai negara dunia. Berdiri sejak 2017, destinasi ini berada di kawasan hutan lindung seluas setidaknya 12 hektar.

Selain taman anggrek, Orchid Forest Cikole menawarkan suasana sejuk dari kawasan hutan pinus. Jajaran pepohonan yang menjulang tinggi menjadi lokasi dari berbagai spot atraktif. Salah satunya Wood Bridge, jembatan sepanjang 50 meter yang bermandikan cahaya lampu ketika hari gelap. Selain itu terdapat pula Garden of Light, amphitheater, hingga camping ground.

4. Fairy Garden Wisata Bandung Barat Ala Negri Dongeng

Bertemu para peri negeri dongeng di Fairy Garden By The Lodge Bandung Barat.
Bertemu para peri negeri dongeng di Fairy Garden By The Lodge Bandung Barat. Foto: GMap/Fairy Garden By The Lodge

Fairy Garden By The Lodge meruoakan destinasi wisata yang mengusung tema dunia dongeng. Areanya memiliki desain nuansa fantasi dengan kastel dan taman-taman yang cantik dipenuhi ornamen menarik. Sejauh ini Fairy Garden memiliki 6 area dengan masing-masing pemandu berkostum peri.

Pada Art Factory, wisatawan diajak oleh Peri Kai untuk berkreasi seni dan melukis. Kemudian di bagian Florania, Lilian sang peri bunga mengajak wisatawan belajar bertanam bunga. Sedangkan Lola’s Library dengan boneka-boneka lucunya dan berlatar gunung Maribaya menjadi tempat dongeng diceritakan.

Sedangkan untuk wahana outdoor, area Wood Land mengajak wisatawan berinteraksi dengan hewan lucu seperti kuda poni. Lokasi outdoor juga memiliki berbagai wahana pemacu adrenalin di ketinggian hutan, misalnya wahana Sepeda Gantung.

Selanjutnya bagi penggemar swafoto dapat menelusuri labirin Gopher Maze yang memiliki spot-spot menarik. Di samping area dengan berbagai wahananya, Fairy Garden juga memiliki area restoran dengan pemandangan yang asri.

5. Dago Dream Park

Wahana Paragliding di Dago Dream Park Bandung Barat.
Wahana Paragliding di Dago Dream Park Bandung Barat. Foto: GMap/Rama Rama

Dago Dream Park menawarkan destinasi wisata petualangan dengan lokasi di tengah hutan pinus. Berada di jalan Dago Giri, tempat di wilayah Bandung Barat ini menyediakan spot-spot menarik.

Taman ini memiliki wahana permainan, wahana outbond, wahana swafoto, serta area restoran. Pada zona Dream Battle, wisatawan bisa mencoba Paint Ball, Agen Jon Wik, dan panahan. Sedangkan bagi yang menyukai tantangan pemacu adreanalin dapat mencoba Extreme Ride. Kemudian di dalamnya terdapat Sky Bike, Pirate Ship, Paragliding, Aladdin Carpet hingga Fying Fox.

Dago Dream Park juga menjadi lokasi yang cocok untuk wista bersama keluarga dengan Family Arenanya. Wisatawan bisa mencoba wahana ATV, perahu dayung, rumah terbalik, hingga kampung Dayang Sumbi.

6. Curug Maribaya

Tiga air terjun dari dua aliran sungai merangkai pesona Curug Maribaya Bandung Barat.
Tiga air terjun dari dua aliran sungai merangkai pesona Curug Maribaya Bandung Barat. Foto: Instagram/fajaralifhidayat29

Kawasan wisata Curug Maribaya merupakan wisata air terjun dengan suasana asri di Bandung Barat. Air terjunnya merupakan gabungan 3 curahan, yaitu Curug Cigulung, Curug Cikolelang, dan Curug Cikawari. Memiliki ketinggian sekitar 15 meter, percikan airnya membentuk titik-titik air yang menjangkau jauh.

Uniknya, aliran airnya bersumber dari dua sungai, yaitu Sungai Cikawari dan Sungai Cigulung. Mengaliri tebing vertikal, hanya kolam di bawah Curug Cikawari yang dibolehkan untuk bermain air. Selanjutnya di sekitar area air terjun merupakan bebatuan hitam sedangkan tepiannya tertata rapi dengan tangga kayu.

7. The Great Asia Africa Destinasi Wisata Bandung Barat Ikon Dunia

The Great Asia Africa Bandung Barat dengan berbagai replika landmark negara benua Asia dan Afrika.
The Great Asia Africa Bandung Barat dengan berbagai replika landmark negara benua Asia dan Afrika. Foto: GMap/Sie Teng San

The Great Asia Africa diklaim sebagai theme park di terbesar di Bandung. Destinasi ini memadukan konsep wisata alam dengan gaya kekinian dalam menyajikan negara di Asia-Afrika.

Berbagai bangunan ikonik dengan keindahan arsitektur dan budaya sejumlah negara Asia-Afrika mengisi areanya. Seperti Indonesia, Thailand, India, Timur Tengah, Jepang, Korea, hingga sejumlah negara benua Afrika. Dengan berbagai ornamen unik, lokasi ini memiliki berbagai spot foto atraktif yang tersebar di areanya.

Berada di lokasi asri, kawasannya sejuk dengan pesona alam sekitarnya yang subur menghijau. Memang menjadi tujuan yang sesuai untuk segala kalangan usia baik muda-mudi maupun untuk wisata keluarga. Di sini juga bisa ditemukan kerajinan tangan, alat musik, hingga sajian kuliner khas berbagai negara.

8. Terminal Wisata Grafika Cikole Bandung Barat

Terminal Wisata Grafika Cikole merupakan destinasi wisata alam di Bandung Barat yang dilengkapi restoran dan penginapan. Berada di kaki gunung, area dataran tinggi ini memiliki udara sejuk dengan suhu 20°C.

Berdiri di area berbukit di tengah kawasan hutan pinus seluas setidaknya 9 hektar. Tempat ini cocok sebagai destinasi wisata bersama keluarga dan juga sebagai lokasi gathering.

Di dalam areanya terdapat Aula Dayang Sumbi, rumah pohon, pendopo hutan, hingga kebun strawberry. Kemudian ada juga wahana outbond seperti panahan dan paint ball pun tersedia di sini.

Selanjutnya ada pula Saung Lesehan, sebuah pondok terbuka bernuansa saung persawahan untuk santap kuliner. Bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi bermalam di tengah kawasan hutan pinus pun terdapat berbagai pilihan. Diantaranya Tenda Dome, Urban Camp, maupun pondokan.

Bagikan konten ke: